Penyakit Tanaman Cabe Rugikan Petani dan Pedagang

penyakit tanaman,budidaya cabe,benih cabe,cabe merah,petani,pertanian,lmga agro

Penyakit Tanaman Cabe Ancam Budidaya Cabe

Penyakit tanaman merupakan kendala dalam usaha budidaya tanaman yang sangat merugikan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Hal ini karena, penyakit pada tanaman mampu menghambat pertumbuhan tanaman bahkan membuat tanaman menjadi layu dan mati. Sehingga, petani harus selalu rutin mengecek tanaman budidaya pada lahan pertanian agar tidak terjangkit penyakit tanaman.

Budidaya cabe juga tidak lepas dari ancaman penyakit tanaman, sehingga petani harus selalu waspada dalam melakukan usaha budidaya cabe. Beberapa penyakit tanaman cabe bahkan mampu membuat kualitas hasil panen menurun dan merugikan petani sebagai pelaku usaha pertanian. Berikut ini terdapat beberapa jenis penyakit tanaman pada usaha budidaya cabe.

Bercak Daun

Penyakit tanaman pada budidaya cabe yang pertama adalah bercak daun, penyakit ini biasa menyerang bagian daun pada tanaman cabe. Penyebab dari jenis penyakit cabe ini adalah serangan jamur Cercospora capsici yang menimbulkan gejala bercak bundar berwarna abu-abu pada daun. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini biasanya menyerang tanaman cabe pada saat musim penghujan karena tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

Penyakit bercak daun pada tanaman cabe bisa menular dengan cepat melalui beberapa perantara seperti angin, hujan, hama, dan alat pertanian. Selain itu, spora jamur sebagai penyebab penyakit ini juga bisa terdapat pada benih cabe.

Pencegahan serangan penyakit bercak daun bisa petani lakukan dengan cara melakukan pemilihan benih cabe yang sehat dan berkualitas. Pemberian jarak antar tanaman juga bisa menjadi alternatif bagi petani untuk mencegah penyakit bercak daun ini. Selain itu, membakar tanaman yang terinfeksi dan menggunakan sarana pertanian seperti fungisida bisa menjadi pilihan petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual fungisida kualitas terbaik untuk kebutuhan petani membasmi hama jamur. Jenis fungisida yang tersedia memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Antraknosa

Jenis penyakit tanaman lain yang sering menyerang tanaman cabe pada usaha budidaya cabe adalah penyakit patek atau antraknosa. Penyakit antraknosa merupakan jenis penyakit pada tanaman cabe yang terjadi karena cendawan atau jamur Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporiodes.

Penyakit antraknosa bisa menyerang tanaman cabe pada beberapa fase kehidupan, mulai dari fase pembibitan hingga fase tanaman dewasa. Pada fase pembibitan, penyakit antraknosa menyebabkan kecambah tanaman cabe menjadi layu saat dalam proses persemaian. Sedangkan pada masa dewasa, antraknosa menyebabkan pembusukan pada daun dan batang tanaman, serta membuat buah menjadi busuk seperti terbakar.

Langkah pencegahan seranga penyakit antraknosa ini bisa petani lakukan dengan memilih benih cabe yang sehat dan berkualitas. Selain itu, menggunakan sarana pertanian seperti fungisida juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *