Jual

Blonceng / Labu Air Panjang, Kandungan Gizi Dan Manfaat Bagi Kesehatan

  • Benih Blonceng Ruma F1 produk Cap Panah Merah
Benih Labu Air Ruma

Tanaman tumbuh merambat dan vigor kuat. Benih cocok untuk tanam dataran rendah hingga menengah. Perawatan mudah.

Labu East West  Seed ini buah silindris dengan panjang 30 hingga 35 cm dan diameter 6 hingga 7 cm.

Kulit buah labu Ruma bersih berwarna hijau keputihan. Berat labu Ruma mencapai 800 hingga 1700 gram/buah. Potensi hasil sebesar 75 ton/ha. Umur panen 52 HST.

Kebutuhan benih sebanyak 1000 gram per hektar menggunakan jarak tanam 250 x 80 cm.

Baca Juga : Benih Labu Dan Blewah

Tentang Blonceng Sebagai Labu Sayur

Labu Air Bentuk Kendi

Blonceng merupakan tanaman sejenis labu dan tergolong cukup langka saat ini.

Blonceng memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tanaman labu cukup rajin menghasilkan buah. Bentuk Labu Air Panjang ada 2 yaitu bulat dan lonjong.

Labu ini berbentuk bulat sering dijuluki sebagai labu kendi.

Sedangkan labu yang berbentuk lonjong panjang terkenal dengan nama labu blonceng.

Masyarakat cukup banyak yang menanam labu dengan lokasi pekarangan atau samping rumah mereka. Terutama masyarakat yang tinggal pada daerah pedesaan.

Pemasaran labu tidaklah sulit dan harga jual per kilogram juga cukup tinggi. Pemasaran mudah karena labu juga banyak peminatnya. Labu berguna untuk masakan sayuran sehari-hari.

Kandungan Blonceng meliputi vitamin B dan vitamin C. Banyak masyarakat yang memanfaatkan labu sebagai bahan obat, selain jadi untuk sayuran.

Kandungan labu sayur dapat juga bermanfaat mengobati penyakit tifus ( tipes ) dan demam.

Nama lain Labu Air Panjang atau blonceng sayur merupakan tanaman yang mudah tumbuh berbagai kondisi dan berbagai tempat. Labu sayur memiliki nama latin Lagenaria siceraria.

Nama lain Labu Air Panjang atau labu sayur atau sayur blonceng ini masih berkerabat dekat dengan buah bligo. Bentuk dan rasa keduanya sangat mirip.

Bentuk buah kundur bervariasi mulai dari bentuk bulat sampai lonjong panjang. Karena bentuknya menyerupai labu, peralatan laboratorium juga ada yang menyebut labu ukur ( Erlenmeyer ).

Manfaat labu panjang atau Labu sayur banyak mengandung banyak zat dan mineral yang penting bagi tubuh kita.

Yaitu seperti kalsium, polifenol, sponin dan vitamin C. Labu juga bisa konsumsi mentah sebagai lalapan atau sebagai sayur matang yang dalam bentuk tumis.

Kandungan Gizi Labu Penting Bagi Kesehatan

Labu mengandung banyak kandungan gizi, salah satunya yaitu rendah kalori.

Sayuran labu sayur sebanyak 100 gram hanya terdapat 26 kalori. Selain itu juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Manfaat sayur blonceng atau buah labu sayur kaya akan serat makanan, banyak mengandung antioksidan, mineral dan vitamin.

Manfaat Labu Air banyak direkomendasikan para ahli kesehatan sebagai makanan pengurang kolesterol dan untuk menurunkan berat badan.

Kandungan Labu Air Panjang meliputi vitamin anti-oksidan seperti vitanin A, C dan E. Labu sebanyak 100 gram paling banyak mengandung vitamin A.

Vitamin A merupakan antioksidan alami yang kuat. Vitamin A untuk tubuh berfungsi menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kesehatan penglihatan kita.

Labu sayur mengandung sumber vitamin B-kompleks yaitu folat, niacin, vitamin B6 ( pyridoxine ), thiamin dan asam pantotenat.

Blonceng mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium dan fosfor.

Selain daging buah labu sayur yang bermanfaat, ternyata biji labu sayur juga mengandung nutrisi seperti serat dan asam lemak tak jenuh.

Biji labu baik untuk kesehatan jantung. Biji labu juga merupakan sumber protein, mineral dan vitamin.

Kandungan Biji labu mengandung asam amino triptofan, bermanfaat untuk kesehatan otak.

Fungsi serta manfaat  blonceng sayur untuk kesehatan dalam hal dalam menstabilkan gula darah.

Jadikan labu dalam menu makanan kita karena kandungan blonceng merupakan jenis kalori rendah gula.

Manfaat labu juga merupakan sumber energi tubuh. Jadi anda jangan ragu lagi dengan efek positif labu ini.

Manfaat buah kukuk atau labu sayur mengandung magnesium yang dapat memberikan rasa tenang lebih dan membuat rileks syaraf kita.

Manfaat blonceng mengandung zat besi baik untuk mencegah anemia terutama bagi para wanita.

Baca Juga : Manfaat Dan Cara Budidaya Labu Kuning Yang Baik Dan Benar

Beberapa Manfaat Labu Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Labu Air Panjang

Manfaat labu panjang atau labu sayur penting dan banyak, karena dalam labu sayur terkandung mulai karbohidrat, protein, Vitamin dan mineral.

Vitamin dalam manfaat blonceng antara lain vitamin A, vitamin B-kompleks ( B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12 ), vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Mineral dalam manfaat buah kukuk adalah kalori, natrium, kalium, serat, zink, fosfor, sodium, kalsium, zat besi dan magnesium.

