Patek – Cara Mengatasi Hingga Mencegah Pada Tanaman Cabe

  • Perlakuan khusus terlebih dahulu pada bibit atau biji tanaman yang akan proses budidaya. Misalnya untuk tanaman cabe atau tomat, rendam bibit atau biji menggunakan larutan fungisida sistemik, seperti benomil, metil tiofanat, atau karbendazim. Dosis atau konsentrasi larutan adalah 2 g/l dan lakukan perendaman selama 4-6 jam.

  • Pilih dan gunakan lahan yang bukan bekas dari tanaman yang sejenis dari tanaman cabe seperti terong, tomat (yang masih satu Famili) sehingga siklus dari jamur ini bisa putus dan tanaman kita aman.

  • Secara teknis, harus musnahkan bagian tanaman yang terserang dari lahan atau areal tanaman atau akan lebih baik bila melakukan pemendaman terhadap cabe yang busuk. Lakukan pengamatan pada lapangan secara rutin atau terus menerus.

  • Berikan pupuk dengan kandungan P, K, dan Ca tinggi agar jaringan tanaman lebih kuat. Jangan melakukan pemupukan N (Urea atau Za) atau sumber lain berlebihan, karena akan menyebabkan jaringan tanaman berair sehingga rentan terhadap serangan cendawan.

  • Berikan pupuk organik yang banyak. Pemupukan organik akan meningkatkan ketahanan tanaman dari serangan hama maupun penyakit.

  • Hindari adanya genangan air pada areal tanaman cabe, serta buat pembersihan lahan termasuk perlu melakukan penyiangan gulma  secara rutin.

Penanganan Serangan Antraknosa Pada Cabe

  • Gunakan mulsa hitam perak sehingga bisa untuk mengurangi kelembaban yang ada pada sekitar tanaman cabe.

  • Perlebar jarak tanam dengan pola tanam zig-zag untuk menjaga sirkulasi udara dan saluran dengan kedalaman 40 Cm (saluran tengah) dan kedalaman 50 Cm (untuk saluran air pada bagian tepi/keliling lahan). Saluran ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban tinggi saat terjadi hujan berkepanjangan. Pada tanaman cabe kami merekomendasikan untuk pakai jarak tanam 70 x 70 Cm.

  • Perlu melakukan pewiwilan (Rompes) terhadap tunas lateral yang berada pada bawah Cabang Y (Cabang Utama) sehingga akan mengurangi kelembaban mikro tanaman, pada saat musim hujan.

  • Jika kelembaban pada sekitar areal pertanaman tinggi, misalnya hujan terus menerus, lakukan pencegahan menggunakan pestisida kimia.

  • Beberapa bahan aktif obat patek cabai yang bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit patek atau antraknosa adalah fungisida sistemik bahan aktif benomil, karbendazim, metil tiofanat, difenokonazol, triadimefon. Fungisida kontak dengan bahan aktif mankozeb, klorotalonil, tembaga oksiklorida dan propineb. Lakukan bergantian bahan aktif tersebut setiap kali melakukan penyemprotan dengan dosis hingga konsentrasi sesuai pada kemasan.

  • Berdasarkan pengalaman pribadi, kita melakukan kombinasi dari beberapa bahan aktif, misalnya benomil + mankozeb masing-masing ½ dosis, karbendazim + mankozeb masing-masing ½ dosis, metil tiofanat + klorotalonil masing-masing ½ dosis, difenokonazol + propineb masing-masing ½ dosis. Setiap kali penyemprotan lakukan penggantian kombinasi bahan aktif tersebut, setelah satu putaran kemudian kembali ke kombinasi awal yang pertama kali kita gunakan.

  • Gunakan varietas tanaman cabe yang cocok untuk tanam pada daerah dengan musim penghujan, setidaknya kita sudah dari awal menghindari penyakit yang namanya Cacar ini. Cabe itu salah satunya adalah varietas cabe Red Kriss, Red Lava, Sios Tavi, Horison 97 atau cabe TM 999. 

  • Ciri – ciri cabe yang cocok untuk tanam pada musim penghujan sudah pernah kita bahas dan kita ulas, bisa kunjungi pada www.lmgaagro.web.id.

Belanja Online Kebutuhan Petani Harga Murah – Lmga Agro

Demikian tulisan tentang Patek – Cara Mengatasi hingga mencegah pada tanaman cabe ini saya tulis. Semoga membawa manfaat bagi pembaca dan petani semua, karena dalam 3 bulan ke depan serangan Patek ini akan mengancam dan datang ke kita semua.

Alangkah baiknya kalau kita sudah mempersiapkan diri dengan pengetahuan, obat obatan dan cara atau teknik Budidaya cabe yang benar sehingga kita bisa terhindar dari serangan Patek (Antraknosa) ini.

Setelah membaca ulasan tentang penyakit petek pada tanaman cabe. Maka pertanyaan yang ada pada petani berikutnya adalah dimana  bisa beli obat, pupuk untuk mencegah penyakit patek masuk?

Cara mengatasi hingga mencegah penyakit patek ini harus lengkap serta kita rencanakan dengan baik. Toko pertanian terdekat Lmga Agro jual semua kebutuhan petani untuk mencegah penyakit patek.

Team mandiri bisnis kami juga melayani konsultasi pertanian cara mengatasi penyakit patek pada tanaman cabe saat musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu.

Apabila ada yang kurang jelas bisa hubungi pada LMGA AGRO CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *