Jenis – jenis Pestisida dan Manfaatnya Bagi Tanaman Pertanian

Jenis, jenis, pestisida, manfaat, tanaman, pertanian
Nematisida

Nematisida merupakan salah satu jenis pestisida untuk membasmi nematoda seperti cacing. Cacing merupakan salah satu parasit yang bisa mengganggu pertumbuhan dari tanaman pertanian.

Target penyerangan cacing adalah umbi dan akar dari tanaman pertanian. Terutama tanaman berumbi seperti wortel, singkong, ubi jalar, bawang dll.

Moluskisida

Moluskisida merupakan salah satu jenis pestisida yang berfungsi untuk membasmi moluska seperti bekicot, siput dll.

Moluska dapat terbunuh dengan pemberian moluskisida. Moluskisida sangat bermanfaat untuk mengendalikan serangan hama bekicot dan siput.

Insektisida

Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida yang berfungsi untuk membasmi serangan serangga pengganggu seperti kutu busuk, rayap, semut, belalang, ulat, wereng dll.

Cara kerjanya adalah dengan menyerang sistem pencernaan, perkembangbiakan dan merusak sistem hormon dari serangga.

Serangga yang terkena insektisida akan mengakibatkan kematian pada serangga secara langsung maupun secara perlahan.

Fungisida

Fungisida merupakan salah satu jenis pestisida yang memiliki fungsi untuk membasmi cendawan atau jamur.

Cendawan atau jamur yang menyerang tanaman bisa musnah dan mati dengan menyemprotkan fungisida pada tanaman yang terkena serangan jamur.

Herbisida

Herbisida merupakan salah satu jenis pestisida yang berguna untuk mencegah dan membasmi gulma. Gulma merupakan tumbuhan liar yang mengganggu tumbuh kembang dari tanaman pertanian.

Jenis gulma yang sering tumbuh mengganggu tanaman pertanian adalah rumput teki, alang – alang, enceng gondok.

Gulma sering menyerap nutrisi tanaman sehingga membuat tanaman pertanian menjadi kurang nutrisi dan bisa mengakibatkan tanaman menjadi lambat pertumbuhannya.

Akarisida

Akarisida merupakan salah satu jenis pestisida yang berguna untuk membasmi caplak, tungau laba-laba dll. Senyawa kimia yang terkandung di dalam akarisida dapat membunuh caplak, tungau, laba – laba dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *