Berapa Lama Semangka Berbuah Besar Hingga Siap Petani Panen

Berapa lama semangka berbuah, masa panen semangka, budidaya semangka, pohon semangka, proses pertumbuhan semangka, LMGA AGRO

Pemilihan Benih Semangka Terbaik

Sebelum melakukan budidaya tanaman semangka, petani perlu melakukan pemilihan benih semangka berkualitas terbaik yang akan petani gunakan.

Benih semangka berkualitas terbaik perlu petani pilih karena bisa menghasilkan tanaman semangka yang produktif dan berkualitas.

Dengan tanaman semangka yang berkualitas dan produktif bisa menghasilkan panen buah semangka yang lebat dan berkualitas super.

Persemaian Benih Semangka

Sebelum benih semangka berkualitas terbaik petani semaikan, petani bisa melakukan perendaman dengan air hangat selama kurang lebih 6 jam.

Berikutnya petani bisa meniriskan benih dan petani simpan ke dalam kertas koran atau kain yang sudah petani basahi.

Hal itu petani lakukan untuk mengecambahkan benih semangka berkualitas terbaik yang akan petani semaikan sebelum petani tanam.

Apabila benih semangka sudah mulai berkecambah, petani bisa memindahkan benih ke dalam polybag semai yang sudah petani siapkan di tempat sejuk.

Tempat sejuk bisa petani buat dengan menggunakan tutup dari plastik benih untuk mencegah benih semai terkena sinar matahari langsung.

Tutup plastik bening bisa petani buka setiap pagi hingga pukul 10 dan bisa petani tutup kembali setelah pukul 10 pagi.

Hal itu bisa petani lakukan hingga benih semangka siap untuk petani pindah tanam ke lahan pertanian yang petani gunakan.

Petani juga perlu melakukan penyiraman benih semangka yang petani semaikan untuk menjaga kelembaban persemaian benih semangka.

Petani juga bisa melakukan penyemprotan pestisida yang sesuai untuk mencegah benih semangka yang petani semaikan tidak terserang hama dan penyakit.

Persemaian juga memiliki pengaruh terhadap berapa lama semangka berbuah ketika sedang petani budidayakan di lahan pertanian.

Penanaman Benih Semangka

ketika bibit semangka semai berusia 8 – 12 hari setelah semai petani bisa memindahkan benih semangka ke lahan pertanian yang petani gunakan.

Jarak tanam yang bisa petani buat untuk melakukan budidaya adalah 60 – 70 cm dalam satu barisan dan 5 – 6 meter antar barisan.

Penanaman benih semangka hasil semai sebaiknya petani lakukan ketika sore hari agar benih bisa lebih cepat beradaptasi dengan lahan pertanian.

Penanaman benih semangka pada sore hari juga mempengaruhi berapa lama semangka berbuah ketika petani budidayakan.

Sebelum lahan petani gunakan sebaiknya lahan petani airi terlebih dahulu dan petani juga bisa merendam benih ke dalam fungisida.

Baca Juga : Budidaya Semangka Hasil Menguntungkan Idola Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *