Cara Merawat Pohon Semangka Berpotensi Panen Besar

Cara menanam semangka, masa panen semangka, cara merawat pohon semangka, umur panen semangka, cara membuat buah semangka besar, lmga agro

Cara Merawat Pohon Semangka Untuk Dapatkan Panen Berkualitas

Ketika petani melakukan budidaya pohon semangka, petani perlu melakukan cara merawat pohon semangka yang baik dan benar.

Dengan melakukan cara merawat pohon semangka petani bisa mendapatkan pohon semangka yang tumbuh dengan optimal dan produktif.

Pohon semangka yang tumbuh optimal dan produktif berpotensi menghasilkan panen buah semangka yang berkuantitas dan berkualitas tinggi.

Selain itu, dengan melakukan cara merawat pohon semangka petani bisa mendapatkan pohon semangka yang resisten terhadap serangan hama dan penyakit.

Pohon semangka yang memiliki resistensi tinggi terhadap hama dan penyakit membuat petani bisa lebih mudah dalam merawat pohon semangka.

Berikut ini merupakan cara merawat pohon semangka untuk dapatkan panen berkualitas :

Penyulaman Pohon Semangka

Untuk mendapatkan pohon semangka yang tumbuh optimal dan seragam petani petani perlu melakukan penyulaman pohon semangka.

Petani mulai bisa melakukan penyulaman pohon semangka ketika tanaman memasuki usia 3 hari dari penanaman tahap pertama.

Petani bisa mengganti bibit semangka yang terserang penyakit rebah batang dengan cara petani ganti bibit beserta tanahnya,

Bibit semangka bisa petani ganti dengan bibit sulaman dan tanah bisa petani dengan tanah baru agar penyakit tidak menyebar.

Petani perlu menghindari penyulaman terhadap pohon semangka tua karena bisa mengakibatkan pertumbuhannya tidak seragam.

Pemberian Alas Buah

Untuk menekan pertumbuhan gulma petani bisa melakukan pemberian serasah atau alas buah pada pohon semangka yang petani budidayakan.

Buah semangka yang tidak petani beri alas akan mengalami bentuk buah yang tidak normal dan menjadi mudah terserang hama dan penyakit.

Ketika musim penghujan, petani bisa memberikan alas buah dari bilah bambu karena alas jerami basah bisa menjadi sarang penyakit.

Pengairan

Pada fase vegetatif, pohon semangka membutuhkan banyak air karena penting untuk pertumbuhan pohon semangka.

Namun ketika memasuki fase generatif petani perlu melakukan pengurangan pengairan karena bisa merusak pembentukan bunga.

Selanjutnya petani bisa melakukan penyiraman normal lagi ketika pohon semangka masuk ke fase  pemasakan buah semangka.

Pembalikan Buah

Cara merawat pohon semangka yang terakhir adalah pembalikan buah semangka setiap dua minggu sekali.

Pembalikan buah semangka bertujuan untuk mendapatkan warna kulit buah semangka yang merata dan  tingkat kualitas buah yang rata.

Bagian kulit buah yang tidak pernah petani balik akan menjadi kekuningan karena tidak pernah terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga : Insektisida Lalat Buah Paling Ampuh Curacron 500EC Lindungi Buah Semangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *