Pertanian

Masa Panen Jagung Manis Berkualitas Membuat Petani Untung

Budidaya Tanaman Jagung Manis Menguntungkan Petani

Mendapatkan Keuntungan Dari Budidaya Jagung Manis

Jagung Manis atau tanaman jagung manis merupakan jenis tanaman pangan yang mampu menghasilkan karbohidrat dan berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sehingga, tanaman jagung manis bisa menjadi tanaman yang menguntungkan apabila petani manfaatkan dan petani budidayakan dengan benar.

Budidaya tanaman jagung manis bisa petani lakukan di lahan pertanian daerah dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian mencapai 1200 mdpl.

Lahan pertanian untuk melakukan usaha budidaya jagung manis sebaiknya memiliki tingkat kesuburan tanah yang cukup dan bertekstur gembur.

Selain memiliki karakteristik lahan yang sesuai dengan tanaman jagung manis, lahan pertanian sebaiknya memiliki kadar pH tanah normal.

Kunci sukses dalam budidaya tanaman jagung manis adalah menjaga tanaman jagung manis supaya  terhindar dari serangan penyakit seperti penyakit bulai.

Penyakit bulai adalah salah satu jenis penyakit pada jagung manis yang berpotensi bisa merugikan para petani.

Penyakit bulai pada budidaya tanaman jagung manis bisa petani cegah dengan cara mencampur benih jagung manis dengan fungisida.

Atau petani bisa melakukan penyemprotan fungisida pada tanaman jagung manis yang memasuki usia 7 hingga 35 hst dengan jarak 7 hari.

Melakukan pencegahan penyakit bulai pada tanaman jagung manis akan membuat tanaman tahan akan serangan bulai untuk menjaga kualitas pertumbuhan tanaman.

Sehingga petani bisa melakukan perawatan tanaman lainnya seperti pemupukan tanaman jagung manis untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman.

Selain itu, budidaya tanaman jagung manis yang bebas penyakit bulai memiliki potensi tinggi untuk menghasilkan panen jagung manis berkualitas yang menguntungkan.

Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas petani perlu mengetahui masa panen jagung manis yang tepat agar mudah petani pasarkan.

Petani pun bisa mendapatkan keuntungan dari hasil menjual panen jagung manis yang berkualitas dan sesuai dengan masa panen jagung manis.

Selain itu, jagung manis juga banyak masyarakat olah menjadi sajian berbagai menu makanan yang lezat untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Baca Juga : Budidaya Jagung Manis Bonanza Buat Petani Untung

Benih Jagung Jadi Kunci Sukses Petani

Petani telah mengetahui bahwa sarana pertanian merupakan hal penting selama melakukan ataupun memulai usaha budidaya jagung manis.

Sehingga, pemilihan dan penggunaan sarana pertanian sangatlah penting untuk para petani lakukan.

Benih jagung manis seperti benih jagung manis hibrida umur pendek menjadi salah satu contoh sarana pertanian penting untuk para petani.

Selain itu, benih jagung manis juga menjadi kunci sukses petani untuk hasilkan panen jagung manis dengan kualitas terbaik.

Saat ini telah banyak produk benih jagung manis dengan kualitas terbaik yang diproduksi oleh perusahaan berpengalaman dan terkemuka.

Sehingga, para petani bisa lebih leluasa untuk memilih benih jagung manis seperti benih jagung manis hibrida umur pendek.

Proses produksi benih jagung manis saat ini telah mampu hasilkan benih jagung manis hibrida dengan berbagai macam keunggulan yang menguntungkan petani.

Selain itu, pemilihan benih jagung manis terbaik seperti benih jagung manis hibrida mampu hasilkan panen jagung manis berkualitas.

Beberapa perusahaan benih terkemuka telah memanfaatkan teknologi canggih untuk menghasilkan benih jagung manis berkualitas.

Selain itu, selama masa produksi benih jagung manis selalu diawasi oleh para tenaga ahli profesional.

Sehingga, perusahaan benih mampu menghasilkan produk benih jagung manis terbaik dan memiliki potensi besar untuk para petani.

Selain itu, para petani bisa dengan mudah untuk mendapatkan produk benih jagung manis berkualitas di toko pertanian terdekat dan toko pertanian online.

Toko pertanian terdekat telah menyediakan sarana pertanian lengkap untuk kebutuhan budidaya jagung manis seperti benih jagung manis.

Sehingga, petani tidak perlu jauh-jauh untuk membeli dan mendapatkan benih jagung manis dengan kualitas terbaik.

Toko pertanian online juga bisa menjadi alternatif petani untuk membeli benih jagung manis berkualitas secara online.

Kesimpulannya, benih jagung manis merupakan salah satu kunci sukses petani untuk menghasilkan panen jagung manis berkualitas.

Sehingga, petani bisa menghasilkan banyak keuntungan dari hasil penjualan jagung manis kepada para konsumen.

Baca Juga : Jual Bibit Jagung Manis Bonanza F1 | Murah| Panah Merah

Mengetahui Masa Panen Jagung Manis Yang Baik Untuk Panen Berkualitas

Hal Yang Wajib Petani Ketahui Sebelum Melakukan Budidaya

Budidaya tanaman jagung manis merupakan kegiatan pertanian yang bisa petani lakukan dan bisa membuat petani mendapatkan keuntungan.

Akan tetapi sebelum petani melakukan budidaya jagung manis, petani perlu mengetahui masa panen jagung manis yang baik untuk kualitas panen super.

Dengan mengetahui masa panen jagung manis, petani bisa lebih tepat dan akurat untuk melakukan pemanenan dan menyesuaikan pemasaran.

Panen jagung manis untuk konsumsi bisa petani lakukan ketika jagung manis mulai berbunga dan saat pengisian biji.

Hal itu menjadi pertanda bahwa jagung manis yang petani budidayakan sudah memasuki memasuki masa panen jagung manis.

Masa panen jagung manis yang tepat adalah ketika tanaman jagung manis memasuki usia 70 hingga 75 hari setelah tanam.

Dalam masa panen jagung manis petani berpotensi bisa mendapatkan panen jagung manis kurang lebih sebanyak 14 – 18 ton/ hektar.

Jagung manis yang petani panen tahan simpan lama sehingga hingga 4 sampai  6 hari dan tahan tunda panen.

Dengan kelembaban 85%  hingga 90% jagung manis yang petani simpan bisa bertahan kualitasnya kurang lebih selama 2 – 3 minggu.

Setelah petani panen sebaiknya segera petani masukkan ke dalam wadah yang tidak rapat dan petani letakkan di tempat sejuk dan terbuka.

Petani juga dianjurkan untuk tidak membuang tangkai tongkol jagung manis apabila petani tidak segera melakukan pengemasan jagung manis.

Petani pun bisa melakukan penyortiran jagung manis mana yang bisa petani pasarkan untuk pasar tradisional atau untuk supermarket.

Dengan begitu petani bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari hasil menjual buah jagung manis yang lebat dan berkualitas.

Panen jagung manis yang lebat dan berkualitas sangat mudah untuk petani pasarkan karena menjadi incaran pedagang pasar induk dan tengkulak.

Selain itu petani juga bisa menjual langsung jagung manis yang petani panen ke restoran yang menjual menu masakan berbahan jagung manis.

Baca Juga : Jagung Manis Bonanza Ibarat Calon Presiden 2014

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024