Cara

CABE RAWIT MERAH KAYA MANFAAT DAN MUDAH CARA TANAMNYA

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE RAWIT BHASKARA UMUR GENJAH

PEMUPUKAN CABE RAWIT MERAH DALAM POLIBAG

Pemupukan disini adalah pemupukan lanjutan setelah diberikan pupuk dasar pada media tanam sebelum penanaman bibit. Pupuk susulan ini diberikan 2 minggu setelah pemindahan bibit cabe rawit merah.

Pupuk susulan diyakini dapat menyuburkan dan tanaman dapat berbuah lebat. Pupuk susulan diberikan untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman cabe rawit merah selama pertumbuhannya hingga berbuah. Unsur hara dalam tanah ini makin lama makin habis karena diserap akar tanaman.

Pupuk susulan yang diberikan adalah pupuk organik dan pupuk an-organik ( kimia ). Pupuk organik yang diberikan adalah pupuk kandang atau kompos yang sudah matang atau yang sudah difermentasi. Bisa juga menggunakan pupuk kandang yang dilengkapi cebdawan Trichoderma. Pupuk kimia lebih efisien dan praktis bila menggunakan pupuk NPK. Cara pemupukan susulan cabe rawit merah adalah :

  1. Pertama pada umur 15 hari setelah tanam. Berikan ½ sendok makan NPK disekeliling pangkal batang cabe rawit merah, usahakan tidak kena batang. Cara diatas diulang setiap 10 hari sekali.
  2. Pemberian pupuk harus dalam kondisi media yang basah agar pupuk mudah diserap akar. Waktu pemupukan yang baik adalah pagi atau sore hari.
  3. Lakukan kontrol tanaman secara rutin dan seksama. Bila tampak tanaman layu karena kekurangan pupuk dan bukan penyakit, berikan pupuk N secukupnya saja.
  4. Selain pemberian pupuk NPK, berikan juga pupuk organik. Berikan sebanyak 2 genggam pupuk kandang berselang seling dengan pemupukan kimia. Misalnya pemupukan pertama, pupuk NPK. Pemupukan kedua menggunakan pupuk kandang begitu seterusnya hingga panen. Perbanyak pupuk organik justru menyebabkan tanaman kita lebih subur dan media tanam juga lebih subur.
  5. Pemberian pupuk daun untuk melengkapi unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman meskipun dalam jumlah kecil namun penting sekali keberadaannya bagi tanaman. Penyemprotan pupuk daun setiap seminggu sekali dan jenis pupuk daun dapat dibeli di Toko Online pertanian LMGA Agro. Merk pupuk daun yang ada di pasaran adalah bayfolan, Gandasil D/B dan lain-lain.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT CABE RAWIT MERAH

FUNGISIDA CABE RAWIT MERAH

Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan rutin mengontrol kondisi tanaman.  Dengan langkah tersebut kita dapat mengetahui dengan cepat tanaman yang terkena gigitan hama atau gejala terserang penyakit. Menanam cabe rawit merah dipot biasanya diserang hama belalang dan ulat pemakan daun.

Serangan hama ulat, kita cukup memotong daun yang ada ulatnya atau bekas gigitan ulang. Daun dipotong menggunakan gunting, bersihkan kotoran ulat agar ulat daun tidak datang lagi.

Serangan hama belalang, kita dapat menyemprotkan pestisida yang tepat. BIsa juga cara alami yaitu daun cabe disiram air kunyit. Air kunyit memiliki bau rempah yang khas yang tidak disukai oleh serangga.

Toko Online Pertanian LMGA Agro sudah membahas tuntas tentang hama dan penyakit tanaman cabe di artikel-artikel kami yang lain. Anda dapat mempelajarinya dan selamat membaca.

Pestisida yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama ulat, kepik, belalang, lalat buah atau hama jenis lain menyemprotkan insektisida Lannate, Curacron, Metindo atau Regent.

Pengendalian hama golongan kutu-kutuan seperti tungau, thrips, kutu kebul dan kutu daun, dapat menggunakan akarisida Bamex, Agrimec, Demolish, Alfamex, Promektin atau Samite.

Penyakit yang disebabkan jamur, gunakan fungisida Antracol, Bion M dan lain-lain. Bila diseran bakteri, semprotkan bakterisida.

BACA JUGA : RAWITA CABAI KECIL MENGGANTUNG PANAH MERAH

PANEN CABE RAWIT MERAH

Setelah cabe rawit merah berumur 3 bulan, sudah mulai muncul buahnya. Hingga sampai pada umur 6 bulan bahkan lebih, cabe rawit merah sudah dapat dipanen. Umur tanaman cabe dapat sampai 24 bulan dan panen dapat dilakukan sampai 15 – 18 kali panen.

Semakin tua umurnya maka produktivitas tanaman semakin menurun dan jumlah yang dipanen semakin sedikit dan kualitas cabe semakin menurun. Sehingga nilai ekonomis dan harga jualnya tidak setinggi pada panen yang awal-awal.

Beberapa petani hanya memanen cabe rawit merah sampai umur 12 bulan saja agar nilai ekonomis tetap tinggi. Waktu panen cabe rawit merah dilakukan pada pagi dan sore hari. Dengan cara cabe dipetik beserta tangkainya.

Buah cabe yang baik adalah bentuk buah ramping dan padat berisi ( tidak kopong ). Ciri cabe seperti tersebut sangat pedas dan harga jualnya tinggi dibandingkan pada cabe yang besar namun isinya kopong.

Bagi Anda yang menanam cabe rawit merah di kebun atau pekarangan rumah, saatnya memanen hasil cabe adalah yang ditunggu-tunggu. Setelah 90 hari kita tekun menghabiskan waktu, tenaga dan perhatian merawat cabe rawit merah kita, saatnya cabe dipetik. Bila menanam di rumah, hanya menanam 2 pot saja kita dapat memenuhi kebutuhan cabe kita dan tidak kuatir bila cabe sedang langka.

Demikian artikel kami tentang Cabe Rawit Merah Kaya Manfaat dan Mudah Cara Tanamnya. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih cabe hibrida, baik cabe kecil dan besar, juga cabe keriting. Jual juga semua jenis benih sayur dan buah, jenis pupuk, jenis pestisida dan alat-alat pertanian. Murah dan lengkap.

LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda sampai di alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra ekspedisi kami yaitu JNE, POS Indonesia, TIKI, KI8 dan lain-lain. Melayani juga gratis konsultasi pertanian dan seputar permasalahan Anda saat bercocok tanam.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024