8 Metode Pemupukan Terbaik Rahasia Usaha Budidaya Tanaman Sukses

8 metode pemupukan,pemupukan,pupuk,budidaya tanaman,petani,lmga agro

Larikan (Ring Placement)

Salah satu dari 8 metode pemupukan yang sering petani gunakan dalam budidaya tanaman adalah metode larikan atau ring placement. Petani umumnya menggunakan metode larikan pada jenis tanaman tahunan.

Cara melakukan metode larikan ini adalah menaburkan pupuk tanaman dengan melingkari tanaman pada jarak tegak lurus dengan daun terjauh.

Metode ini cocok petani gunakan ketika jarak tanaman tidak rapat serta memiliki tingkat kesuburan tanah yang rendah.

Metode pemupukan ring placement menjadi salah satu cara pemupukan yang kini sering banyak petani gunakan saat berkebun.

Spot Placement

Spot placement merupakan salah satu jenis pemupukan dari 8 metode pemupukan yang banyak petani gunakan saat ini. Jenis pemupukan spot placement banyak dilakukan oleh petani yang membudidayakan jagung.

Pemupukan spot placement bisa petani lakukan dengan cara membuat lubang sedalam 5-10 cm didekat tanaman dan masukkan pupuk ke dalam lubang tersebut.

Cara ini menguntungkan petani karena pupuk tidak mudah menguap dan memudahkan tanaman menyerapnya.

Pengocoran

Pengocoran merupakan jenis pemupukan yang terdapat dalam 8 metode pemupukan untuk budidaya tanaman. Metode pengocoran sering petani gunakan pada saat musim kemarau telah tiba.

Petani bisa melarutkan pupuk tanaman dengan air lalu masukkan ke dalam wadah dan selanjutnya petani kocorkan dekat dengan tanaman. Cara ini memudahkan tanaman dalam mencari dan menyerap nutrisi pupuk tanaman.

Penugalan

Penugalan merupakan metode pemupukan lain yang termasuk dalam 8 metode pemupukan untuk budidaya tanaman. Jenis pemupukan ini sering petani lakukan saat memasuki musim hujan.

Pemberian pupuk dengan metode penugalan bisa petani lakukan dengan membuat lubang pupuk disamping lubang tanam dengan kedalaman tertentu. Sehingga, tanaman bisa dengan mudah menyerap nutrisi dari pupuk tanaman.

Pemupukan dengan cara tugal banyak petani lakukan terutama untuk tanaman sayuran juga tanaman semusim yang lain. Kuasai metode ini guna mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *