Bibit Benih

Budidaya Cabe Terano F1 Produk Matahari Seed

Pemilihan Benih Cabe

Pemilihan benih cabe berkualitas perlu dilakukan agar nantinya tanaman cabe yang tumbuh memiliki kualitas yang baik. Benih cabe dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih Cabe

Penyemaian benih cabe dilakukan menggunakan tray semai atau baki plastik. Di dalam baki atau tray diberi media berupa campuran cocopeat, psir dan sekam bakar.

Media diberi air agar lembab. Jika sudah beri lubang pada media semai dan masukkan benih ke dalamnya lalu tutup.

Jaga kelembaban media semai dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun untuk siap dipindah tanam.

Penanaman di Media Hidroponik

Penanaman media hidroponik bisa dilakukan menggunakan bekas botol air mineral agar hemat dan juga ikut mengurangi pencemaran sampah plastik.

Botol air mineral dipotong menjadi dua bagian. Bagian yang ada tutupnya diberi beberapa lubang. Jika sudah isikan media tanam cocopeat dan sekam yang telah dicampur ke bagian botol yang ada tutupnya tadi.

Jika sudah bagian satunya lagi diberi cairan nutrisi. Jika sudah letakkan sisi yang ada media sekam tadi diatas bagian botol yang berisi air.

Jika sudah pindahkan benih dari media penyemaian ke media penanaman hidroponik dengan berhati – hati agar tidak merusak akar tanaman cabe.

Letakkan media tanam hidroponik di tempat yang teduh dari air hujan tetapi tetap terkena sinar matahari.

Perawatan Tanaman Cabe

Perawatan tanaman cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk dan menghindarkan dari hama dan penyakit yang menyerang.

Penyiraman dan pemupukan dapat dijadikan satu dengan cara memberikan pupuk cair atau nutrisi hidroponik cabe. Nutrisi dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Jika terdapat hama seperti ulat, kumbang dll segera lakukan penyemprotan menggunakan pestisida dengan teratur dan tidak berlebihan.

Pemanenan Cabe

Pemanenan cabe hidroponik dilakukan ketika tanaman berumur 2 bulan atau 2 bulan lebih beberapa hari setelah penanaman.

Cabe yang baik dipetik adalah cabe yang berwarna agak kemerahan yang menandakan cabe sudah siap di panen.

Penyakit dan Hama Pada Tanaman Cabe

Penyakit dan hama pada tanaman cabe dapat merusak tumbuh kembang tanaman yang mengakibatkan kerugian yang dialami oleh petani.

Berikut adalah penyakit dan hama pada tanaman cabe :

Penyakit Tanaman Cabe

Penyakit yang menyerang tanaman cabe bisa berasal dari organisme seperti bakteri, virus dan juga jamur. Berikut adalah penyakit yang menyerang tanaman cabe :

Bercak Daun

Penyebab dari bercak daun adalah jamur Cercospora capsici. Ditandai dengan bercak bundar berwarna abu – abu pinggiran coklat yang ada pada daun.

Penyakit ini menyerang karena kelembaban yang terlalu tinggi, biasanya terjadi dimusim hujan. Penanggunalan serangan bercak daun bisa menggunakan fungisida.

Antraknosa (Patek)

Penyebabnya dalah cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides. Penyakit ini menyerang batang, buah pada tanaman cabe. Penanggulangan antraknosa bisa dilakuka dengan menggunakan fungisida.

Busuk Cabang

Penyebabnya adalah jamur Phytophthora capsici. Penyebaran busuk cabang pada musim hujan lebih cepat.

Busuk Kuncup

Penyebabnya adalah cendawan Choanosearum sp. Penyakit ini memiliki gejala kuncup tanaman cabe berubah warna menjadi hitam dan mati.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024