TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

  1. Pengolahan seluruh permukaan untuk jenis sayuran bayam.
  2. Pengolahan pada barisan untuk sayuran kenikir, kangkung, kubis.
  3. Dan Pengolahan pada bidang tanam untuk tomat, cabai, terung.

Pengolahan lahan yang baik dan benar adalah pengolahan lahan minimum (minimum tillage). Yaitu pengolahan lahan yang sesuai dengan kebutuhan jenis tanaman dan jumlah tenaga kerja. Sehingga lahan yang terolah tidak mudah tererosi khususnya pada lahan miring dan mengurangi biaya pengeluaran.

  • Penanaman

Penanaman komoditas sayuran biasa petani lakukan pada musim marengan dan musim kemarau. Namun kondisi penanaman yang serempak ini membuat produksi sayuran melimpah pada saat itu sehingga harga jual akan jatuh.

Sebagai saran, untuk petani juga harus melakukan penanaman sayuran pada musim penghujan. Tujuannya agar hasil panen harapannya mendapat harga jual yang lebih tinggi karena musim penghujan bisa mempengaruhi hasil panen menjadi sedikit.

Penanaman dapat kita lakukan jika bibit telah berumur 3-4 minggu setelah semai atau telah berdaun 3-4 helai. Lalu penanamannya pada bedeng sesuai dengan jarak tanamnya.

Jarak Tanam Untuk Sayuran

Varietas, umur, tingkat kesuburan tanah, dan keadaan atau kandungan air tanah sangat menentukan beberapa jarak tanam dan berikut ini rekomendasi jarak tanam yang benar untuk beberapa komoditas sayuran :

No. Komoditas Jarak Tanam
1 Sawi 20 x 20 cm2 atau

15 x 15 cm2

2 Selada 20 x 20 cm2 atau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!