Syarat Tumbuh Tanaman Melon Golden Untuk Hasil Yang Maksimal

syarat tumbuh tanaman melon, budidaya melon, tumbuhan melon, umur tanaman melon, tanaman buah melon, lmga agro

Syarat Cara Menanam Dan Perawatan Tanaman Melon Golden

Setelah petani memenuhi syarat tumbuh tanaman melon golden, petani bisa melanjutkan proses menanam dan perawatan melon golden.

Penanaman melon golden harus petani lakukan dengan baik dan benar agar bisa tumbuh subur dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Selain itu petani juga perlu melakukan perawatan tanaman melon golden untuk mendapatkan tanaman melon golden yang tahan akan hama dan penyakit.

Dengan tanaman melon golden yang tahan akan hama dan penyakit membuat petani bisa mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Berikut ini merupakan cara menanam dan perawatan tanaman melon golden :

Pemilihan Bibit Melon Golden

Petani perlu melakukan pemilihan bibit melon golden terlebih dahulu sebelum petani melakukan budidaya tanaman melon golden.

Petani bisa memilih bibit melon golden yang berkualitas  dan memiliki tingkat daya kecambah min 80 %.

Bibit yang petani pilih bisa yang sehat dan tidak cacat serta memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit.

Persemaian Bibit Melon Golden

Setelah petani melakukan pemilihan bibit melon golden berkualitas, petani bisa melakukan persemaian bibit terlebih dahulu.

Bibit melon golden berkualitas yang sudah petani pilih bisa petani rendam terlebih dahulu kedalam air hangat kurang lebih selama 5 jam.

Selanjutnya bibit melon golden bisa petani tiriskan dan petani peram dengan kain kurang lebih selama 2 x 24 jam.

Apabila bibit melon golden sudah mengeluarkan akar, petani bisa memindahkan bibit ke tray semai yang sudah petani isi dengan media semai.

Selanjutnya petani bisa melakukan penyiraman media semai agar tingkat kelembabannya tetap terjaga dan tanaman bisa tumbuh optimal.

Setelah bibit melon golden mulai berkecambah, petani bisa memindahkan bibit ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Hal itu bertujuan supaya bibit melon golden bisa berkembang dengan bagus dan optimal sehingga bisa menghasilkan tanaman berkualitas.

Bibit melon golden bisa petani pindah tanam ke lahan pertanian ketika mulai tumbuh 4 daun sejati.

Pengolahan Lahan Pertanian

Untuk tumbuh optimal, tanaman melon golden menyukai tanah yang gembur dan memiliki unsur hara makro dan mikro yang lengkap.

Itulah yang menyebabkan petani perlu melakukan pengolahan lahan pertanian untuk mendapatkan syarat tumbuh tanaman melon golden.

Hal pertama yang bisa petani lakukan untuk pengolahan lahan pertanian adalah membajak tanah dengan kedalaman 20 cm.

Apabila pH tanah yang akan petani gunakan kurang dari 6, petani bisa melakukan pemberian dolomit pada lahan.

Selanjutnya petani bisa melakukan pembuatan bedengan dengan ukuran lebar 100 cm, tinggi 20 cm, dan jarak antar bedengan 50 cm.

Apabila melakukan budidaya tanaman melon golden saat musim hujan, petani bisa membuat tinggi bedengan menjadi 50 cm.

Berikutnya petani bisa menutup bedengan dengan menggunakan plastik mulsa untuk menjaga kelembaban dan mencegah pertumbuhan gulma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *