MEMANFAATKAN HALAMAN SEKITAR RUMAH UNTUK BERKEBUN

memanfaatkan halaman rumah
memanfaatkan halaman rumah

www.lmgaagro.com Memanfaatkan Halaman Sekitar Rumah Untuk Berkebun. Toko Pertanian Online LMGA AGRO Cp. P. Budi No. HP : 082141747141 ; SMS / WA : 08125222117. Jual benih tanaman hortikultura, pupuk, pestisida, ZPT, dan sarana pertanian lainnya. Kami juga melayani konsultasi pertanian. Rev. 24 / 09 / 20.


Memanfaatkan halaman rumah untuk berkebun pada daerah yang padat penduduk, merupakan salah satu cara agar bisa memiliki kebun sayur sendiri. Selain itu juga bisa menjadi peluang usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga.

Seperti halnya memanfaatkan halaman rumah bagian belakang untuk usaha contohnya bercocok tanaman sayur. Dengan memanfaatkan halaman rumah pada daerah kota, maka upaya penganekaragaman sumber konsumsi pangan dan menekan pengeluaran keluarga dapat tercapai.

Memanfaatkan Halaman Rumah Dengan Bercocok Tanam

Memanfaatkan halaman rumah untuk bercocok tanam memang suatu pilihan yang tepat. Bagi para petani pada daerah pedesaan yang kepemilikan area tanamnya masih luas, usaha bercocok tanam tidak menjadi kendala untuk melakukannya.

Tetapi daerah perkotaan yang lahan tanamnya semakin sempit, kita harus pandai mensiasati agar ini juga tetap bisa melakukannya.

Memanfaatkan halaman rumah baik depan maupun belakang dengan tanaman buah kombinasi tanaman sayuran lebih menguntungkan.

Kemudian penataan halaman rumah yang tertanami  dengan baik, mempunyai nilai estetika dan membantu untuk meningkatkan kesehatan penghuni rumah tersebut. 

Melakukan pemanfaatan halaman, mengingat dalam Budidaya tanaman dan bercocok tanam tidak semuanya membutuhkan area tanam yang luas. Bahkan bisa melakukannya sekalipun luas tanah yang kita miliki sempit.

Dengan pemanfaatan area lahan pada sekitar rumah kita, maka kita akan dapat menambah dan mengelola sumber Gizi keluarga. Terutama variasi tanaman yang bersumberkan dari sayuran dan buah.

Kita dapat memulai dari lingkup kecil (keluarga) dalam pemberdayaan lahan pekarangan atau memanfaatkan halaman area rumah. Dan dapat melakukannya bersama sama dalam satu lingkup yang lebih luas lewat kegiatan PKK yang selama ini sudah jalan.

Sosialisai pemanfaatan lahan sekitar rumah ini akan lebih efektif dengan membikin projek percontohan tingkat RT atau RW.

Memasyarakatkan budidaya tanaman Toga pada sekitar rumah juga bisa menjadi pilihan warga bersama. Adapun dapat menanam tanaman dalam bentuk Polibag atau dalam tanah seperti biasanya.

Penanaman dalam Polibag akan jauh lebih efektif dan mudah karena cara perawatannya jauh lebih mudah dan murah. 

Adapun fungsi memanfaatkan halaman rumah atau pekarangan adalah sebagai penghasil :
  1. Tambahan bahan makanan. Dengan menanam pohon buah, tanaman sayuran.
  2. Kebutuhan sehari-hari. Dengan bertanam tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, dsb.
  3. Bumbu-bumbuan. Memanfaatkan halaman dengan tanaman rempah, tanaman sayuran, atau bisa juga tanaman obat.
  4. Bahan bangunan. Memanfaatkan halaman dengan tanaman yang terambil bahan kayu seperti sengon, jati, dsb.
  5. Kayu bakar. Memanfaatkan halaman dengan tanaman bisa dari pohon buah atau tanaman yang termanfaatkan kayunya.
  6. Bahan kerajinan. Bisa menanam bunga, pohon pelindung, atau tanaman yang termanfaatkan kayunya, seperti jati, dsb.
  7. Keperluan penghuni rumah. Biasanya memanfaatkan halaman dengan penataan taman dan untuk refreshing dan lainnya.

Kedepannya pekarangan dapat berfungsi lebih yaitu bisa melakukan penanaman yang monokultur. Yang pada akhirnya pekarangan menjadi kebun buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman hias.

Oleh karena fungsinya yang sangat luas tersebut, maka pekarangan sering mendapat julukan, seperti lumbung hidup, warung hidup, apotik hidup, taman sari, ataupun wisma sari.

Ahli hidrologi memberinya nama watershed, ahli geografi menamakanya biospher dan ahli sosiologi menganggapnya sebagai usaha keluarga.

Sayur-sayuran memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama sayuran-sayuran hijau karena mengandung protein nabati, zat besi, vitamin A,B,C,dan serat.

Kita dapat menanami pekarangan dengan berbagai macam sayuran, yang apabila dapat terkelola dengan baik merupakan sumber pendapatan bagi keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *