KUNCI SUKSES BUDIDAYA MELON ORANGE RED AROMA

3.  PERSIAPAN HAMPARAN LAHAN ORANGE  RED AROMA

Berikut ini tahapan penyiapan lahan untuk penanaman melon. Bersihkan lahan dari sisa tanaman dan sampah.

  • Bajak lahan sedalam 20-30 cm hingga gembur, lalu biarkan lahan selama 5-7 hari agar tekena sinar matahari.
  • Haluskan bongkahan tanah hasil bajakan dan biarkan selama 4-5 hari.
  • Buat bedengan dengan panjang maksimum 15 m, lebar 100-120 cm, tinggi 30-50 cm, dan lebar parit 50-60 cm, dalam 50 Cm.
  • Gunakan Kapur pertanian (Dolomit) 2 Ton/Ha (Standart). Dosisnya sesuai dengan derajat keasaman (ph) tanah setempat (rata-rata 1.5-2.5 ton/ha). Cangkul bedengan agar kapur tercampur (pada kedalaman 10-15 Cm) rata dengan tanah.
  • Taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang sebanyak 5 ton/ha, pupuk ZA 200 kg/ha, SP-36 450 kg/ha, dan KCI 200 kg/ha ke seluruh bedengan. Cangkul bedengan hingga pupuk tercampur rata dengan tanah, lalu siram hingga bedengan basah merata.
  • Pasang mulsa plastik hitam perak (pasang  harus saat matahari terik) berukuran lebar 100 -1 25 cm.
  • Gunakan pasak penjepit dari bambu atau kayu untuk mengaitkan sisi-sisi mulsa pada bedengan.
4. PENANAMAN  MELON ORANGE  RED AROMA

Pindahkan bibit ke lapangan setelah berumur 8 hari atau telah memiliki 2-3 pasang daun sejati. Waktu pindah tanam bibit sebaiknya pada pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore setelah pukul 15.30.

Hal ini biar tanaman melon yang masih kecil tidak stres akibat terik matahari. Sehari sebelum proses pindah tanam, sirami bedengan hingga basah terlebih dahulu.

Buat lubang tanam sedalam 2-3 cm dengan diameter lubang tanam 7-9 Cm pada bedengan sesuai dengan alat pelubang tanam yang ada pendorongnya pada mulsa plastik.

Jika dalam waktu dua minggu setelah tanam bibit tumbuh abnormal segera lakukan penyulaman (dengan benih cadangan) dengan bibit baru yang berumur sama. Bibit baru yang kondisinya sehat.

5. PEMELIHARAAN MELON ORANGE RED AROMA

5.1. Pemupukan
Pemupukan melon Hibrida Red Aroma dalam melakukannya harus secara bertahap dan mengikuti fase pertumbuhannya. Berikut ini jenis pupuk, waktu, dan dosis pemupukan melon Red Aroma :

(Lakukan pemupukan dengan melarutkan pupuk ke dalam 200 Liter air (Drum) dan siramkan sebanyak 200 Cc (1 Gelas Aqua)/Tanaman pada lubang pupuk 15 Cm dari lubang tanam).

  • Pupuk susulan I pemberiannya pada umur 7 hari setelah tanam berupa NPK dengan konsentrasi  4 Kg/Drum.
  • Pupuk susulan II pemberiannya pada umur 14 hari setelah tanam berupa NPK 16 : 16 :16 sebanyak 6 Kg + KNO3 Merah 2 Kg/Drum.
  • Untuk pupuk susulan III dan IV pengaplikasiannya pada umur 20 dan 30 hari dengan NPK : TSP : KCL : KNO3 Merah dengan 5 Kg : 3 Kg : 2 Kg : 1 Kg setelah tanam atau menjelang pembungaan.
  • Pupuk susulan V pengaplikasiannya pada umur 40 – 45 hari dengan NPK : TSP : KCL : KNO3 Putih : MKP : Calcium Fertilizer : Magnesium Sulfat dengan 5 Kg : 3 Kg : 2 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 500 Gram.
CATATAN PENTING DAN JANGAN LUPA !!!!!!!!!!!

( Larutkan pupuk dalam 200 Liter air dan aplikasikan 200 Cc/Tanaman pada lubang pupuk 15 Cm dari pangkal pohon )

5.2. Pengairan Melon Orange RED AROMA
Sampai berumur 2 minggu, penyiraman melon harus terlaksana tiap hari atau 2 hari sekali pada pagi atau sore hari. Caranya, genangi parit antarbedengan hingga mencapai dua per tiga tinggi bedengan.

Siramkan air pada parit tersebut ke masing-masing tanaman atau lubang tanam. Gunakan gembor jika air pada parit tidak cukup untuk menggenangi semua bedengan.

5.3. Pengikatan dan Pemangkasan Tunas Air Melon RED AROMA
Setelah tanaman berumur 12 hari atau setelah memiliki 5 daun, ikat batang tanaman pada ajir. Lakukan pengikatan ini setiap 3 hari sekali hingga ikatan mencapai ujung ajir.

Kemudian pangkas cabang lateral yang tumbuh dari pangkal batang hingga ruas ke-8 dan setelah ruas ke-12. Pelihara cabang pada ruas ke-9 hingga ke-11. Dan seleksi buahnya setelah sebesar telor, lalu sisakan 1 buah yang besar dan bentuknya normal.

5.4. Kebersihan Kebun RED AROMA
Lakukan proses sanitasi kebun pada saat gulma mulai tumbuh. Bersihkan juga kebun dari sisa-sisa kotoran, daun, ranting dan cabang sisa pemangkasan.

Area kebun yang bersih tidak memberi kesempatan kepada hama dan penyakit untuk berkembang dan meggunakan rumput / gulma untuk tempat berkembangya Vektor virus.

2 Comments on “KUNCI SUKSES BUDIDAYA MELON ORANGE RED AROMA”

    1. Untuk saat ini stok red aroma lagi kosong bapak. Apabila bapak ingin memesan akan kami layani. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk.Budi 082 141 747 141 melalui telp/SMS/WA. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *