Hama Wereng Pengganggu Padi Petani Merugi

hama wereng,budidaya tanaman,hama tanaman,tanaman padi,padi,pertanian,lmga agro

Wereng Punggung Putih

Jenis hama wereng punggung putih merupakan hama serangga penggangu yang sulit untuk petani kendalikan karena memiliki tingkat populasi yang besar. Hal ini ditambah informasi bahwa wereng punggung putih memiliki berbagai biotipe berbeda dan menyukai kultivar yang berbeda-beda pula.

Hama wereng punggung putih menyerang bagian batang tanaman padi dengan cara menggerek dan menghisap cairan tanaman yang berada didalamnya. Sehingga, menyebabkan pembentukan bulir padi berkurang, tanaman padi terlihat terbakar, hingga membuat tanaman padi mati.

Baca Juga : Hama Tanaman, Gangguan Meresahkan Budidaya Tanaman

Kunci Sukses Cegah Hama Wereng

Serangan hama wereng pada budidaya tanaman padi berpotensi sangat merugikan bagi petani karena mampu menurunkan produktivitas hasil panen. Sehingga memerlukan langkah pencegahan yang tepat agar petani sebagai pelaku usaha budidaya padi tetap menghasilkan panen melimpah dan berkualitas.

Langkah pencegahan hama wereng bisa menjadi kunci sukses untuk usaha budidaya tanaman padi pada setiap lahan pertanian. Hal ini karena pencegahan wereng berpotensi menurunkan bahkan membasmi wereng yang terdapat pada lahan pertanian. Berikut ini cara-cara mencegah serangan hama wereng pada usaha budidaya tanaman padi pada lahan pertanian.

Pemilihan Varietas Padi Tahan Hama

Langkah pertama yang bisa petani lakukan untuk mencegah serangan hama wereng pada budidaya padi adalah memilih varietas padi tahan hama. Pemilihan varietas benih padi tahan hama mampu menurunkan resiko serangan hama wereng pada usaha budidaya padi yang petani lakukan.

Jenis benih atau bibit padi tahan hama wereng bisa petani beli pada toko pertanian terdekat ataupun memesannya pada kelompok tani. Sehingga, dalam satu kelompok tani melakukan penanaman jenis padi yang memiliki sifat tahan hama wereng. Selain itu, penggunaan jenis tanaman padi tahan hama berpotensi meningkatkan produktivitas hasil panen tanaman padi yang menguntungkan petani.

Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman bisa menjadi pilihan tepat bagi petani untuk mencegah serangan hama wereng pada usaha budidaya tanaman padi. Hal ini karena tujuan rotasi tanaman adalah menghentikan atau memotong siklus hama wereng sehingga populasinya bisa ditekan.

Keuntungan lain menggunakan rotasi tanaman dama usaha budidaya tanaman adalah menurunkan resiko kegagalan panen pada usaha budidaya tanaman. Hal ini karena langkah rotasi tanaman bisa memutus siklus organisme pengganggu tanaman yang beresiko menggagalkan panen seperti hama wereng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *