Jagung Manis Tambang Emas Para Petani

   Lakukan pengolahan terlebih dahulu untuk penggunaan media tanah lahan nantinya. Baik dengan cara Tradisional ( Bajak dengan Hewan ) maupun bajak dengan menggunakan Tractor.

Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan agar tanah gembur kembali dan putus hama penyakitnya dan perakaran bisa berkembang secara maximal. Selain itu juga berfungsi untuk memutus tumbuhnya gulma yang akan mengganggu pertumbuhan awal Jagung Manis.

Kedalaman olah tanah minimal 15 Cm dan diolah 15 Hari sebelum tanam sehingga mengasih kesempatan tanah untuk terkena panas. Sehingga hama dan penyakit yang merugikan bisa terputus. 

   2. Pemilihan Area tanam

     Pemilihan area tanam untuk tanaman ini mutlak perlu, agar hasil tanaman bisa maximal dan tidak terganggu kemanisannya karena adanya perkawinan silang. Hindari berdampingan dengan Jagung Pakan.

Kalau tidak bisa menghindari dari segi jarak maka perlu menghindari untuk waktu tanamnya. Jangan bersamaan sehingga pecah bunganya juga berbeda. Dengan begitu akan menghasilkan rasa yang tetap manis dan tetap terjaga rasanya.

    3. Pemilihan Benih dan Penanaman Jagung Manis

   Sekarang jagung manis sudah banyak pabrikan mulai dari PT. Bisi International, PT. East West Seed Indonesia, Pertiwi Agri Makmur dan Syngenta yang memproduksi.

Namun demikian untuk saat ini penulis merekomensikan untuk tanam Benih Jagung Manis Hibrida ( F1 ) Varietas :  F1 Sweet Boy, F1 Master Sweet,  F1 Sweet Lady, F1 Jaguar, F1 Bonanza, F1 Secada, F1 Talenta, F1 Jambore dan F1 SG 75

Berdasarkan pengalaman penulis, sudah tidak perlu meragukan lagi kualitas dari ke delapan Varietas tersebut. Akan tetapi tetap perlu melakukan penyesuaian dengan daerah dan lokasi tanam.  

Idealnya dalam 1 Ha memerlukan 12 Kg benih jagung manis, dengan jarak Optimal 20 Cm x 80 Cm atau 25 Cm x 75 Cm. Apabila jarak terlalu rapat makan akan memberi hasil kurang Maximal, karena akan banyak mendapat serangan Hama dan Penyakitnya.

    Tambahkan dengan obat Hama atau Fungisida untuk benih yang mau tanam. Sehingga bisa mencegah serangan ulat tanah dan serangan Bulai.

Penanaman dengan cara menyugal lubang tanam dengan kedalaman 5 Cm dan ditutup dengan tanah yang sudah halus dan terayak terlebih dahulu.

Jagung yang baik daya tumbuhnya maka akan tumbuh dalam 6-10 hari. Apabila lebih dari 10 hari belum tumbuh maka jagung kurang bagus daya tumbuhnya. Jumlah benih per lubang 1 benih sehingga nanti akan memberi hasil yang maximal.

    4. Pemeliharaan Tanaman Jagung Manis
      * Pemupukan :
  • Pemupukan ke-1 berikan pada saat jagung berumur 15 HST dengan menggunakan ZA:TSP:KCL dengan dosis 250:220:60 KG
  • Pemupukan ke-2 berikan pada saat jagung manis berumur 25 HST dengan menggunakan ZA:TSP:KCL dengan dosis 100:150:100 KG
  • Untuk pemupukan ke-3 (Pupuk Tutup) berikan pada saat tanaman berumur 45 HST dengan menggunakan ZA:KCL dengan dosis 150:100 KG

Pada saat Aplikasi pupuk ke 3 bersamaan dengan pembersihan gulma dalam tanaman sehingga sekalian lakukan juga penggulatan. Perlakuan ini agar tanaman tidak rebah apabila ada hujan dengan tiupan angin yang keras yang menyertainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *