Cara Pembibitan Jagung Manis Terbaik Menguntungkan Petani

Pohon jagung, cara merawat jagung, kebun jagung manis, bibit jagung mansis terbaik, pupuk jagung manis, LMGA AGRO

Pembibitan Jagung Manis

Untuk melakukan pembibitan jagung manis petani bisa menyiapkan wadah semai yang sudah petani bolongi bawahnya atau polybag semai.

Selanjutnya petani memberikan media tanam yang merupakan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Media tanam bisa petani masukkan ke media semai atau polybag semai yang sudah petani siapkan dan perlu petani buat gembur.

Sebelum bibit jagung manis petani masukkan ke media semai, petani bisa melakukan penyiraman media tanam agar tanah tetap lembab.

Selanjutnya petani bisa memasukkan bibit jagung manis ke dalam media tanam dengan kedalaman 1 hingga 1,2 cm.

Setelah petani  bisa melakukan penyiraman bibit persemaian dengan menggunakan sprayer halus agar  tidak merusak media tanam.

Petani juga bisa menutup polybag semai dengan menggunakan plastik bening yang sudah petani beri lubang kecil untuk menjaga kelembaban persemaian.

Jika bibit jagung manis sudah mulai berkecambah atau muncul tunas petani bisa membuka tutup plastik.

Petani sebaiknya menaruh polybag semai di tempat yang terang dan terkena sinar matahari langsung namun tidak terkena hujan secara langsung.

Setelah pembibitan jagung manis  sudah memiliki 4 – 7 helai daun maka bibit jagung manis siap untuk pindah tanam.

Dengan cara pembibitan jagung manis yang benar petani bisa mendapatkan tanaman yang tumbuh subur dan terhindar dari hama dan penyakit.

Penanaman Jagung Manis

Untuk penanaman jagung manis akan lebih efektif petani lakukan dengan cara tugal dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman 2 – 3 cm.

Petani bisa memasukkan bibit jagung manis hasil semai kedalam lubang tanam dan petani tutup dengan campuran tanah dan kompos.

Untuk jarak tanam yang efektif untuk budidaya jagung manis adalah 60 – 75 cm agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga : Cara Menanam Jagung Manis Bonanza Bebas Bulai

Cara Merawat Jagung Untuk Hasilkan Tanaman Lebih Produktif

Pohon jagung, cara merawat jagung, kebun jagung manis, bibit jagung mansis terbaik, pupuk jagung manis, LMGA AGRO
Tanaman Produktif Bisa Petani Dapatkan Dengan Melakukan Perawatan

Perawatan tanaman jagung manis perlu petani lakukan untuk menghindari tanaman jagung manis terserang hama dan penyakit.

Selain itu, perawatan tanaman juga bertujuan untuk menjaga kesuburan tanaman jagung manis yang sedang petani budidayakan.

Tanaman jagung manis yang subur dan tidak terserang hama dan penyakit bisa menghasilkan panen jagung manis yang melimpah dan berkualitas.

Panen jagung manis yang berkualitas dan melimpah bisa menguntungkan petani karena mudah untuk petani jual atau petani pasarkan.

Perawatan tanaman jagung manis bisa petani lakukan sesudah petani melakukan cara pembibitan jagung manis dan penanaman jagung manis.

Berikut ini merupakan cara merawat tanaman jagung manis saat petani budidayakan :

Penyiraman Tanaman

Untuk mendapatkan tanaman jagung manis yang tumbuh dengan optimal, petani perlu menjaga kelembaban lahan pertanian yang petani gunakan untuk budidaya.

Untuk itu petani perlu melakukan penyiraman tanaman jagung manis dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman jagung manis yang petani budidayakan.

Jika tanah yang petani gunakan untuk budidaya tanaman jagung manis mudah kering, petani bisa melakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari.

Penyiraman tanaman jagung manis sebaiknya petani lakukan ketika sore hari agar tidak membuat tanaman jagung manis mudah layu.

Pemupukan Susulan

Untuk pemupukan susulan bisa petani lakukan ketika tanaman jagung manis memasuki usia 2 bulan setelah tanam.

Pemupukan susulan tanaman jagung manis bisa petani lakukan dengan menggunakan pupuk yang sesuai dan dengan dosis yang tepat sesuai anjuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *