Jual

JUAL BENIH CABE MERAH RESTU CAP KAPAL TERBANG

CABE MERAH RESTU F1 : BENIH CABAI BESAR TAHAN VIRUS

Benih cabe merah Restu toleran terhadap penyakit layuSecara genetik, benih cabe merah Restu tahan terhadap serangan organisme pengganggu penyebab penyakit layu.

Penyakit layu rentan terjadi pada penanaman cabe di musim hujan. Curah hujan yang tinggi disertai kelembaban yang tinggi pula berpotensi besar untuk berkembangbiak dan penyebaran penyakit.

Penyakit layu disebabkan oleh jamur atau cendawan dan tanaman cabe adalah salah satu tanaman hortikultura yang paling rawan kena penyakit layu.

Tanaman cabe memiliki karakter yang cocok sebagai berkembangbiaknya penyebab penyakit terutama berkembangbiaknya jamur dan bakteri.

Apalagi ditambah dengan kondisi cuaca yang mendukung, yang ekstrim seperti pagi hujan, siang tiba-tiba terik.

Virus yang banyak menyerang tanaman cabe adalah virus Gemini penyebab penyakit bule atau Bulai.

Penyakit Bulai masuk kategori penyakit internal tanaman yang gejalanya tampak dari luar. Penyakit Bulai yang disebabkan infeksi virus Gemini menyebar dan merusak klorofil tanaman. Akibatnya daun tanaman menjadi tidak hijau lagi.

Penyakit Bulai atau Bule sering terjadi di musim kemarau. Gejala serangannya sangat jelas yaitu daun yang semula hijau akan muncul bercak kuning terang dan terus menyebar ke daun-daun muda dan seluruh daun. Ini berarti klorofil daun sudah rusak. Vektor virus Gemini yaitu serangga penghisap daun yaitu aphids. 

Serangga thrips dan aphids yang sudah terjangkit virus akan menularkan dengan cara menghisap daun tanaman cabe. Sehingga virus akan masuk ke jaringan tanaman.

Di dalam jaringan tanaman, virus akan membelah diri ( memperbanyak diri ) sambil menyerang klorofil daun.

Berbeda dengan penyakit layu yang menyerang bagian tanaman yang berada di dalam tanah yaitu area perakaran.

Akar tanaman yang terinfeksi akan membusuk sehingga akar tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai penyerap air dan nutrisi dalam tanah.

Sehingga suplai makanan ke seluruh bagian tanaman menjadi berhenti dan tanaman menjadi mati/layu.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE RAWIT BARA – PANAH MERAH

CABE MERAH RESTU F1 : BIBIT CABAI MERAH UNGGUL

Untuk mendapatkan bibit cabe yang baik adalah dengan memilih benih yang baik dan berkualitas terbaik,  dikeluarkan oleh pabrik benih terpercaya.

Cabe merah Restu F1 cap Kapal Terbang produksi dari PT Bisi International Tbk. Bibit cabe merah Restu diperoleh dari proses pembibitan yang dilakukan di luar lahan tetap menanam cabe.

Budidaya tanaman cabe merah Restu perlu melewati proses pembibitan untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh kuat, kokoh dan tidak mudah roboh.

Pembibitan menggunakan wadah polybag yang berisi media yang diatur sedemikian rupa, bersifat gembur dan banyak mengandung unsur hara.

Media adalah campuran tanah dan pupuk kandang/kompos yang sebelumnya sudah diayak halus, komposisi perbandingan yang tepat yaitu tanah : pupuk organik = 2 : 1.

Perawatan pembibitan juga mudah, cukup penyiraman rutin setiap hari dengan hati-hati. Sebaiknya polybag untuk pembibitan diletakkan yang terlindungi dari air hujan langsung dan sinar matahari.

Beberapa petani memasang jaring untuk melindungi bibit cabe dari serangan hama. Pengontrolan tanaman juga harus selalu dilakukan untuk mengetahui apakah tanaman kita sakit atau tidak.

Benih cabe merah Restu akan berkecambah pada hari ke-7. Saat belum berkecambah sebaiknya benih ditutup kertas koran agar saat penyiraman, air mengenai kertas dan tidak langsung pada benih.

Setelah benih berkecambah baru kertas koran dibuka. Bila bibit telah muncul 3 – 4 helai daun sejati atau sekitar berumur 2 minggu, mulai dilakukan pemindahan bibit.

PERSIAPAN LAHAN MENANAM CABE MERAH RESTU F1

Bersama pembibitan, dilakukan persiapan lahan dengan melakukan penggemburan tanah, membuat bedengan, mebutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak dan membuat lubang tanam dan lubang pupuk.

Saat penggemburan tanah, dilakukan juga pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha dan bila perlu ditambahkan pupuk NPK.

Bedengan menanam cabe dibuat dengan lebar 100 cm, tinggi 50 – 60 cm dan jarak antar bedengan 60 – 70 cm. Panjang disesuaikan dengan luas lahan.

Agar budidaya cabe lebih efektif dalam perawatannya maka sebaiknya bedengan ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Pemasangan mulsa dilakukan siang hari agar mulsa dapat dipasang dengan kencang.

Pada ujung-ujung mulsa dipasang kait yang ditancapkan pada tanah. Kait penancap mulsa dapat dibuat dari bambu yang dibuat berbentuk huruf ” V “.

Mulsa plastik hitam perak dipasang bagian yang berwarna perak dibagian atas. Setelah dibuat bedengan dan sudah diberi pupuk dasar, maka tanah dibiarkan selama  1 minggu untuk membiarkan pupuk bekerja dalam tanah. Biarkan tanah terbuka terkena air hujan.

Sebelum bibit cabe merah Restu dipindahtanamkan, mulsa dilubangi menggunakan alat pelubang.

Toko pertanian Online LMGA Agro tersedia alat pelubang untuk lubang tanaman dan pupuk dengan diameter yang berbeda. Lubang tanam dibuat dengan sistem zig-zag, tidak sejajar. Dua baris tiap bedengan.

Jarak tanamnya yaitu 60 x 60 cm. Sedangkan lubang pupuk berjarak 15 cm dari lubang tanam.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024