INFORMASI PERTANIAN PRAKTIS DAN GRATIS

Perkembangan Informasi Pertanian Di Era Globalisasi

Petani Indonesia harus cerdas pada era globalisasi ini. Jika tidak cerdas maka akan tergerus arus dan hilang tanpa sempat terkenang. Kebutuhan papan dan sandang dapat terpenuhi dengan sekali pembelian, sedangkan kebutuhan pangan harus terpenuhi setiap hari, tiga kali sehari.

Maka siapakah yang akan mencukupi kebutuhan tak terbatas ini? Jelas saja petani Indonesia. Oleh karena itu petani Indonesia perlu meningkatkan wawasan pertanian agar bisa mengikuti perkembangan pasar dan terus menjadi penyedia pangan yang berkelanjutan.

Penyedia pangan berkelanjutan adalah tiga kata yang mudah kita ucapkan tapi pada praktiknya sangat sulit untuk kita terapkan. Mengingat konversi lahan non pertanian yang masih saja meningkat setiap tahunnya.

Maka untuk menyediakan pangan yang berkelanjutan petani harus cerdas dalam mengelola sistem budidaya, yaitu dengan lahan yang tetap luasnya menghasilkan produk yang meningkat tiap tahunnya.

Wawasan pertanian saat ini bisa mendapatkannya melalui banyak media, mengingat era globalisasi ini jenis media massa sudah banyak jenisnya.

Mulai dari koran, majalah, surat kabar, buku pertanian, prosiding, hasil penelitian, radio, televisi, dan internet. Semua media tersebut sebenarnya bisa mengaksesnya secara gratis, media cetak bisa mengaksesnya secara gratis pada perpustakaan.

Petani tidak perlu malu untuk ke perpustakaan, karena pada umumnya buku-buku dan majalah pada perpustakaan banyak membahas mengenai pertanian Indonesia. Sehingga wawasan petani nantinya akan selalu bertambah dan terasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *