Cara

Budidaya Tanaman Bengkuang Yang Baik Dan Benar

Cara Budidaya Tanaman Bengkuang

1. Persiapan lahan tanama bengkuang :

Olah terlebih dahulu Lahan untuk budidaya tanaman Bengkuang dengan cara mencangkul. Cangkulan tanah harus baik dan halus, kemudian buat bedengan.

Bedengan yang terbuat harus sesuai dengan keadaan lahan yang ada, namun biasanya buat bedengan dengan lebar 1 meter, panjang 15 meter sampai 20 meter.

Atau sesuaikan dengan keadaan lahan yang ada, tinggi bedengan 25 cm, jarak antar bedengan 50 cm.

Buat bedengan dengan lebar 1 Meter dengan panjang 15-20 meter. Kemudian berikan pupuk kandang (pupuk organik) sebanyak 4 Karung, Dolomit 5 Kg, Za 3 Kg, SP 36 1 Kg, KCL 0.5 Kg.

Cara menanam bengkuang pada saat pemberian pupuk kandang, dolomit dan pupuk dasar yaitu dengan meletakkan atau memasangnya pada barisan yang akan kita tanam dengan bengkuang dengan tujuan agar lebih hemat hingga efisien.

2. Cara Menanam Bengkuang :

Cara menanam bengkung bisa kita lakukan dengan biji. Namun cara menanam bengkuang dengan umbi juga bisa kita lakukan walaupun jarang petani lakukan. 

Sebelum tanam biji bengkuang sebaiknya lakukan perlakuan dulu, yaitu dengan merendam benih selama 6 – 12 jam.

Selanjutnya benih yang telah terendam angkat dan tiriskan kedalam wadah atau bakul dengan memberi alas dengan daun terlebih dahulu.

Kemudian letakkan pada ruang yang lembab atau basah, dan selanjutnya biarkan selama satu malam atau sampai berkecambah.

Setelah berkecambah benih dapat tanam pada lahan yang telah dipersiapkan. Penanaman bengkuang dengan cara tugal benih pada barisan dengan kedalaman 5 cm.

Jarak tanam 25 x 25 cm yang setiap lubang tanam 1 biji benih bengkuang. Kebutuhan benih untuk lahan 1 ha adalah 25 – 30 kg.

Jika petani serta pembaca semua membutuhkan benih unggul bengkuang terbaik dengan kondisi terbaru harga murah segera hubungi toko pertanian Lmga Agro SMS / WA : 081 252 22117.

3. Pemeliharaan Tanaman Bengkuang :
  • Pemupukan Susulan

Lakukan pengamatan tanaman selama pertumbuhan dengan teratur dan intensif.

Perlu untuk mengamati seminggu setelah penanaman apabila ada tanaman yang tidak tumbuh, segera lakukan sulam tanaman.

Agar tanaman bengkuang tumbuh merata dengan baik serta seragam, maka perlu siapkan tanaman cadangan pada polibag ukuran 6 x 8 Cm.

Sehingga apabila ada yang tidak tumbuh bisa langsung memindahkannya.

Tanaman bengkuang setelah berumur 1 bulan, bila pertumbuhan kurang baik, maka lakukan pemberian pupuk susulan dengan menggunakan pupuk NPK. Kebutuhan pupuk NPK 100 kg/ha.

Pemupukan terakhir (Pupuk Tutup) lakukan pada saat tanaman berumur 3 bulan dengan dosis pupuk per Ha menggunakan : Za 30 Kg, SP 36 50 Kg dan KCL 30 Kg.

  • Penyiangan

Perlu melakukan siang tanaman apabila gulma penggangu tanaman telah tumbuh, dengan cara mencabut atau dengan alat dengan cara mendangir.

Adanya rumput liar membuat tanaman bengkuang kurang sehat dan produksi rendah.

  • Pemangkasan

Tanaman bengkuang umur 6 – 8 minggu lakukan pemangkasan dengan menggunakan alat pemangkasan, yaitu gunting atau pisau.

Bila tanaman bengkuang telah menjalar panjang, pangkas batang tanaman atau potong dan tinggalkan 50 cm dari pangkal tanaman. Wiwil tanaman ini kita lakukan 2 hingga 3 minggu sekali.

Ulangi pemangkasan setelah tiga minggu atau melihat pertumbuhan tanaman. Apabila tanaman telah menjalar panjang, maka segera lakukan pemangkasan lagi.

Tanaman bengkuang pada umur 4 bulan biasanya telah melakukan pemangkasan sebanyak 4 kali.

Adapun tujuan pemangkasan tanaman bengkuang adalah untuk membentuk umbi agar buah bengkuang bentuknya biar sesuai dengan yang kita kehendaki atau buahnya besar, bulat, halus hingga punya kualitas terbaik.

Penanganan Dan Perawatan Tanaman Bengkuang Dari Hama Dan Penyakit
  • Pengendalian Hama

Apabila terdapat gangguan hama pada tanaman bengkuang, yaitu tandanya adanya serangan pada daun, maka dapat mengendalikannya dengan menyemprot insektisida.

Biasanya tanaman bengkuang tidak banyak hama yang merusak tanaman, namun perlu melakukan pengamatan secara intensif. Jaga agar tanaman bengkuang terhindar dari serangan hama.

  • Serangan Penyakit

Jika kita usaha tanaman bengkuang melewati musim hujan kita akan menemukan serangan becak atau busuk pada daun.

Gunakan fungisida sistemik dan kontan secara bergantian untuk pencegahan terbaik.

  • Panen Buah Bengkuang

Tanaman bengkuang dapat panen pada umur 4 bulan. Namun apabila menghendaki buah bengkuang dengan ukuran lebih besar maka lakukan panen pada umur 5 bulan dan maksimal umur 8 bulan harus sudah panen.

Karena mutu buah akan berubah yaitu buahnya berserat dan kurang renyah.

Cara panen tanaman bengkuang yaitu dengan cara mencabut batang tanaman.

Apabila lahan kering dan tidak gembur, maka caranya lakukan dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya untuk mengangkat buah bengkuang ke permukaan.

Bengkuang yang telah terangkat ke permukaan langsung kumpulkan, kemudian potong pada pangkal buah dan batang tanaman juga potong.

Namun tinggalkan ujung buah 15 cm, tujuannya untuk pengikatan buah bengkuang pada waktu pemasaran.

Lakukan perlakuan terhadap bengkuang yang telah panen yaitu sebagai berikut :

  • Bersihkan dengan cara mencuci agar buah bengkuang bersih, nampak baik, sehat, mulus sehingga menarik pembeli.
  • Lakukan pengeringan dengan cara menghamparkan pada ruangan terbuka dengan memberikan alas/tikar terlebih dulu dan selanjutnya bersihkan dari akar dan batang yang masih ikut terbawa dengan menggunakan pisau.
  • Sortasi dan kelompokkan buah atas dasar buah yang besar, sedang dan kecil untuk memudahkan dan mempercepat waktu pengikatan buah.
  • Buah bengkuang memasarkannya dalam satuan ikat. Seikat bengkuang terdiri 2 hingga 5 buah bengkuang, tergantung besar kecilnya buah bengkuang. Kalau buah bengkuang yang sedang 3 – 4 buah/ikat.
  • Sebelum memasarkannya biarkan bengkuang pada tempat terbuka, jangan menyimpan dalam karung yang tertutup, supaya buah bengkuang tetap dalam keadaan segar.

Belanja Online Benih Bengkuang Terbaik Harga Murah LMGA AGRO

Jual Benih Bengkuang Terbaik,/strong>

Apabila pembaca semua ada yang kurang jelas dan membutuhkan benih unggul Bengkuang, silakan Hubungi Toko Pertanian terdekat LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi).

Penyedia Benih, Bibit, Obat dan Alat Pertanian dengan harga murah dan bersaing dan siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Kontak Person LMGA AGRO CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Page: 1 2 3 4

lmgaagro
Share
Published by
lmgaagro

Recent Posts

Proses Pertumbuhan Bawang Merah Sanren F1 Panen Melimpah

Proses Pertumbuhan Bawang Merah Sanren F1 Hasil Panen Melimpah. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

Maret 23, 2024

Jual Pupuk Terong Agar Bunga Tidak Rontok Dan Berbuah Lebat

Jual Pupuk Terong Agar Bunga Tidak Rontok Dan Berbuah Lebat. 082141747141 ( melalui telp )… Read More

Maret 21, 2024

Tanaman Cabe Umur 30 hari Berpengaruh Penting Bagi Petani

Tanaman Cabe Umur 30 hari Berpengaruh Penting Bagi Petani. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk SMS/WA).… Read More

Maret 19, 2024

Jual Pupuk Tomat Masa Generatif Terbaik Menambah Hasil Panen

Jual Pupuk Tomat Masa Generatif Terbaik Menambah Hasil Panen. 082141747141 (nomor Telp) 081-252-221-17 (nomor SMS/WA).… Read More

Maret 17, 2024

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Cabai Basmi Hama Tanaman

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Cabai Basmi Hama Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro (0821-4174-7141)… Read More

Maret 15, 2024

Jual Pupuk Untuk Cabe Yang Sudah Berbuah Naikkan Produktivitas

Jual Pupuk Untuk Cabe Yang Sudah Berbuah Naikkan Produktivitas. 0821-4174-7141 (Via Telepon) 0812-5222-117 (Via SMS/WA).… Read More

Maret 13, 2024