Peluang Usaha

Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Meringankan Gejala Flu

Jahe yang diolah menjadi wedang bersama cengkeh, madu dan kayu manis akan bermanfaat untuk meredakan gejala flu seperti pilek.

Meredakan Mual

Jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa mual karena mabuk perjalanan, masuk angin dan juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Jahe juga dapat membantuk untuk mengeluarkan gas berlebih yang dapat menyebabkan mual di dalam sistem pencernaan.

Menyehatkan Pencernaan

Kandungan phenolic di dalam jahe dapat membantu pergerakan makanan dan minuman ketika berada di sistem pencernaan.

Budidaya Jahe

Budidaya jahe sangat cocok dilakukan di daerah tropis seperti Asia Tenggara termasuk Indonesia.
Di Indonesia kebutuhan jahe juga banyak karena masyarakat banyak yang memanfaatkan untuk dikonsumsi dan dijadikan rempah – rempah.

Budidaya jahe dapat dilakukan dengan skala rumahan maupun dibudidaya dengan lahan yang luas untuk dijual dengan skala besar di pasaran.

Budidaya Jahe Merah Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Budidaya jahe merah dapat menjadi peluang bisnis di masa pandemi, karena kita tahu bahwa jahe maupun jahe merah juga dapat berkhasiat untuk menjaga sistem imun.

Di masa pandemi seperti saat ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan virus maupun bakteri.

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis rimpang salah satunya adalah jahe.

Jahe sudah sejak lama digunakan untuk menjaga imunitas agar terhindar dari beberapa serangan penyakit.

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang memiliki ciri khas berwarna merah dan memiliki rasa yang lebih pedas dari jahe biasanya.

Jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale var. Rubrum merupakan tanaman herbal yang memiliki rimpang berwarna merah.

Jahe merah juga memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibanding dengan jahe biasa yang menjadikan jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas dari jahe biasa.

Baca Juga : Hortikultura, Jenis Tanaman Yang Membuat Petani Untung

Cara Menanam Jahe Merah

Cara menanam jahe merah dengan mudah dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah maupun di lahan luas.

Sebelum melakukan penanaman hendaknya menyiapkan lahan untuk menanam. Lahan yang digunakan digemburkan dahulu dengan cangkul.

Untuk penanaman di lahan yang luas dilakukan pembuatan bedengan dengan lebar 1 meter , tinggi 30 cm dan panjang diesuaikan dengan luas lahan.

Jarak tiap bedengan adalah 50 cm. Kemudian lakukan pemberian pupuk kompos dengan perbandingan 10 kg untuk bedengan dengan luas 10 meter.

Beri lubang pada pedengan dengan jarak 25 x 25 cm dan kedalaman 30 cm. Kemudian isi lubang dengan pupuk kompos dengan dosis 0,5 kg. Tunggu selama seminggu baru kemudian bisa ditanami.

Kemudian siapkan benih berupa rimpang jahe merah. Rimpang yang ditanaman meiliki ukuran yang besar dengan kondisi masih segar dan kadar air banyak.

Letakkan rimpang pada wadah dan tempatkan pada lokasi yang sejuk. Siram dengan air dan biarkan rimpang jahe merah bertunas.

Jika sudah bertunas maka benih jahe merah siap untuk pindah tanam di lahan penanaman. Masukkan benih jahe yang sudha bertunas ke dalam lubang penanaman dan tutup dengan tanah.

Tetapi jangan sampai menutup bagian dari tunas jahe merah. Siram dengan air secukupnya dan tunggu hingga tanaman jahe tumbuh.

Pemupukan lanjutan dilakukan ketika berumur dua bulan dan tiga bulan setelah tanam. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk kandang.

Lakukan penyiangan selama 2 atau 3 minggu sekali agar gulma dan rumput tidak mengganggu pertumbuhan dari tanaman jahe merah. Pemanenan jahe merah bisa dilakukan ketika berumur tiga sampai empat bulan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau. 082141747141 untuk (Telepon) 08125222117 untuk (SMS/WhatsApp). Toko… Read More

April 2, 2024

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif. Toko Pertanian Online LMGA AGRO (0821-4174-7141)… Read More

Maret 31, 2024