Bibit Benih

Budidaya Cabe Terano F1 Produk Matahari Seed

Menjaga Kesehatan Paru – paru

Kandungan vitamin A pada cabe bermanfaat mengurangi peradangan pada paru – paru. Saluran nafas di paru – paru akan melebar jika mengkonsumsi cabe dan hal ini dapat mengurangi asma.

Menurunkan Berat Badan

Di dalam cabe terdapat kandungan capsaicin. Capsacin ini dapat mengurangi asupan kalori sehingga cocok untuk yang sedang program diet.

Baca Juga : Jual Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang

Peluang Usaha Budidaya Cabe

Peluang usaha budidaya cabe masih diminati banyak petani. Hal ini dikarenakan karena cabe menjadi kebutuhan bahan makanan dan bumbu masakan yang ada di masyarakat.

Selain diolah menjadi bahan makanan dan bumbu masakan. Cabe juga banyak diolah menjadi produk cabe siap saji dalam bentuk saos maupun bubuk cabe.

Hal ini masih membuka untuk peluang usaha budidaya cabe. Usaha budidaya cabe dapat dilakukan di lahan pertanian, kebun maupun sekitar rumah.

Cara Menanam Cabe

Cara menanam cabe berikut ini bisa dilakukan di sawah, kebun maupun lahan sekitar rumah. Lokasi penanaman harus cukup persediaan air dan sinar matahari.

Lokasi penanaman berada antara 300 – 2.000 Mdpl. Untuk Ph tanah baiknya antara 5 sampai 7 agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Berikut adalah cara menanam cabe :

Pemilihan Benih

Pemilihan benih di awal sebelum penanaman perlu dilakukan agar cabe yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Benih cabe berkualitas bisa Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih

Setelah mendapatkan benih yang berkualitas selanjutnya adalah penyemaian benih. Penyemaian benih bisa menggunakan polybag berukuran kecil.

Polybag diisi dengan tanah yang telah di campurkan dengan kompos. Sebelum memasukkan ke polybag benih cabe direndam dengan air dahulu.

Jika sudah beri lubang ditengah media polybag yang sudah diisi tanah dan campuran kompos sedalam 1 cm.

Masukkan benih ke dalam lubang dan tutup lubang. Beri sedikit air agar benih tumbuh dengan baik. Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun.

Penanaman di Lahan

Jika benih cabe yang telah disemai telah berkecambah dan tumbuh helai daun. Selanjutnya adalah pemindahan di lahan penanaman.

Jika menggunakan lahan persawahan atau kebun maka tanah digemburkan terlebih dahulu dan di campur dengan kompos.

Atau bisa juga menggunakan polybag dengan ukuran agak besar untuk penanaman dengan lahan kecil disekitar rumah.

Polybag diisi tahan, kompos dan juga sekam sebagai media penanamannya. Beri lubang sesuai ukuran benih yang di semai pada lahan penanaman. Masukkan benih kedalam lubang dan padatkan hingga lubang tertutup rapat.

Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk dan penyemprotan pestisida jika terdapat hama atau penyakit yang menyerang.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik/kompos atau bisa juga menggunakan pupuk anorganik. Pupuk diperlukan tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar dapat tumbuh dengan optimal.

Penyiraman dilakukan agar lahan tidak kering. Tetapi penyiraman juga harus memperhatikan kondisi apakah terlalu basah atau tidak agar lahan tidak terlalu lembab.

Jika terdapat gulma yang mengganggu segera bersihkan agar tidak mengganggu tumbuh kembang tanaman cabe.

Jika terdapat hama seperti ulat, kumbang dll segera semprot dengan pestisida dan tidak berlebihan. Pestisida bisa Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Pemanenan Cabe

Pemanenan cabe dilakukan ketika tanaman berusia kurang lebih 2 bulan sampai 3 bulan. Pemanenan dilakukan ketika pagi hari.

Baca Juga : Cabe Baja MC F1 Baru Benih Panah Merah

Hidroponik Cabe Terano F1

Hidroponik cabe dapat dilakukan di lahan seadanya disekitar rumah dan masa panen biasanya lebih cepat dibanding menanam di lahan biasa.

Cara Menanam Cabe Hidroponik

Cara menanam cabe hidroponik hampir sama dengan menanam cabe di lahan persawahan. Yang membedakan hanya luas lahan dan media penanamannya.

Berikut adalah cara menanam cabe hidroponik :

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024