Senyawa penting lain dalam manfaat labu adalah polifenol, saponin, betakaroten dan masih banyak lagi.

Banyak kandungan nutrisi dan gizi dalam Blonceng maka sayuran ini memberikan beberapa manfaat, yaitu :

  1. Manfaat sayur blonceng menyembuhkan panas dalam. Senyawa saponin dan polifenol bersifat dingin. Konsumsi blonceng bermanfaat menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan menyembuhkan panas dalam. Manfaat labu sayur dapat menetralkan suhu panas tenggorokan dan saluran pencernaan lainnya.
  2. Manfaat labu panjang dapat menyembuhkan sariawan. Cara kerja yang sama dalam mengobati panas dalam, manfaat labu dapat menurunkan panas tubuh berlebihan penyebab timbulnya sariawan. Manfaat labu mengandung vitamin C berfungsi memperkuat daya tahan tubuh.
  3. Manfaat tanaman blonceng mencegah penyakit kolesterol. Labu bisa kita masukkan dalam menu pola makan diet dengan cara merebusnya tanpa bumbu. Manfaat labu tidak mengandung kolesterol sehingga bebas penyakit kolesterol.
  4. Manfaat labu sayur dapat mencegah hipertensi. Karena labu rendah kandungan gulanya sehingga dapat menurunkan kadar glikogen darah. Jadikan blonceng sebagai lalapan ( makan segar ) atau hancurkan sebagai bubur untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  5. Manfaat labu putih panjang untuk ibu hamil. Karena blonceng terdapat vitamin B dan folat yang baik untuk perkembangan janin dan mencegah bayi lahir cacat. Manfaat tanaman blonceng memenuhi kebutuhan ± 25% folat bagi tubuh.
  6. Manfaat blonceng sayur atau labu sayur dalam mengurangi resiko terkena kanker. Vitamin C labu dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Manfaat Labu : Bagi Kesehatan Kecantikan Kulit

Manfaat buah blonceng / labu sayur untuk kecantikan adalah dapat menghaluskan dan meremajakan kulit.

Kita juga bisa mendapatkan manfaat tanaman blonceng untuk membuat kulit badan menjadi lebih kenyal seperti kulit semasa remaja.

Orang yang gemar mengkonsumsi buah kundur umumnya memiliki kulit lebih halus dari yang tidak suka makan labu sayur.

Manfaat buah kukuk / sayur blonceng dapat menutup pori-pori wajah. Kulit wajah menjadi bebas dari jerawat.

Manfaat labu sayur dengan kandungan antioksidannya mampu mencegah wajah keriput.

Selain wajah keriput, manfaat tanaman blonceng juga dapat mencegah wajah kusam, sehingga wajah tampak selalu cerah bercahaya.

Manfaat Labu Air Panjang panjang dapat untuk bahan masker wajah berguna mencerahkan rona wajah.

Karena labu sayur mengandung vitamin A dan C yang juga baik untuk kesehatan mata.

Manfaat tanaman blonceng juga dapat berguna untuk menurunkan berat badan.

Manfaat labu panjang dapat melangsingkan badan dapat dicoba dengan mengkonsumsi sayur blonceng dalam bentuk makanan atau  jus.

Dipercaya dalam satu bulan dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 hingga 3 kilogram.

Baca Juga : Labu Air Panjang Hibrida Orbit Tanaman Langka Untung Nyata

Menanam Blonceng / Labu Air Panjang Tidak Sulit

Tanaman labu sayur dapat tumbuh dan subur pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Juga dapat tumbuh baik saat musim kemarau maupun musim hujan.

Tidak sedikit pula petani menanam labu sayur pada lahan sawah dan dibiarkan menjalar pada pematang sawah.

Labu sayur bermanfaat sebagai sayuran oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Tapi sebenarnya, Labu Air Panjang ini bukanlah sayuran melainkan buah.

Blonceng berbeda dengan jenis labu lainnya. Labu sayur berukuran memanjang dan kulit berwarna kehijauan dengan daging buah berwarna putih.

Buah Labu Air Panjang dalam keadaan mentah memiliki tekstur keras. Namun setelah melalui proses perebusan, tekstur buah berubah menjadi lembut.

Rasa labu sayur cenderung tawar. Sehingga labu sayur cocok disajikan gurih atau manis.

Memanfaatkan Labu Air Panjang untuk masakan perlu kejelian juga. Memanfaatkan Labu Air Panjang untuk dimasak yaitu pilihlah buah kundur yang masih muda.

Sedangkan, manfaat blonceng yang lebih tua bisa kita gunakan sebagai manisan.

Pilihlah Labu Air Panjang yang terasa berat bila diangkat tangan. Labu Air Panjang berat berarti Labu Air Panjang mengandung cukup banyak air.

Perhatikan pula permukaan buah labu sayur. Pilih yang berkulit mulus, berkilau segar dan tidak banyak nodanya ( spot kehitaman ).

Mengolah Labu Air Panjang hampir sama dengan jenis labu lainnya. Namun untuk labu sayur ini memiliki getah yang lebih banyak.

Agar getah hilang, sebaiknya saat dikupas dibawah air kran/air mengalir. Setelah itu, Labu Air Panjang dapat kita potong – potong untuk olah sesuai keinginan.

Lebih sering manfaat sayur blonceng atau labu sayur ini digunakan untuk membuat sayur bening.

Sebenarnya banyak olahan lainnya menggunakan Labu Air Panjang. Yaitu sayur asem blonceng, sayur bening blonceng, tumisan, lalapan sampai bisa anda buat manisan blonceng.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024