Umur Jagung Siap Panen Menguntungkan Petani Saat Budidaya

Budidaya jagung, jagung hibrida, umur jagung siap panen, pertanian jagung, penanaman jagung, lmga agro
Jagung Manis

Jagung manis adalah salah satu salah satu tanaman jagung yang sudah banyak petani pilih untuk budidayakan di lahan pertanian.

Hal ini karena, jagung manis berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar bagi petani apabila petani budidayakan dengan baik dan benar.

Ciri khas jenis jagung ini adalah memiliki cita rasa manis dan biji empuk, sehingga cocok menjadi bahan utama beberapa hidangan.

Hidangan lezat berbahan dasar dari jagung manis adalah bakwan dan bisa menjadi campuran sayur sop atau hidangan seafood.

Benih jagung manis sudah banyak telah banyak perusahaan benih terkemuka produksi untuk mencukupi kebutuhan para petani saat budidaya.

Beberapa contoh benih jagung manis yang cukup populer di kalangan petani adalah Bonanza F1, Paragon, Talenta, dan lain-lain.

Karena setiap benih jagung manis memiliki umur panen jagung siap panen yang berbeda-beda dan ukuran buah yg berbeda.

Petani bisa mendapatkan benih jagung manis berkualitas untuk budidaya di toko benih sayuran terdekat atau toko pertanian terdekat.

Selain itu, petani bisa varietas benih jagung manis secara online di toko pertanian online langganan petani dan yang petani percaya.

Jagung Berondong

Jenis jagung selanjutnya yang memiliki bisa petani pilih untuk petani budidayakan di lahan pertanian milik petani adalah jagung berondong.

Jagung berondong merupakan jenis jagung yang bisa masyarakat manfaatkan menjadi olahan makanan seperti popcorn atau berondong jagung.

Jagung berondong memiliki karakteristik yaitu memiliki biji jagung yang relatif lebih kecil dan lebih keras dari jenis jagung lain.

Selain itu, jagung berondong memiliki tingkat kelembaban yang sangat rendah yaitu berkisar antara 14% sampai 20% saja.

Dalam biji dari jagung berondong yang kecil dan keras terdapat kandungan air yang terperangkap.

Sehingga, jika biji jagung berondong mengalami pemanasan yang tepat maka akan menguap dan meledak dan membesar hingga 30 kali lipat.

Jika petani memilih jenis jagung berondong untuk budidaya tanaman di lahan pertanian, maka petani harus sudah mempunyai tujuan pasar yang jelas.

Sehingga, hasil panen jagung berondong bisa langsung terjual pada konsumen yang tepat seperti pabrik pembuat popcorn.

Jagung Mutiara

Selanjutnya adalah jagung mutiara yang merupakan salah satu jenis jagung yang cocok untuk petani budidayakan di wilayah tropis seperti Indonesia.

Jagung mutiara memiliki ciri-ciri yaitu memiliki warna biji yang cukup unik karena berwarna kuning hingga merah.

Jagung mutiara berpotensi tinggi untuk menguntungkan bagi sektor usaha lain seperti sektor peternakan.

Hal ini karena, jagung mutiara bisa menjadi bahan utama pakan ternak yang mengandung berbagai nutrisi menyehatkan bagi hewan ternak.

Sehingga, jagung mutiara juga banyak orang kenal sebagai jagung pakan karena lebih banyak bermanfaat sebagai pakan ternak.

Akan tetapi, jagung mutiara juga bisa menjadi olahan produk lain seperti tepung atau hidangan makanan seperti bubur jagung.

Setiap jenis jagung akan memiliki umur jagung siap panen yang berbeda-beda ketika petani budidayakan di lahan pertanian yang petani persiapkan.

Saat ini benih jagung pakan mudah sekali untuk petani dapatkan di toko benih sayuran dan toko pertanian online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *