Pestisida Alami Bantu Usaha Pertanian Organik

pestisida,pestisida alami,pertanian,pertanian organik,pestisida organik,lmga agro

Bawang Putih

Bahan pertama yang berguna untuk pembuatan pestisida alami adalah bawang putih yang terkenal sebagai salah satu bumbu dapur. Petani memilih bawang putih sebagai bahan utama dalam pembuatan pestisida alami karena mengandung bahan aktif Allisin yang bersifat sebagai antibiotik.

Pestisida alami yang terbuat dari bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah serangan beberapa hama tanaman yang merugikan bagi budidaya tanaman. Hama tanaman tersebut adalah wereng, walang sangit, dan penggerek batang padi. Selain itu, pestisida bawang putih juga mampu mencegah penyakit layu akibat jamur dan bakteri.

Tembakau

Tembakau menjadi jenis tanaman yang bermanfaat bagi usaha budidaya tanaman organik sebagai pestisida alami atau organik. Hal ini karena daun tembakau memiliki kandungan bahan aktif nikotin yang bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan hama walang sangit dan penggerek batang.

Daun Pepaya

Pestisida alami atau organik juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan baku utama untuk proses pencegahan hama pada pertanian organik. Daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk mengendalikan serangan beberapa hama tanaman seperti ulat, aphids, dan rayap. Pemilihan daun pepaya untuk pembuatan pestisida berdasarkan kandungan bahan aktifnya, yaitu enzim papain, alkaloid, dan glikosid.

Baca Juga : Cara Menyimpan Pestisida yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *