Obat Organik Daun Cabe Keriting Alternatif Ampuh Untuk Petani

obat organik daun cabe keriting,budidaya cabe,petani cabe,lmga agro
  • Siapkan daun sirsak sebanyak 100 lembar kurang lebih;
  • Deterjen kurang lebih 1 sendok makan;
  • Air sebanyak 5 liter;
  • Tumbuk daun sirsak hingga halus;
  • Tambahkan air yang telah petani siapkan sebelumnya lalu peras dan saring;
  • Setelah itu, air hasil perasan petani campurkan dengan deterjen dan aduk hingga rata serta diamkan selama 1 malam;
  • Encerkan hasil larutan dengan air dan gunakan perbandingan 1:10;
  • Proses penggunaan pestisida organik daun sirsak bisa petani lakukan dengan penyemprotan secara merata ke area daun cabe yang terinfeksi penyakit.

Pestisida Daun Pepaya

Tanaman pepaya terkenal akan buahnya yang memiliki rasa manis dan banyak masyarakat kreasikan untuk minuman yang menyegarkan. Selain itu, daun pepaya juga bisa masyarakat manfaatkan untuk pembuatan sayur daun pepaya.

Daun pepaya sendiri memiliki zat papain yang bisa petani manfaatkan untuk pengendalian hama tanaman seperti aphids. Sehingga, daun pepaya bisa petani gunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat organik daun cabe keriting.

  • Siapkan daun pepaya sebanyak 1 kg;
  • Air bersih 10 liter;
  • Langkah pertama, tumbuk daun pepaya hingga halus;
  • Lalu, campur hasil tumbukan daun pepaya dengan 10 liter air dan rendam selama 24 jam;
  • Setelah itu, saring larutan hasil rendaman dengan saringan halus untuk mendapatkan larutan pestisida organik;
  • Proses penggunaannya bisa petani lakukan dengan cara menyemprotkan pada daun yang terindikasi telah terinfeksi.

Baca Juga : Pestisida Alami Bantu Usaha Pertanian Organik

Peluang Usaha Jual Obat Organik Daun Cabe Keriting

Obat organik daun cabe keriting menjadi alternatif yang lebih alami untuk proses pengendalian daun keriting pada tanaman cabe. Sehingga, petani bisa menjaga lingkungan lahan pertanian tetap lestari.

Melihat hal tersebut membuat pelaku usaha mendapatkan ide menarik untuk membantu para petani budidaya cabe. Sehingga, pelaku usaha membuat obat organik daun cabe keriting lalu menjualnya.

Strategi pembuatan obat organik daun cabe keriting secara massal mampu membantu para petani sebagai pelaku usaha budidaya tanaman cabe. Sehingga, petani bisa mendapatkan produk pestisida organik jadi tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.

Penjualan obat organik daun cabe keriting bisa pelaku usaha lakukan secara offline seperti toko obat pertanian. Selain itu, pelaku usaha juga bisa menjual obat organik daun cabe keriting secara online melalui marketplace maupun toko pertanian online.

Penjualan obat organik daun cabe keriting melalui toko obat pertanian yang sebelumnya telah pelaku usaha rintis terlebih dahulu. Sehingga, pelaku usaha bisa menawarakan produk pestisida organik ini secara lebih mudah kepada petani.

Selain itu, strategi penjualan yang bisa pelaku usaha lakukan adalah mengemas produk dengan baik dan menempatkannya pada etalase utama. Sehingga, para konsumen bisa melihat produk dan tertarik untuk membelinya.

Sedangkan untuk penjualan secara online, pelaku usaha bisa menjualnya pada marketplace ataupun toko pertanian online. Sehingga, pelaku usaha berkesempatan untuk mendapatkan konsumen yang berada diluar daerah.

Pelaku usaha juga memudahkan para petani maupun penghobi tanaman untuk mendapatkan produk pestisida organik tanpa keluar rumah. Sehingga, petani dan penghobi tanaman bisa melakukan kegiatan lain seperti pengelolaan budidaya tanaman.

Kesimpulannya, peluang usaha jual obat organik daun cabe keriting cukup menguntungkan apabila pelaku usaha cermat melakukannya. Selain itu, obat organik daun cabe keriting juga membantu petani cabe dalam mengendalikan daun keriting pada tanaman cabe.

Baca Juga : Jual Insektisida Demolish Ampuh Lindungi Budidaya Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *