Cara

Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi

Pemilihan Benih

Pemilihan benih pepaya California berkualitas perlu dilakukan agar nantinya tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan tahan serangan penyakit.

Benih pepaya yang digunakan sebenarnya bisa menggunakan langsung dari biji yang terdapat di dalam buah pepaya.

Tetapi lebih disarankan untuk menggunakan benih F1 pepaya dari toko pertanian karena sudah dipastikan benihnya unggul dan berkualitas.

Benih pepaya dapat di beli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Penyemaian Benih

Penyemaian benih pepaya dilakukan sebelum di tanam di lahan pertanian. Penyemaian benih pepaya dapat dilakukan menggunakan polybag ukuran kecil.

Media tanam penyamaian bisa menggunakan tanah yang telah dicampur dengan menggunakan pupuk kandang yang dimasukkan ke dalam polybag kecil.

Kemudian media tanam diberi lubang sedalam 1 cm di bagian tengahnya. Masukkan benih pepaya ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.

Kemudian siram media tanam yang telah berisi benih pepaya. Penyiraman pada saat masa penyemaian benih pepaya dilakukan setiap hari.

Benih pepaya akan berkecambaah saat memasuki umur 15 hari. Kemudian tumbuh menjadi bibit ketika berumur 45 – 60 hari dengan tinggi 15 – 20 cm.

Pada saat bibit sudah tumbuh dan berusia 60 hari maka bibit pepaya siap untuk di pindah ke lahan penanam.

Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan pertanian perlu dilakukan sebelum pemindahan bibit tanaman pepaya. Lahan penanaman sebaiknya dibersihkan dulu dari gulma dan tanaman lain yang menggangu.

Pengolahan lahan dilakukan dengan penggemburan tanah dengan cara dicangkul maupun dengan traktor.

Tanah yang sudah digemburkan kemudian dicampur dengan abu sekam dan juga pupuk kandang kemudian diratakan.

Kemudian tanah dibentuk bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan lahan penanaman.Jarak antar bedengan satu dengan lainnya adalah 1 meter.

Pada tengah bedengan dibuat lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak tanam 2,5 m x 2,5 m. Pengolahan lahan penanaman sebaiknya dilakukan dua minggu sebelum pindah tanam dilakukan.

Pindah Tanam Benih

Pindah tanam benih pepaya dilakukan ketika benih sudah disemai dan berumur 60 hari dan sudah tumbuh menjadi bibit dengan tinggi 15 – 20 cm.

Pindah tanam sebaiknya dilakukan ketika sore hari. Bibit yang sudah siap untuk dipindah dimasukkan ke dalam masing – masing lubang yang ada di bedengan.

Jika bibit pepaya sudah dimasukkan, tutup lubang menggunakan tanah dan padatkan sedikit. Lahan penanaman sebelumnya sudah tercampur dengan pupuk kandang.

Pupuk kandang berfungsi sebagai nutrisi untuk membantu tumbuh kembang dari tanaman pepaya agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Perawatan Tanaman Pepaya

Perawatan pada tanaman perlu dilakukan agar tanaman pepaya dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Perawatan tanaman pepaya meliputi penyiraman, pemupukan lanjutan dan pengendalian hama.

Penyiraman

Penyiraman tanaman pepaya dapat dilakukan ketika musim kemarau. Penyiraman tanaman pepaya dapat dilakukan jika lahan penamaman dalam kondisi kering.

Penyiraman tanaman pepaya menggunakan sistem penggenangan atau leb. Penyiraman ini dilakukan dengan mengalirkan air dari sungai maupun sumber yang dipompa ke lahan pertanian.

Air yang mengalir ke lahan pertanian melalui bedengan dibiarkan menggenang dan rata semua lahan teraliri oleh air.

Pemupukan Lanjutan

Satu minggu setelah penanaman di lahan penanaman kemudian dilakukan pemupukan lanjutan. Kemudian dilanjutkan pemupukan lanjutan saat umur 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Pemupukan lanjutan menggunakan pupuk NPK dengan dosis yang berbeda tiap umur dan ditambahkan pada saat usia tanaman.

Ketika tanaman sudah mulai berbuah, pupuk yang diberikan bisa menggunakan pupuk KCL. Pemberian pupuk KCL dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman pepaya.

Pengendalian Hama

Pengendalian hama dilakukan ketika ada hama yang mengganggu tumbuh kembang dari tanaman pepaya.

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara penyemprotan pestisida. Hama yang sering menyerang tanaman pepaya adalah aphid, tungau dan kutu putih.

Selain hama ada juga penyakit phytphora, rebak semai, antraknosa dll yang menyerang beberapa bagian tanaman pepaya seperti daun, akar, buah, akar.

Pemanenan Pepaya California

Pemanenan pepaya California dapat dilakukan ketika tanaman pepaya berumur 8 – 9 bulan. Buah pepaya California yang sudah matang memiliki ciri berwarna kuning kemerahan pada bagian kulitnya.

Pemanenan buah pepaya dilakukan dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Ketika sudah dipanen selanjutnya dilakukan penyortiran buah pepaya.

Untuk buah pepaya dengan ciri warna semburat hijau kekuningan dapat dikirim ke tempat yang jaraknya jauh.

Penyortiran dilakukan dengan memperhatikan bentuk, warna dan juga kualitas dari buah pepaya California apakah ada yang rusak atau tidak.

Jika sudah disortir kemudian buah pepaya dimasukkan ke dalam keranjang buah atau kayu untuk di kemas dengan rapi.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Pepaya Buah Lezat dan Bergizi.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024