PERAWATAN TANAMAN PEPAYA ORANGE LADY DAN RED LADY YANG BAIK DAN BENAR

Pembumbunan dan penyiangan bertujuan agar tanah pada sekitar tanaman tetap gembur dan bersih. Dengan demikian unsur hara mudah terserap tanaman dan mengurangi kompetisi unsur hara antara gulma dengan tanaman pepaya.

Dalam sanitasi kebun harus memperhatikan beberapa kegiatan antara lain:

  • Melakukan Penyiangan pada musim penghujan karena pada saat itu banyak gulma tumbuh.
  • Perlu membersihkan dengan hati-hati Gulma atau rerumputan yang tumbuh pada bawah tajuk tanaman dan sekitar pertanaman  agar tidak merusak perakaran tanaman.
  • Perlu juga membersihkan rumput luar tajuk tanaman untuk menghindari penularan hama dan penyakit melalui gulma.
  • Bersamaan dengan penyiangan gulma sebaiknya gemburkan atau bumbun untuk tanah sekitar piringan tanaman.
  • Harus buang dan bakar daun dan buah yang sakit atau yang menunjukkan tanda-tanda terserang hama dan penyakit. Dan perlu bongkar dan buang tanaman jika seluruh bagian tanaman terserang.

E. Penjarangan buah

Pepaya Orange Lady Dan Red Lady

Perlu menjarangkan atau membuang Buah pepaya yang terlalu lebat atau yang bentuknya tidak baik. Kurangi beberapa calon buah yang terdapat pada satu buku tanaman sehingga tersisa satu buah dalam satu bagian buku tanaman. Dengan demikian buah akan mampu berkembang sempurna.

F. Pembungkusan buah

Pepaya Orange Lady Dan Red Lady

Dapat melakukan pembungkusan buah dengan menggunakan kertas koran yang ukurannya sesuai dengan ukuran buah. Balutkan kertas koran pada sekeliling buah, kemudian selotip. Dengan demikian antar buah atau antara buah dengan bagian tanaman lainnya tidak terjadi gesekan. Gesekan dapat mengakibatkan luka pada kulit pepaya yang bisa menjadi tempat bersarangnya hama dan penyakit.
Jika tidak bisa melakukan pembungkusan atau pelapisan buah karena jarak antar buah terlalu rapat, maka dapat melakukan cara lain dengan mengurangi resiko serangan hama dan penyakit melalui penyemprotan desinfektan. Dapat menggunakan campuran cairan detergen dengan air untuk menyemprot buah dengan interval waktu sebulan sekali.

G. Pengendalian hama dan penyakit

Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor penentu dalam usaha tani pepaya. Kerusakan akibat serangan hama dan penyakit tidak hanya akan murunkan kualitas dan kuantitas buah, tetapi juga dapat mematikan tanaman secara keseluruhan.
Beberapa hama penting yang menyerang tanaman pepaya adalah kutu putih (Paracoccus marginatus), kutu daun (Myzuz persicae), dan tungau merah (Tetranychus kanzawai). Sedangkan penyakit yang menyerang adalah penyakit busuk akar dan pangkal batang (Phytophthora palmivora Butl), Antraknosa (Colletotrichum gloeoporioides), Layu bakteri, dan Virus mozaik.
Sebaiknya melakukan Pengendalian hama dan penyakit secara terpadu menggunakan berbagai cara. Seperti menggunakan bibit yang sehat, pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan, dan pengendalian hama dan penyakit tanaman pepaya menggunakan insektisida dan herbisida yang sesuai anjuran dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang.
Itulah sekilas data dan pengalaman penulis, yang di dapatkan selama Budidaya Pepaya Orange Lady dan Red Lady dan mendapatkan data dari rangkuman nara sumber lain di Petani sekitar yang sudah sering membudidayakan tanaman Pepaya.
Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang mau konsultasi serta membutuhkan Benih  Pepaya dan Cara Budidayanya  silakan menghubungi toko Online LMGA AGRO ( Dealer, Agen, Distributor resmi ) di CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117, dimana pun anda berada kami siap membantu dan mengirim sampai tujuan.