MELON ORANGE HIBRIDA ELEGANT BESAR DAN HASIL MELIMPAH

  • Harga yang relatif stabil dengan Fluktuasi harga yang tidak terlalu tajam
  • Umur durasi dari persemaian sampai dengan panen relatif pendek. Sehingga petani dengan penguasaan Budidaya dan ketelitian dalam hal Budidaya tingkat keberhasilannya sudah tinggi.
Perkembangan Budidaya Melon

Memang Melon yang pertama kali memperkenalkan dan tanam pada Indonesia saat itu adalah Melon hibrida ( F1 ) Sky Rocket ( dari Known You Seed ). Dengan jenis kulit yang mempunyai Net tebal dan daging berwarna hijau kekuningan dan rasa yang manis. Tanaman Varietas Hibrida  Sky Rocket ini bertahan kurang lebih 5 tahun mendominasi pasar tanpa adanya perlawanan.

Dan saat itu produk benih dari Known You Seed Taiwan begitu banyak baik jenis maupun Volumenya. Sampai akhirnya memperkenalkan melon dengan jenis yang sama dengan Sky Rocket. Yaitu melon dari Bisi International dengan varietas F1 Action 434. Dan akhirnya petani Indonesia dapat menerima serta menguasai pasar sampai sekarang.

Saat itu memang selain memperkenalkan melon Hibrida Sky Rocket juga memperkenalkan melon jenis Orange pada Jawa Barat ( sentra pengenalan melon saat itu ). Tetapi dengan jenis yang agak berbeda dengan yang ada sekarang. Saat itu yang pengenalan adalah melon dengan daging Orange tetapi bentuknya lonjong dan tidak mempunyai Net pada buahnya.

Perkembangan melon pun melejit pada Indonesia. Dan saat itu hanya terjual pada hotel dan restoran yang mampu membeli buah melon ini. Ini karena petani yang tanam dan budidaya melon terbatas. Sehingga perkembangan berikutnya melon menyebar pasarnya dan banyak petani yang melakukan Budidaya melon sehingga harga buahnya murah dan semua stand buah pasti ada yang menjual melonnya.

Saat ini melon yang berdaging Orange pun sudah mulai banyak pada semua lini pasar namun masih jarang dan perbandingannya dengan melon jenis Hijau kekuningan masih jauh. Jenis benih melon orange pun tahan pengangkutan dan susut angkut kecil karena Net dan daging buah tebal

Respon  pasar terhadap hasil panen dari Melon orange hibrida F1 ELEGANT ini sudah luas dan mudah baik pada tingkat pedagang pengepul maupun konsumen akhir. Dengan hasil buah rata-rata lebih besar dari jenis melon Orange lain maka melon F1 Elegant ini akan memberi keuntungan tersendiri bagi petani yang menanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *