Cara

Merawat Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat Dan Subur

Cara Merawat Pohon Cabe Di Kebun

Setelah bibit petani tanam, kegiatan selanjutnya adalah merawat benih cabe agar menghasilkan buah yang lebat dan tanaman menjadi subur.

Pohon cabe rutin petani siram setiap 5 hari sekali dan menyesuaikan dengan kondisi tanaman dan cuaca. Bila cuaca sangat, penyiraman dapat dipendekkan intervalnya.

Amati bibit tanaman yang baru petani pindahkan sampai 1 minggu pertama, bila ada tanaman yang rusak maka harus segera petani ganti dengan bibit tanaman yang baru dan segar/sehat.

Rutin juga untuk melakukan penyiangan, yaitu membersihkan areal kebun dari gulma. Adanya gulma dapat merugikan pertumbuhan pohon cabe, terjadinya persaingan nutrisi dan gulma yang menjadi tanaman inang.

Pemasangan ajir/lanjaran penting untuk menopang berdirinya tanaman cabe agar bisa tegak. Pemasangan ajir petani lakukan 1 minggu setelah penanaman bibit tanaman. Ajir petani tancapkan dengan jarak 5 cm dari pangkal batang.

Setelah tanaman pohon cabe sudah tinggi sekitar berumur 1 bulan, batangnya petani ikatkan pada ajir menggunakan tali salaran yang dapat Anda beli pada Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Pemberian pupuk susulan pada pohon cabe menggunakan Pupuk Organik Cair ( POC ) sebanyak 1 kali seminggu dengan cara pengocoran. Pemupukan juga bisa petani lakukan 2 minggu sekali atau minimal 8 kali pemupukan hingga panen berakhir.

Pemberian pupuk dengan sistem kocor pada setiap lubang tanam dan kocorkan sebanyak 100 ml. Bisa juga petani tambahkan pupuk NPK dalam larutan POC tadi.

Pemangkasan petani lakukan terhadap batang yang sudah tidak produktif lagi. Gunanya untuk merangsang tumbuhnya batang yang baru.

Pemangkasan juga petani lakukan pada tunas ketiak daun yang petani lakukan pada umur 1 bulan setelah penanaman. Gunanya untuk merangsang pembungaan.

Pemangkasan petani lakukan sampai terbentuk cabang utama yang memiliki ciri seperti munculnya bunga pertama atau kedua. Cara pemangkasan menggunakan gunting pangkas yang bersih dan tajam.

Baca Juga : Cabe Kitaro Unggul Daerah Panas dan Tahan Virus

Menanam Pohon Cabe Bibit Hibrida

Benih Cabe Rawit F1

Budidaya pohon cabe Panex F1 cocok petani lakukan pada dataran tinggi, benih Panex F1 ini juga toleran suhu panas dan penyakit layu bakteri dan serangan Phytophtora.

Tanaman berpotensi menghasilkan 1 – 1,5 kg/tanaman atau 16 – 25 ton/ha.

Budidaya pohon cabe Columbus produk BISI International dengan merk dagang Cap Kapal Terbang.

Benih cabe Columbus memiliki adaptasi yang luas dari dataran rendah sampai tinggi. Tahan penyakit layu bakteri, jamur dan bakteri serta virus Gemini. 

Budidaya pohon cabe Rimbun 3 yaitu cabe keriting produk BISI International. Cabe keriting Rimbun 3 memiliki adaptasi yang luas namun paling ideal petani tanam pada dataran rendah. Perawatan menanam pohon cabai Rimbun 3 mudah sehingga cocok bagi pemula.

Menanam tanaman cabe benih Horison dan Flash 750 adalah benih bibit tanaman yang tahan petani tanam pada musim hujan. Cabe saat masak bentuknya ramping dan sedikit bergelombang. Cabe yang masak apabila ditekan sedikit lunak dengan tekstur yang agak lemas.

Menanam pohon cabai benih bibit TM 999 dari TM Seeds merupakan benih yang merajai pasar benih cabe keriting. Memiliki adaptasi luas dari dataran rendah sampai tinggi. Tahan penyakit Antraknosa dan layu. Cabe keriting TM 999 tahan pengangkutan jarak jauh.

Budidaya pohon cabe benih bibit hibrida Raga 2 Cap Kapal Terbang dari BISI International. Adalah jenis cabe rawit yang berukuran besar dengan masa panen yang pendek yaitu 60 hari setelah tanam. Potensi hasil panennya 1 kg/tanaman.

Baca Juga : Penanggulangan Patek (Antraknosa) Pada Tanaman Cabai

Layu Fusarium Penyakit Pohon Cabe

Gejala serangan Layu Fusarium menyebabkan daun cabe menguning mulai dari bagian bawah lalu menjalar ke atas hingga ranting yang muda. Warna jaringan dalam batang dan akar berwarna coklat.

Bagian tanaman yang terinfeksi tertutup hifa putih seperti kapas. Bila infeksi meluas, tanaman akan menjadi layu dan apabila terjadi pada tanaman yang akan berbuah, tanaman masih bisa berbuah. Bila serangan sudah sampai batang maka buah yang kecil akan gugur.

Pengendalian :

  • Sanitasi dengan cara mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang.
  • Pengendalian menggunakan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp. yang petani aplikasikan bersama pemupukan dasar.
  • Menggunakan anti jamur dan bakteri Arashi, efektif dan efisien mencegah penyakit layu akibat bakteri dan jamur.
  • Menyemprotkan fungisida dengan dosis sesuai anjuran. Dapat berkonsultasi dengan Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Baca Juga : Strategi Jitu Mencegah Rontok Bunga Pohon Cabe

Layu Bakteri Penyakit Tanaman Cabe
Penyakit Pada Pohon Cabe

Layu bakteri Ralstonia disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Serangan bakteri yang berat dapat menyebabkan kematian dan gagalnya panen hingga menimbulkan kerugian besar. Bakteri Ralstonia solanacearum bersifat merusak ( destruktif ).

Memiliki tanaman inang yang banyak seperti tanaman budidaya ( cabe, tomat, kentang, kacang tanah dan pepaya ), tanaman hias dan gulma tropis dan subtropis.

Gejala layu pada tanaman muda tampak pada daun pucuk tanaman.

Serangan pada tanaman tua terjadi layu permanen seluruh daun tanaman. Warna daun tetap hijau namun sedikit kekuningan. Serangan bakteri menyebabakan buah busuk dan berwarna kekuningan.

Penyakit berkembang cepat saat musim hujan dan ditularkan melalui benih, tanah, alat pertanian, pengairan dan sisa tanaman sebelumnya. Serangan cepat meluas bila di dataran rendah.

Pengendalian :

  • Kultur teknis yaitu melakukan pergiliran tanaman, tumpang sari, menggunakan benih sehat, sanitasi kebun dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang sakit.
  • Memanfaatkan agen antagonis Trichoderma spp. dan Gliocladium spp. yang diaplikasikan bersama pupuk dasar.
  • Menggunakan anti jamur dan bakteri Arashi.
  • Menggunakan bakterisida sesuai anjuran.
Hama Thrips Pada Pohon Cabe

Hama Thrips mudah petani lihat secara kasat mata, bentuknya kecil panjang seperti semut. Warnanya ada yang hitam, ada yang hijau. Gerakan hama ini cepat dengan cara meloncat.

Gejala serangan : daun menjadi keriting dengan lekukan menggulung ke atas. Bunga cabe menjadi rontok dan pada permukaan daun tampak lapisan mengkilat seperti perak.

Pengendalian :

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024