Jual Buldok Insektisida Bayer Murah Ampuh Berkualitas

pestisida,insektisida buldok,bayer indonesia,buldok,hama tanaman,budidaya tanaman,lmga agro

Serangga Hama Rusak Budidaya Tanaman

hama tanaman,serangga,budidaya tanaman,pertanian,pestisida,petani,lmga agro

Hama tanaman telah menjadi ancaman yang serius bagi usaha budidaya tanaman karena mampu merusak tanaman pada lahan pertanian. Budidaya tanaman yang telah mengalami kerusakan berpotensi merugikan petani sebagai pelaku usaha pertanian karena kualitas pertumbuhannya telah menurun. Salah satu jenis hama tanaman yang seringkali menyerang dan merusak budidaya tanaman adalah hama serangga.

Hama serangga merupakan jenis hama tanaman yang memiliki ukuran tubuh cukup kecil dan beberapa diantaranya hidup berkelompok. Serangan hama serangga biasa terjadi pada beberapa bagian pada tanaman budidaya seperti daun, batang, hingga buah dan menyebabkan kerusakan. Berikut ini terdapat beberapa jenis hama serangga yang seringkali menyerang usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian.

Kutu Daun

Kutu daun menjadi salah satu jenis hama serangga yang seringkali menyerang usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Hama kutu daun memiliki ciri-ciri yang sudah petani kenali seperti berukuran kecil dan biasanya berkelompok dalam melakukan serangan pada tanaman budidaya. Kutu daun merupakan salah satu jenis hama serangga yang mampu menghasilkan banyak keturunan dalam hitungan hari.

Serangan hama kutu daun pada budidaya tanaman memiliki gejala yang cukup mudah untuk petani mengetahuinya. Budidaya tanaman yang terserang oleh kutu daun berpotensi kualitas pertumbuhannya menjadi turun dan merugikan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Serangan hama kutu daun bisa petani kendalikan dengan memanfaatkan cara teknis ataupun cara kimia untuk melindungi budidaya tanaman. Pengendalian hama kutu daun secara teknis bisa dilakukan petani dengan memanfaatkan predator alami kutu daun. Selain itu, petani juga bisa mengendalikan hama kutu daun dengan memanfaatkan pestisida jenis insektisida.

Lalat Buah

Jenis hama serangga lain yang seringkali menyerang usaha budidaya tanaman terutama penghasil buah-buahan adalah lalat buah. Lalat buah memiliki beberapa jenis berbeda bahkan di Indonesia terdapat 50 spesies lalat buah yang menyerang budidaya tanaman hortikultura. Salah satu jenis hama lalat buah yang sudah petani kenal dan sering menyerang budidaya tanaman hortikultura adalah Bactrocera sp.

Serangan hama lalat buah pada budidaya tanaman memiliki gejala yang mudah untuk dikenali seperti terlihat bintik hitam pada kulit buah. Selain itu, serangan hama lalat buah juga berpotensi membuat buah menjadi rontok dan berubah warna menjadi kuning dan keriput.

Petani dan pelaku usaha pertanian bisa melakukan langkah pengendalian hama lalat buah dengan cara melakukan pemeliharaan sanitasi yang baik. Langkah pembungkusan pada buah juga bisa menjadi pilihan tepat bagi petani untuk menghindari serangan hama lalat yang merusak buah. Selain itu, petani juga bisa memanfaatkan salah satu jenis alat pertanian yang bermanfaat seperti perangkap lalat buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *