Benih Unggul Awal Kesuksesan Petani

Adapun ciri-ciri Benih Unggulan yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Benih unggul saat ini memiliki kontribusi input 10 % dari total biaya produksi, namun kualitas dan karakteristiknya merupakan hal yang sangat krusial dalam mempengaruhi proses pertumbuhan dan produktivitas secara keseluruhan.

  • Benih yang membawa karakteristik genetik sangat menentukan kualitas benih Unggul tersebut, selain bergantung kepada lingkungan. 

  • Perolehan benih tersebut harus melalui suatu program pemuliaan jangka panjang yang konsisten dan jelas asal-usulnya dan perlakuannya juga harus secara profesional.

  • Benih tersebut juga harus sudah terbukti dan teruji setelah proses tanam secara komersial dan luas pada tingkat petani. Serta mampu memberikan hasil pertumbuhan dan produktivitas yang baik, terutama secara ekonomi.

  • Kemudahan dalam memperoleh informasi tentang kualitas, prosedur dan proses memperolehnya, keamanan dalam pendistribusian serta layanan purna jual juga menentukan pemilihan bahan tanaman (benih).

  • Pengemasan dan penanganan benih unggul harus secara profesional sehingga sifat unggul yang sudah ada tidak mengalami drop setelah pada lapangan.

Dengan dasar dan pertimbangan tersebut, maka sebaiknya sebelum tanam petani dan pengguna benih harus selalu jeli dalam memutuskan menanam benih yang sesuai.

Kalau ingin mempunyai tanaman yang subur, benih harus bermutu, baik secara genetik, fisiologis maupun fisik.  pencirian mutu genetik dengan kemurnian dan keseragaman genetik. 

Penentu mutu fisiologis adalah kemasakan benih secara fisiologis.  Sedang mutu fisik, penentunya oleh kebernasan, seragam dan tidak tercampur.

Baca Juga : Toko Online Panah Merah | Harga | Cara | Belanja | Indonesia

Produsen Benih Unggul ( Benih Hibrida )

Daftar Isi :

Benih Unggul LMGA AGRO2
Beberapa Benih Unggul

Untuk saat sudah banyak produksi benih unggul oleh perusahaan besar dan jumlahnya banyak.

Sehingga petani akan semakin leluasa dan dalam memilih benih yang berkualitas dan cocok dengan daerah dan kondisi lingkungan tempat penanaman.

Dari sekian banyak perusahan benih unggulan tersebut adalah Cap Kapal Terbang. merupakan merk dagang dari PT. Bisi International dan PT. East West Seed Indonesia  atau biasa dikenal PT Ewindo dengan merek dagang Cap Panah Merah.

Kedua perusahaan tersebut tergolong penghasil varietas benih unggul yang berkualitas. Banyak produk benih unggul dan benih hibrida Cap Panah Merah dan Cap Kapal Terbang yang sudah terbukti berhasil dalam pembudidayaannya.

Selain perusahaan tersebut, benih unggul yang berkualitas juga diproduksi diperusahaan benih nasional lainnya.

Seperti PT. Benih Citra Asia dengan merk dagang Bintang Asia, PT. Agro Prabu Mandiri dengan merk Cap Mutiara Bumi, PT. Agri Makmur Pertiwi dengan merk Benih Pertiwi.

Masih banyak lagi perusahaan benih unggul lainnya yang bekerjasama dengan perusahaan asing. Seperti Known You Seed, Sakata Seed, Oriental Seed terkenal dengan benih cabe oriental seed nya.

Tentunya perusahaan-perusahaan benih unggul ini sangat membantu para petani dalam mengembangkan budidaya pertanian dalam segi penyediaan benih unggul berkualitas dan bermutu tinggi.

Produknya meliputi bermacam varietas benih unggul tanaman hortikultura dan bibit tanaman lainnnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *