Categories: Bibit Benih

Metavy Benih Mentimun Tahan Virus Dari Cap Panah Merah

Hama Tanaman Mentimun

Hama yang pernah ada dan menyerang tanaman mentimun antara lain kutu daun Aphis gossypii (Hemiptera: Aphididae), trips Thrips parvispinus (Tysanoptera: Tripidae). kutu kebul Trialeurodes vaporariorum (Hemiptera: Aleyrodidae), lalat pengorok daun Liriomyza huidobrensis (Diptera: Agromyzidae).

Kumbang daun Aulacophora similis (Coleoptera: Chrysomelidae), dan ulat daun Diaphania indica (Lepidoptera: Pyralidae).

Selain itu gejala buah bengkok juga pernah menjumpainya, dengan dugaan penyebabnya oleh serangan kepik Leptoglossus australis (Hemiptera: Coreidae). 

Penyakit-penyakit penting yang terdapat pada lahan pertanaman mentimun adalah layu yang penyebabnya nematoda puru akar Meloidogyne arenaria, embun bulu yang penyebabnya Pseudoperonospora cubensis.

Bercak daun yang penyebabnya Alternaria sp. dan Colletotrichum sp. dan penyakit mosaik mentimun yang penyebabnya Cucumber Mosaic Virus (CMV).

Serangga hama yang banyak menimbulkan kerusakan berat dan kehilangan hasil panen adalah lalat pengorok daun L. huidobrensis dan kutu daun A. gossypii.

Kehilangan hasil panen juga terjadi karena munculnya gejala buah bengkok, yang sebagian diduga disebabkan oleh serangan kepik L. australis. 

Virus pada tanaman Cucurbitaceae dapat menyebabkan kegagalan panen dan kerugian ekonomi yang tinggi.

Salah satu virus yang terdapat pada Cucurbitaceae dan terbawa benih adalah Squash mosaic virus. SqMV berbahaya karena dapat menyebabkan kerugian yang sangat tinggi dan menjadi penghambat bagi negara penanam Cucurbitaceae seperti Indonesia.

Penyakit Akibat Virus Yang Menyerang Timun

Saat ini permasalahan yang banyak menyebabkan kerugian pada Indonesia adalah adalah penyakit yang penyebabnya oleh Virus.

Penyakit itu seperti yang saya sampaikan pada atas namanya Cucumber Mosaic Virus (CMV) dan Squas mosaic virus (SqMV).

Pada beberapa daerah sentra produksi timun Jawa Timur seperti Kabupaten Kediri, Blitar, Tulungagung dan Nganjuk, virus  tanaman ini menjadi momok dan penyakit yang paling petani takuti.

Karena sudah banyak menyebabkan kerugian dan kerusakan pada tanaman dalam waktu yang relatif cepat.

Bahkan kalau daerahnya sudah endemik serangan Virus (CMV) dan SqMV ini tanaman hanya tumbuh normal sampai umur 30 HST, selanjutnya tanaman Stagnan dan tidak mau tumbuh lagi.

Kondisi permasalahan tersebut pada atas memacu semua perusahaan benih yang berproduksi pada Indonesia, untuk berlomba dan berlari adu cepat untuk bisa menciptakan benih unggul.

Benih yang tahan terhadap serangan virus (CMV) dan SqMV, dan hasilnya saat ini sudah mulai menemukan benih yang tingkatannya tahan dan toleran terhadap serangan Virus yang ada.

Sebagai contoh PT. Bisi International (Cap Kapal Terbang) menemukan benih timun antivirus terbaik Harmony Plus, Hercules Plus dan Pesona 54.

PT. East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah) menemukan benih timun tahan virus Metavy F1, Zatavy F1 hingga Batara F1.

PT. Bintang Citra Asia menemukan benih timun toleran virus Komandan dan Monas, Diamond Seed menemukan timun tahan virus gemini Tirta F1 dan Bhakti F1.

Page: 1 2 3

lmgaagro
Share
Published by
lmgaagro

Recent Posts

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024