Hama dan Penyakit

Pengendalian OPT Pada Usaha Pertanian

Kumbang Bubuk

Hama kumbang bubuk sering merugikan petani dengan cara memakan biji tanaman petani. Kumbang bubuk sering memakan biji kedelai, kacang tanah, beras, dan jagung.

Lalat Buah

Hama lalat buah lebih sering menyerang buah pada tanaman. Lalat buah meletakkan telur pada bagian buah dan kemudian menetas menjadi larva.

Larva dari lalat buah akan memakan buah dan lama kelamaan buah akan berubah menjadi busuk dan berlubang dan akhirnya mati.

Mamalia

Mamalia merupakan hewan menyusui dan berdarah panas. Hewan mamalia juga ada yang menjadi hama tanaman ada juga yang menjadi predator dari hama tersebut.

Hama Tikus

Hama tikus merupakan salah satu jenis mamalia penyebab kerusakan pada tanaman petani. Hal ini karena tikus sering merugikan petani dengan cara memakan buah, biji maupun umbi dari tanaman petani.

Hama tikus sering menyerang tanaman petani pada saat malam hari. Hama tikus sering membuat sarang pada pinggiran lahan pertanian.

Babi

Babi juga merupakan mamalia yang sering merugikan petani. Hama babi biasanya menyerang tanaman petani pada malam hari.

Babi sering memakan bagian buah maupun daun dari tanaman petani. Babi juga kadang memakan umbi pada tanaman.

Bajing / Tupai

Tupai juga merupakan jenis mamalia yang sering menjadi hama bagi tanaman petani. Tupai sering memakan buah tanaman petani untuk menjadi makananya.

Codot / Kelelawar

Hama codot atau kelelawar sering menyerang tanaman petani terutama bagian buahnya. Biasanya kelelawar memakan buah yang bergelantungan dan membiarkannya berlubang.

Hama codot atau kelelawar aktif pada malam hari. Lubang sisa gigitan dari codot dapat berpotensi menjadi tempat bersarangnya hama lain seperti lalat buah.

Nematoda

Nematoda merupakan hewan yang tidak bersekat dan bersifat parasit. Salah satu jenis nematode yang sering merusak tanaman petani adalah cacing.

Cacing Liang

Cacing liang merupakan salah satu jenis nematoda yang merusak tanaman petani. Hama cacing liang berada dalam tanah dan sering menyerang akar tanaman.

Akar tanaman yang terserang cacing liang akan menghambat pertumbuhan tanaman dan membuat tanaman menjadi kerdil.

Penyakit Tanaman

Penyakit tanaman merupakan gangguan yang terjadi pada tumbuhan yang terjadi akibat serangan mikroorganisme.

Jenis penyakit pada tanaman bisa terjadi karena virus, bakteri, maupun cendawan. Beberapa jenis penyakit dapat menular ke tanaman lain dan dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Virus Tanaman

Virus tanaman adalah hewan parasit berukuran sangat kecil yang menginfeksi dan menyerang pada tanaman. Jika tidak segera ditangani virus akan cepat menyebar dan merusak tanaman lainnya.

Virus tanaman dapat menular melalui tanah, akar, serangga, nematoda, benih, gulma dll. Sehingga pengendalian virus dapat petani lakukan dengan pemilihan benih yang unggul dan tahan virus.

Selain itu petani juga melakukan rotasi tanaman untuk mengurangi penyebaran. Pembasmian serangga pembawa virus juga perlu petani lakukan agar tidak menyebar pada tanaman lain.

Beberapa jenis virus yang sering menyerang tanaman petani :

– Gemini Virus
– CMV (Cucumber Mozaic Virus)
– TMV (Tobacco Mozaic Virus)
– GSV (Grassy Stunt Virus)
– CVPD (Citrus Stunt Phloem Degeneration)
– Virus Y & Virus X

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA).… Read More

Mei 6, 2024

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024