Jual

JUAL BENIH CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 F1 HIBRIDA

Cabai cabe merah adalah jenis cabai paling sering dipakai untuk tambahan bumbu masakan. Untuk cabe merah terbagi dalam 2 jenis yaitu cabe besar dan cabe keriting.

Cabe merah besar warna kulitnya merah menyala dengan bentuk  besar, gemuk, panjang dan ujung lancip. Cabe merah biasanya diolah dengan cara diuleg, digerus atau diblender untuk menghaluskannya.

Sebagai campuran bumbu masakan seperti sambal goreng, rendang, balado, ayam rica-rica dan masakan berbumbu pedas lainnya. Kulit cabe besar tebal dan kokoh dan biasanya dipakai juga untuk garnish atau hiasan makanan.

Cabe merah keriting memiliki bentuk keriting, warna kulit merah terang. Ukurannya panjang dan lancip namun diameternya lebih kecil dari cabe merah besar. Perkembangan pemuliaan tanah menghasilkan benih cabe merah keriting  berasa pedas.

Cabe merah keriting ini dulu hanya dimanfaatkan sebagai campuran tumus dan dipotong serong. Namun beberapa daerah justru banyak menggunakan cabe keriting membuat sambal atau bumbu halus membuat masakan pedas.

Cabe hijau merupakan cabe merah  dipanen saat masih muda dan berwarna hijau. Juga ada 2 jenis yaitu cabe besar dan cabe keriting. Cabe hijau besar biasanya dipakai untuk campuran tumisan, diiris serong. Atau juga lezat dibuat sambal hijau khas masakan padang.

Cabe hijau keriting bentuknya sama dengan cabe merah keriting. Dipanen saat masih muda dan kulit berwarna hijau. Ternyata menurut Ahli, bahwa cabe hijau justru mengandung antioksidan lebih tinggi dari cabe merah atau cabe sudah tua/matang.

BACA JUGA : Cabe Rawit Merah Kaya Manfaat dan Mudah Cara Tanamnya

PELUANG USAHA BUDIDAYA CABE MERAH KERITING

Cabe merah  dan juga jenis cabe lainnya seperti cabe rawit adalah jenis komoditi pertanian sering mengalami fluktuasi harga. Harga cabe merah terkadang mengalami kenaikan  drastis namun juga dapat menurun drastis.

Harga cabe  naik drastis biasanya disebabkan permintaan cabe  meningkat terutama pada hari-hari besar, namun stok cabe di pasaran tidak dalam jumlah besar. Sehingga kebutuhan masyarakat tidak dapat dijangkau semuanya.

Cabe merah juga merupakan salah satu tanaman rentan serangan hama dan penyakit juga perubahan cuaca yang berubah tiba-tiba. Budidaya cabe merah mudah namun butuh keuletan dan ketelatenan.

Bila saat panen tiba dan ternyata harga cabe merah sedang tinggi maka kita akan mendapatkan keuntungan  sangat besar dan bisa berkali-kali lipat dari harga normalnya. Biasanya saat panen di musim hujan, harga cabe akan naik namun demikian tantangan  dihadapi budidaya cabe merah di musim hujan cukup berat.

Saat musim hujan, hama dan penyakit berkembang cepat dan menyerang tanaman cabe sampai cukup membuat repot Petani. Banyak petani  memilih menanam cabe di musim kemarau meskipun  harga jual yang tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA : CABAI F1 INKO 99 SEMPURNA DI DATARAN RENDAH DAN TINGGI

MENANAM CABE MERAH KERITING PHOENIX 55 DARI ROYAL SEED

PUPUK NPK CABE MERAH KERITING

Cabe merah adaptasi tumbuh baik di dataran rendah, menengah sampai pada ketinggian 1400 m dpl masih dapat tumbuh namun  hasil  kurang baik. Suhu ideal untuk cabe merah adalah antara 24 °C sampai 28 °C.

Suhu udara <15 °C dan >32 °C dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan cabe merah. Curah hujan yang dikehendaki  yaitu 800 – 2000 mm/tahun  dan pH tanah 6 – 7. Kelembaban udara  sesuai adalah 80%.

Benih dipilih untuk menanam cabe merah keriting harus disesuaikan  kebutuhan dan lokasi lahan kita. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual murah benih bibit berkualitas dan memiliki keunggulan seperti tahan virus dan penyakit.

Selanjutnya adalah membuat persemaian dan menyiapkan lahan untuk menanam cabe merah keriting Phoenix 55. Metode persemaian  menggunakan polibag karena menanam di polibag pemeliharaan tanaman dapat lebih intensif bila dibandingkan persemaian sistem tabur pada bedengan.

Sistem tabur mengakibatkan banyak benih saling berhimpit dan tidak mau berkecambah. Persemaian juga dapat dilakukan pada bedengan namun penanamannya dengan cara benih ditanam berbaris dan dibuat alur. Perhatikan agar benih tidak saling bertumpukan.

Persiapkan tanah, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Bisa juga media semai hanya tanah dan pupuk kandang/kompos ( 1 : 1 ). Sebelumnya, tanah dan pupuk kandang harus diayak hingga halus setelah itu dicampur hingga merata.

Siapkan polibag ukuran kecil dan masukkan media semai dalam polibag sampai hampir penuh. Letakkan dan tata yang rapi polibag-polibag semai ditempat yang teduh dan terlindungi. Bila perlu pasanglah naungan untuk melindungi bibit dari hama, hujan dan terik matahari.

Benih cabe Phoenix 55 F1 dapat langsung dibenamkan pada media semai sedalam 0,5 cm lalu tutup dengan campuran tanah dan pupuk kandang tadi. Basahilah media dengan air bersih agar kelembaban bisa terjaga. Lakukan penyiraman rutin setiap hari sampai benih siap dipindahkan.

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024