Bibit Tanaman Unggul Andalan dan Favorit Petani Indonesia

Sebagai ilustrasi contoh saja sebagai berikut, karena benih DK yang akan tanam kondisi kosong dari pabrikan, maka tingkat permintaan terhadap benih tersebut akan meningkat.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap standart penetapan harga pada tingkat penjual (menaikkan harga) yang terkadang bisa dua kali dari harga produsen.

Dengan pengetahuan petani akan wawasan terhadap benih tanaman sejenis yang setara, maka dapat menghindari timbulnya hal tersebut. Dengan demikian kontribusi modal berupa benih tidak telalu jauh dari 10% dari biaya proses produksi secara keseluruhan.

Hal tersebut akan mengurangi tingkat biaya keseluruhan tanam petani dan petani akan bisa bersaing dari segi harga jual.

Baca Juga : Budidaya Timun Benih Hibrida Buah Tidak Pahit

Kiat Untuk Petani Untuk Up Date Info Pertanian

Dari dasar tersebut sebenarnya petani tidak perlu menunggu terhadap varietas atau nama bibit tanaman hibrida tertentu. Karena bisa petani itu rugi sendiri.

Karena itu ada berapa solusi yang bisa petani tempuh untuk mengindari kejadian pada atas. PPL dan petani itu sendiri harus melakukan dan menempuh langkah-langkah tersebut sebagai berikut.

  1. Tingkatkan dan sosialisasikan nama bibit tanaman, pabrik yang memproduksinya dan spsesifikasinya (baik segi harga, kualitas dan hasil dari benih tanaman tersebut yang selama ini petani tanam).
  2. Petani harus mempunyai channel dan hubungan langsung ke suplier bibit tanaman lebih dari satu dan lebih bervariasi.
  3. Mempunyai koleksi jaringan luar area yang mana dia menanam (bisa beda kota atau Propinsi). Bisa melalui grup pertanian online pada media sosial.
  4. secara online bisa melakukan pembelian bibit tanaman pada beberapa toko online yang sudah terpercaya.

Dengan cara seperti tersebut pada atas maka harapannya petani tidak perlu terjebak dalam lingkaran harga tinggi, stock terbatas dari suply bibit tanaman yang susah.

Penggunaan benih tanaman hibrida menyesuaikan dengan orieantasi petani dalam melakukan budidaya pertaniannya. Meskipun harga benih tanaman masih terjangkau, tentunya masih lebih mahal dari bibit tanaman biasa. Jadi harus sesuai kalkulasi dan anggaran.

Beberapa pabrik benih tanaman nasional yang terkenal dan terpercaya antara lain :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *