Bibit Benih

Varietas Cabai Tahan Antraknosa Cakra Putih Murah Panen Melimpah

Penyakit Tanaman Hambat Budidaya Cabe

Petani Cabe Rugi Akibat Penyakit Tanaman

Budidaya cabe menjadi salah satu usaha budidaya tanaman yang memiliki banyak peminat karena menguntungkan. Sehingga, pasokan cabe segala jenis di pasaran bisa tetap terjaga dan jauh dari kondisi langka.

Namun, para petani cabe sebagai pelaku usaha budidaya cabe menghadapi beberapa tantangan selama proses budidaya tanaman. Salah satu tantangan yang perlu petani hadapi selama membudidayakan cabe di lahan pertanian adalah penyakit tanaman.

Penyakit tanaman merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan tanaman cabe mengalami kerusakan selama proses budidaya. Bahkan, penyakit tanaman bisa menyebabkan tanaman cabe mati dan petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Beberapa faktor penyebab budidaya cabe terjangkit oleh penyakit tanaman adalah serangan hama serangga dan tingkat kelembaban lingkungan yang tinggi. Selain itu, beberapa organisme juga berperan menyebakan penyakit pada tanaman cabe seperti jamur dan bakteri.

Hal ini karena, terdapat banyak jenis penyakit tanaman cabe yang berasal dari serangan jamur patogen dan bakteri. Terlebih lagi jika petani sebagai pelaku usaha pertanian melakukan budidaya cabe saat musim hujan tiba.

Beberapa jenis penyakit tanaman cabe yang seringkali merugikan petani bisa kita lihat melalui daftar berikut ini :

  • Antraknosa;
  • Bercak daun;
  • Layu fusarium;
  • Layu bakteri;
  • Busuk phytopthora;
  • Rebah semai.

Sehingga, para petani perlu mewaspadai ancaman tersebut dengan cara memilih benih cabe yang memiliki ketahanan terhadap penyakit tanaman. Salah satunya adalah varietas cabai tahan antraknosa yang saat ini mudah petani dapatkan di toko pertanian terdekat.

Selain itu, petani juga perlu melakukan beberapa perawatan tanaman cabe seperti rutin memperbaiki drainase dan mencabut tanaman gulma. Sehingga, potensi genangan air dan serangan hama penyebab penyakit tanaman bisa petani minimalisir.

Kesimpulannya, penyakit tanaman cabe merupakan hambatan utama bagi para petani yang membudidayakan cabe di lahan pertanian. Sehingga, petani membutuhkan cara-cara yang tepat guna melindungi budidaya cabe dari penyakit tanaman.

Baca Juga : Penyakit Tanaman Cabe Rugikan Petani dan Pedagang

Antraknosa Rusak Cabe Petani Rugi

Penyakit tanaman menjadi salah satu tantangan yang akan petani hadapi selama proses budidaya cabe. Salah satu jenis penyakit tanaman cabe yang seringkali merugikan para petani cabe adalah antraknosa.

Antraknosa merupakan jenis penyakit tanaman cabe yang terjadi akibat serangan salah satu jamur patogen, yaitu Colletotrichum spp. Sehingga, pada tanaman cabe yang terserang jamur patogen ini akan muncul beberapa gejala yang mudah petani identifikasi.

Serangan penyakit antraknosa pada cabai sering terjadi saat petani membudidayakan cabe ketika musim hujan. Hal ini karena, jamur patogen penyebab antraknosa mampu tumbuh berkembang dengan baik pada lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi.

Bagian tanaman cabe yang sering terserang penyakit antraknosa adalah buah cabe, sehingga para petani beresiko mengalami penurunan produksi. Oleh karena itu, para petani cabe perlu waspada ketika gejala serangan antraknosa sudah terlihat.

Gejala umum serangan penyakit antraknosa pada budidaya cabe adalah munculnya bintik-bintik hitam berbentuk elips pada kulit buah cabe. Apabila petani biarkan maka bintik hitam tersebut akan menyebar dan beresiko merusak buah cabe pada budidaya cabai.

Para petani perlu melakukan langkah antisipasi, pencegahan, dan pengendalian terhadap antraknosa pada budidaya cabe. Sehingga, budidaya cabai di lahan pertanian memiliki potensi lebih kecil untuk terserang penyakit antraknosa.

Langkah antisipasi petani untuk menghindari penyakit antraknosa adalah memilih varietas cabai tahan antraknosa seperti benih cabe Cakra Putih. Sehingga, daya tahan tanaman cabe lebih baik dan tidak mudah terinfeksi oleh antraknosa.

Petani juga bisa melakukan langkah pencegahan penyakit antraknosa seperti peninggian bedengan dan membuat saluran drainase yang baik. Sehingga, lahan budidaya cabai terhindar dari genangan air dan tingkat kelembaban lingkungan tetap dalam batas normal.

Selain itu, para petani cabe juga bisa melakukan langkah pengendalian penyakit antraknosa dengan memanfaatkan fungisida terbaik dan berkualitas. Namun, pemberian fungisida pada budidaya cabe harus sesuai dosis yang tertera pada kemasan dan tidak berlebihan.

Baca Juga : Penanggulangan Patek ( Antraknosa ) Pada Tanaman Cabai

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024