Penyakit Tanaman Melon Buat Keuntungan Petani Menurun

penyakit tanaman,budidaya melon,benih melon,buah melon,melon,budidaya buah,lmga agro

Layu Fusarium

Layu fusarium merupakan jenis penyakit pada tanaman melon yang terjadi karena serangan hama jamur atau cendawan Fusarium oxysporum. Penyakit layu fusarium merupakan jenis penyakit tanaman melon yang harus petani waspadai karena gejalanya seperti menipu. Hal tersebut karena gejala penyakit ini membuat tanaman hanya layu pada siang hari dan apabila dibarkan tanaman melon bisa mati.

Antraknosa

Penyakit tanaman antraknosa merupakan jenis penyakit yang menyerang beberapa bagian tanaman melon pada usaha budidaya melon. Jenis penyakit ini bisa menyerang bagian daun tanaman dan bagian buah melon.

Gejala daun yang terkena penyakit antraknosa adalah terdapat bercak coklat yang berangsur berubah menjadi merah dan menyebabkan daun mati. Sedangkan gejala buah melon yang terkena antraknosa adalah terdapat bulatan berwarna merah jambu dan akan meluas dan menyebabkan busuk buah. Penyakit tanaman ini sangat merugikan bagi petani karena mampu menurunkan produktivitas budidaya melon.

Embun Tepung

Embun tepung atau powdery mildew merupakan penyakit tanaman melon yang memiliki gejala seperti terdapat tepung yang menyelimuti daun dan batang. Gejala tersebut apabila dibiarkan akan mengubah daun dan batang menjadi coklat dan lama kelamaan akan mengkerut. Apabila batang dan daun sudah mengkerut makan akan berefek pada pertumbuhan tanaman yang lemah dan kerdil.

Penyakit embun tepung bisa membuat petani merugi karena kualitas pertumbuhan tanaman melon menjadi terhambat. Sehingga, petani harus rutin melakukan pengecekan pada tanaman melon agar terhindar dari penyakit embun tepung.

Baca Juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman

Cara Efektif Cegah Penyakit Tanaman Melon

Penyakit tanaman melon menjadi hal yang mengancam usaha budidaya melon yang petani lakukan pada lahan pertanian. Sehingga petani harus melakukan segala tindakan yang tepat untuk mencegah penyakit tanaman melon yang merugikan karena menurukan kualitas pertumbuhan tanaman.

Beberapa cara efektif bisa petani lakukan untuk mencegah serangan penyakit tanaman pada budidaya melon. Cara pencegahan penyakit tanaman melon bisa menggunakan metode tertentu atau menggunakan sarana pertanian. Berikut ini beberapa cara efektif untuk mencegah serangan penyakit tanaman pada usaha budidaya melon.

Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman bisa menjadi metode andalan bagi petani untuk mencegah serangan penyakit tanaman melon sejak awal budidaya. Hal ini karena rotasi tanaman mampu memutus siklus penyebaran hama atau penyakit tanaman pada suatu lahan budidaya. Sehingga penggunaan metode ini cukup tepat untuk pencegahan serangan hama maupun penyakit tanaman sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *