Categories: Pertanian

Urban Farming dan Perkembangannya di Indonesia

  • Dekontaminasi Tanah

Banyak sekali ruang terbuka perkotaan di zaman sekarang sering dijadikan tempat pembuangan sampah. Padahal, ruang terbuka tersebut merupakan tempat air terakumulasi.

Pemanfaatan Urban Farming dengan menggunakan ruang terbuka ini akan mampu meremediasi kondisi tanah dalam usaha pertanian non pangan .

Proses tersebut yang dinamakan dengan proses fitoremediasi  nantinya tanaman akan diseleksi untuk mendapatkan jenis tanaman yang memiliki beberapa kemampuan seperti kemampuan menyerap, mendegradasi serta mengubah senyawa toksik inert dari tanah.

Senyawa kimia target berupa logam – logam berat yang terdapat di dalam tanah contohnya seperti timah hitam, raksa, untuk senyawa anorganik contohnya seperti uranium dan arsen, dan senyawa organik contohnya seperti organoklorida dan minyak bumi.

Fitoremediasi sudah terbukti hemat biaya, efisien, serta sangat ramah lingkungan dalam menggunakan energi untuk mengurangi tingkat pencemaran lingkungan. Kebutuhan biaya untuk Fitoremediasi cukup kecil, yakni sekitar 5 dollar sampai dengan 40 dollar per ton tanah yang diremediasi.

Urban Farming dapat pula digunakan sebagai sebuah cara untuk meremediasi pencemaran kimiawi serta mampu mencegah bahan – bahan kimia tersebar ke lingkungan sekitar.

Dengan menguncinya dalam tanaman yang ditanam di lahan tersebut, bahan – bahan kimia yang terkandung dalam tanah tidak akan mampu berpindah dan terserap ke dalam tanaman melalui aliran air tanah dan aliran air permukaan.

Jenis tanaman yang digunakan dalam proses Fitoremediasi tidak cocok digunakan sebagai bahan pangan, namun tanah yang diremediasi jika telah selesai dapat ditanami tanaman pertanian penghasil bahan pangan.

  • Efisiensi Energi

Industri Pertanian di zaman sekarang sangat membutuhkan energi cukup besar, dimana penggunaannya paling besar digunakan oleh bidang transportasi dan distribusi hasil pertanian.

Jarak rata – rata yang perlu ditempuh bahan makanan mulai dari lahan pertanian hinga siap disajikan adalah sejauh 1500 mil. Dimana jika dihitung dengan menggunakan kemampuan angkut dari truk trailer akan menghabiskan bahan bakar fosil sebesar 1 galon per 100 pon bahan makanan yang diangkut truk tersebut.

Jika tidak ada bahan pangan dari daerah setempat maka harus mengambil dari daerah lain yang lebih jauh. Dengan jarak lebih jauh maka penggunaan bahan bakar akan meningkat sebesar 4 hingga 17 kali lebih banyak serta mengeluarkan emisi karbon yang lebih banyak.

Dengan mengurangi jarak yang dilalui akan mampu menurangi penggunaan bahan bakar fossil. Bahan bakar fosil yang digunakan nantinya akan berkurang dengan upaya penghematan terdebut.

50000 metrik ton karbon dioksida (setara dengan emisi 16191 mobil di jalanan) bisa dikurangi dari jumlah emisi dari sektor transportasi bahan makanan berdasarkan studi perpindahan bahan pangan secara lokal.

Dengan menurunnya penggunaan energi, jejak karbon dari sebuah kota juga ikut berkurang. Urban Farming dapat menjadi pembenam karbon (carbon sink) dan sekuestrasi karbon yang mampu menyerap emisi karbon dimana biasanya kadarnya sangat tinggi di daerah perkotaan.

Tetapi usaha ini sangat bergantung pada jenis tanaman yang ditanam, terutama yang berhijau daun hingga waktu panen.

Baca Juga : KK Cross Raja Kubis Dataran Rendah

Manfaat Urban Farming

Manfaat Urban Farming bisa dirasakan seiring waktu pelaksanaan sistem ini. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari Urban Farming, contohnya seperti :

  • Estetika kota menjadi lebih baik dan meningkat

Kawasan ruang hijau Urban Farming dapat menambah dan meningkatkan keindahan dan estetika dalam tata ruang kota

  • Sebagai penghasilan tambahan bagi penduduk kota
  • Bahan pangan yang tersedia lebih segar saat sampai ke konsumen perkotaan

Hasil bahan pangan dari sistem pertanian ini akan lebih segar saat sampai ke konsumen karena jarak tempuh lebih dekat

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024