Cara

Budidaya Cabe Keriting Peluang Usaha Pertanian Hortikultura

Menyehatkan Paru – Paru

Vitamin A yang terkandung dalam cabe bisa bermanfaat untuk mengurangi radang pada paru – paru. Mengkonsumsi cabe bisa membuat saluran nafas pada paru – paru akan melebar dan dapat mengurangi asma.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit Pada Lahan Sawah, Buah Lebat dan Hasil Melimpah

Budidaya Cabe Keriting Peluang Bisnis Tanaman Hortikultura

Peminat cabe keriting sangat banyak. Untuk memenuhi kebutuhan pasaran maka petani harus membudidayakan cabe keriting pada lahan pertanian miliknya.

Budidaya cabe keriting bisa bermanfaat untuk peluang bisnis tanaman hortikultura. Selain bernilai ekonomi budidaya cabe keriting juga bermanfaat membantu menyediakan kebutuhan cabe keriting pada pasar.

Untuk membudidayakan cabe keriting petani bisa melakukan pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi.

Dalam skala besar petani membudidayakan cabe keriting pada lahan pertanian yang luas agar hasil panen juga banyak.

Sebelum melakukan budidaya petani harus memperhatikan dan menyiapkan beberapa aspek tertentu agar nantinya bisa berhasil dalam budidaya cabe keriting.

Beberapa aspek tersebut adalah kondisi keasaman tanah, benih cabai keriting, pemupukan, pengairan, cuaca dll. Beberapa hal tersebut berpengaruh pada kondisi tanaman cabe keriting nantinya.

Cara Menanam Cabe Keriting

Cara menanam cabe keriting yang baik dan benar sangat perlu agar nantinya tanaman bisa tumbuh dengan optimal dan produktif.

Sebelum melakukan penanaman cabe keriting petani perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini agar hasil budidaya bisa maksimal :

Pemilihan Benih

Sebelum melakukan budidaya tanaman cabe keriting sebaiknya melakukan pemilihan benih. Benih harus unggul dan tahan serangan virus maupun penyakit.

Benih cabe keriting yang tahan virus dan penyakit sangat bermanfaat agar nantinya tanaman cabe rawit bisa terhindar dari serangan penyakit.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih cabe hibrida tahan virus andalan petani dengan harga murah.

Pengolahan Lahan Pertanian

Pengolahan lahan sebaiknya 30 hari sebelum penanaman. Untuk mengolah lahan penanaman bisa dengan menggemburkan tanah dengan cangkul maupun traktor.

Kemudian buat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter, tinggi 20 cm dan panjang menyesuaikan lahan. Jarak antar bedengan sekitar 30 cm.

Selanjutnya adalah memasang mulsa plastik pada bedengan. Jika sudah lanjut memberi lubang pada mulsa plastik. Beri jarak sekitar 25 cm antar lubang.

Penyemaian Benih Cabe Keriting

Sebelum melakukan penanaman benih cabe keriting perlu melalui proses penyemaian terlebih dahulu.
Pertama rendam benih cabe keriting dengan air. Jika sudah tiriskan benih cabe dan kemudian tanam pada media penyemaian.

Media penyemaian bisa berupa campuran tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kandang. Untuk wadahnya bisa menggunakan tray semau maupun polybag berukuran kecil.

Tunggu hingga benih mulai tumbuh beberapa helai bunga. Biasanya kurang lebih selama dua minggu setelah penyemaian baru bisa pindah tanam.

Pindah Tanam

Saat bibit cabe keriting sudah siap maka segera pindah ke lahan penanaman. Masukkan bibit cabe keriting ke dalam lubang pada bedengan yang telah tertutupi mulsa.

Buat lubang mulsa dengan kedalaman tertentu dan pindahkan dengan perlahan agar tidak merusak bibit tanaman cabe. Kemudian tutup kembali bibit yang sudah tertanam.

Perawatan Tanaman Cabe Keriting

Perawatan tanaman cabe keriting berupa penyiraman, pemberian pupuk dan juga pengendalian gulma dan hama yang mengganggu.

Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali setiap pagi dan sore ketika musim kemarau. Jika musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman.

Kemudian pemupukan bisa satu atau dua minggu sekali sampai berbuah. Pemupukan tanaman cabe keriting bisa dengan menggunakan pupuk phonska yang terlarut dalam air sesuai kebutuhan lahan.

Bila terdapat gulma pada sekitar tanaman seger bersihkan agar tidak menghambat pertumbuhan dari tanaman cabe keriting.

Apabila terlihat hama yang menyerang segera semprotkan pestisida sesuai dosis. Penyemprotan pestisida yang berlebihan bisa membuat hama menjadi resisten.

Tancapkan bambu untuk membantu batang ketika menyangga cabe yang sudah mulai berbuah agar tidak roboh. Caranya dengan mengikat batang tanaman cabe dengan tongkat bambu.

Penancapan tongkat bambu bisa saat bibit berumur seminggu setelah pemindahan ke lahan penanaman.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024