Pertanian

Masa Panen Jagung Manis Berkualitas Membuat Petani Untung

Padi

Jenis tanaman bahan pangan pokok pertama yang sudah terkenal mulai dari kalangan petani hingga kalangan masyarakat luas adalah tanaman padi.

Tanaman padi merupakan salah satu jenis tanaman bahan pangan yang sangat terkenal karena bisa menghasilkan jenis makanan pokok seperti nasi.

Sehingga, tanaman padi menjadi jenis tanaman bahan pangan yang populer untuk petani budidayakan karena merupakan peluang usaha yang berpotensi menguntungkan.

Untuk budidaya tanaman padi bisa petani awali dengan memperhatikan syarat tumbuh tanaman padi tergantung dengan lingkungannya.

Budidaya padi dataran rendah mulai dari 0-650 mdpl, tanaman padi bisa tumbuh dengan suhu rata-rata 22-27 derajat celcius.

Sedangkan budidaya padi pada dataran tinggi mulai dari 650-1500 mdpl, tanaman padi bisa tumbuh dengan suhu optimal yaitu 19-23 derajat celcius.

Apabila petani melakukan usaha budidaya padi di lingkungan yang cocok dan tepat maka akan bisa menghasilkan panen padi yang berkualitas.

Hasil panen padi yang berkualitas akan mampu untuk menghasilkan beras yang berkualitas dan mencukupi stok kebutuhan beras untuk masyarakat.

Jagung

Jagung merupakan jenis tanaman pangan pokok lainnya yang merupakan makanan pokok bagi beberapa bagian masyarakat dan mengandung karbohidrat yang bermanfaat.

Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman pangan pokok yang paling penting dengan urutan setelah gandum dan padi.

Jenis tanaman jagung sangat populer pada daerah Amerika Selatan, Amerika Tengah, Afrika, hingga Indonesia sebagai salah satu bahan pangan pokok.

Tanaman jagung juga terdapat jenis lain seperti jenis jagung manis yang juga merupakan salah satu bahan pangan pokok di pasaran.

Selain menjadi bahan pangan pokok, jagung juga kita olah menjadi produk yang berguna dan bermanfaat seperti minyak jagung maupun tepung maizena.

Selain itu, tanaman jagung juga bisa masyarakat olah menjadi berbagai produk industri yang bermanfaat seperti industri kosmetik, kimia, dan farmasi.

Jagung berasal dari budidaya tanaman jagung yang petani lakukan di lahan pertanian dengan memanfaatkan benih jagung berkualitas.

Selain itu, untuk mendapatkan jagung yang berkualitas, petani perlu melakukan proses perawatan tanaman jagung pada budidaya jagung seperti pemupukan maupun pengairan.

Singkong

Selain bahan pangan seperti padi dan jagung, terdapat jenis tanaman bahan pangan lain yang juga mengandung karbohidrat adalah singkong.

Bahan pangan singkong merupakan jenis tanaman pangan pokok yang berasal dari umbi tanaman yang terletak di akar tanaman.

Budidaya tanaman singkong bisa petani budidayakan di daerah terbuka dan langsung mendapatkan cahaya matahari dengan memiliki kelembaban 60-65%.

Untuk jenis tanah yang cocok untuk petani gunakan dalam budidaya singkong adalah tanah yang kaya akan bahan organik yang subur dan gembur.

Hasil panen singkong bisa petani jual di pasaran atau kepada para pedagang atau petani jual kembali dalam bentuk berbagai jenis makanan.

Sehingga, singkong menjadi salah satu jenis tanaman bahan pangan yang bisa membuka peluang usaha menguntungkan dari penjualan produk berbahan dasar singkong.

Baca Juga : Budidaya Jagung Makanan Pokok Bernutrisi Tinggi Menguntungkan

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024