Benih Kubis, Manfaat Kubis Dan Cara Menanam Kubis

  • Kandungan vitamin C kubis/kol lebih tinggi dari buah jeruk membuat mengonsumsi kubis baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Kandungan serat tinggi yang terdapat pada sayur kubis baik untuk menjaga saluran pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.

  • Kandungan beberapa mineral seperti magnesium, kalsium dan potasium memberikan efek kesehatan terhadap tulang tubuh. Menjaga dari penyakit tulang keropos.

  • Kandungan anti oksidan yang tinggi mampu menjaga dari radikal bebas penyebab kanker. Sehingga bisa berperan sebagai pencegah kanker yang efektif.

  • Kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh,bisa menggantikan konsumsi bahan pangan yang berkalori tinggi. Sehingga efektif bagi yang menjalankan program diet alami.

  • Kandungan nutrisi kubis/kol yang kita sebut beta karoten bermanfaat bagi kesehatan mata. Menjaga mata dari katarak, mempertajam penglihatan dan mencegah penurunan daya penglihatan karena usia.

  • Kandungan vitamin K dan antosianin berguna untuk nutrisi organ otak. Meningkatkan konsentrasi dan menghindarkan dari alzheimer dan demensia. Khususnya pada kubis merah.

  • Mengonsumsi kubis yang telah anda kukus juga baik untuk penderita kolesterol. Karena kandungan serat pada kubis terikat dengan baik pada saat terkukus dan mampu membawa asam empedu terbuang lancar dari saluran pencernaan. Hasilnya penurunan terhadap kolesterol.

Manfaat kubis tidak bisa diabaikan dalam usaha pertanian Anda. Dengan produk pupuk pembesar buah kubis yang terbaik dan berkualitas, Anda dapat meningkatkan hasil panen secara efektif.

Peluang usaha pertanian semakin terbuka lebar dengan penggunaan pupuk yang tepat. Dapatkan manfaatnya sekarang juga di toko online pertanian terpercaya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih hasil yang terbaik dengan produk berkualitas dan harga terbaik. Demikianlah informasi yang kami sajikan, semoga sukses dalam usaha pertanian Anda.

Baca Juga : Green Nova Raja Kubis Dataran Tinggi

Syarat Tumbuh Dan Cara Menanam Kubis Yang Benar

Crop, Lmga Agro, Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat
Gambar Kubis

Varietas kol atau kubis pada awalnya banyak kita budidaya pada dataran tinggi pada ketinggian sekitar 700 hingga 1000 mdpl.

Tanaman kubis idealnya tumbuh baik pada ketinggian 800 mdpl dengan curah hujan yang mencukupi serta suhu 18 – 20 derajat celsius.

Pada saat ini sudah banyak berkembang benih kubis untuk dataran rendah, menengah.

Kubis dataran rendah mempunyai  daya tahan terhadap panas dengan usia panen lebih cepat jika kita bandingkan kubis dataran tinggi.

Untuk kubis dataran menengah rata-rata beradaptasi pada  ketinggian antara 400 – 800 mdpl, dengan suhu antara 18 – 30 derajat celsius.

Kondisi tanah yang dibutuhkan untuk lahan tanam gembur dan bernutrisi cukup dengan pH antara 6 – 6,5.

Baca Juga : Green Nova Raja Kubis Dataran Tinggi

Cara Menanam Kubis Dengan Olah Lahan Tanam Tepat

Pilih lahan tanam sesuai varietas benih kubis yang akan kita tanam. Olah tanah dengan alat pertanian hingga kondisi tanah gembur sedalam 20 hingga 30 cm.

Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Campurkan dolomit sekitar 2 ton/ha untuk mendapatkan keseimbangan unsur keasaman tanah.

Bikin bedengan-bedengan dengan masing-masing lebar 1 m, tinggi 30 cm,jarak antar bedengan 30 cm. Untuk panjangnya menyeseuaikan lahannya.

Berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang matang dan pupuk kimia seperti TSP, KCL, ZA.

Untuk komposisi menyesuaikan tinggi rendah kawasan lahan budidayanya atau bisa menggunakan komposisi TSP/SP36, ZA, KCL perbandingan 2 : 2 : 1.

Penaburan kita lakukan bersamaan dengan pupuk kandang kemudian diamkan 2 -hingga 3 minggu sebelum penanaman bibit kubis/kol.

Baca Juga : Grand 22 Rajanya Kubis Dataran Rendah 

Pembibitan Dan Pindah Tanam Tananam Kubis

Persemaian Pada Budidaya Kol / Kubis

Siapkan polybag, siapkan media tanah untuk menyemai yaitu campuran tanah dan pupuk kandang matang dengan perbandingan 2 : 1.

Setelah itu masukkan media semai yang sudah anda biarkan selama 1 minggu ke masing-masing polybag.

Siapkan varietas benih kubis/kol yang akan ditanam, sesuaikan dengan lokasi tanam dengan pilihan jenis benihnya. Lanjutkan tanam benih per polybag 1 – 2 benih sedalam 1 hingga 2 cm.

Kemudian basahi polybag yang sudah anda tanam benih kubis/kol dengan alat semprot secukupnya.

Hindarkan persemaian benih tadi dari paparan langsung sinar matahri atau bisa gunakan sungkup berupa mulsa plasti diatasnya.

Penggunaan sungkup juga menjaga dari air hujan dan embun pagi.  Benih akan berkecambah setelah 3 – 4 hari.

Buka sungkup bila memakainya, beri cukup udara dan jaga dari sinar matahari langsung. Kemudian pelihara bibit tersebut hingga keluar beberapa helai daun kubis atau setidaknya sampai usia 25 – 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *