Alat Pertanian

Mulsa Bell Berkualitas Untuk Budidaya Tanaman Hasil Tinggi

·         Tray semai

Pembibitan merupakan salah satu proses penanaman biji atau benih tanaman, hingga biji tersebut menjadi bibit (tanaman muda). Penggunaan tray semai biasanya pada saat awal melakukan budidaya tanaman.

Tray semai adalah sebuah wadah / tempat tanaman benih atau bibit sementara, sampai dalam jangka waktu tertentu sebelum mulai pindah tanam pada media tanam selanjutnya.

Sarana pertanian ini pada awalnya dikembangkan oleh berbagai Negara – Negara Barat (Amerika dan Eropa), lalu penggunaan alat kocor menjadi sangat populer dan diterima oleh seluruh dunia.

Teknik pembibitan menggunakan tray semai pun menjadi semakin terakui sebagai sebuah teknik baru dari sistem penyemaian. Dari kepopuleran alat kocor inilah seluruh dunia hingga saat ini menggunakan tray semai sebagai salah satu komponen penting dalam proses pembibitan tanaman.

·         Alat Kocor

Alat kocor adalah peralatan pertanian yang berfungsi untuk mengocor atau menyirami tanaman. Penggunaan alat kocor sudah jadi hal umum untuk petani, meskipun jumlahnya kini mengalami penurunan. Alat kocor tanaman cocok untuk menyirami tanaman hortikultura. Dari segi keefektifan, pemupukan menggunakan alat kocor jauh lebih efektif daripada pemupukan dengan cara penaburan.

Keunggulan dari penggunaan alat kocor ini contohnya yaitu penggunaannya sangat praktis, serta mudah untuk dilepas dan dipasang. Dengan menggunakan alat kocor, proses pemupukan menjadi lebih efektif serta efisien.

·         Sprayer

Sprayer merupakan alat semprot pertanian yang berfungsi untuk memecahkan cairan, larutan, ataupun suspense menjadi droplets (butiran cairan) atau spray. Penggunaan alat semprot pertanian oleh petani ini biasanya pada proses penyemprotan pupuk, pestisida, dll.

Sprayer bekerja dengan cara memecah cairan menjadi butiran – butiran partikel halus berukuran kecil yang menyerupai seperti kabut. Pembentukan butiran – butiran halus tersebut adalah hasil dari proses pembentukan partikel dengan menggunakan tekanan, kemudian mengalir melalui selang karet menuju alat pengabut bersamaan dengan cairan.

Dengan bentuk serta ukuran halus tersebut membuat penggunaan pestisida menjadi sangat efektif dan terdistribusi secara merata pada seluruh bagian tanaman. Selain itu, pemakaian sprayer juga bisa mengurangi dosis pemberian pestisida berlebih, sehingga lebih hemat serta tidak merusak tanaman.

Baca Juga : Jual Sinar Bio Pupuk Organik Kualitas Terbaik Dari Petrokimia Kayaku

·         Mulsa

Mulsa adalah suatu bahan atau material penutup tanaman budidaya yang bertujuan untuk menekan pertumbuhan gulma  dan penyakit dan menjaga tingkat kelembaban tanah, sehingga tanaman mampu tumbuh dengan baik.

Ada mulsa yang bersifat permanen (seperti serpihan kayu), ada juga yang bersifat sementara (seperti mulsa plastik). Para petani umumnya memasang mulsa ketika mulai melakukan proses penanaman.

Mulsa yang bersifat organik secara alami lama – lama akan menyatu dengan lahan tanam karena proses alami yang melibatkan organisme tanah dan pelapukan non biologis. Jenis mulsa ini banyak digunakan pada berbagai kegiatan pertanian, seperti berkebun, pertanian industri, hingga pertanian subsisten.

Keuntungan menggunakan mulsa organik contohnya seperti harganya lebih murah, mudah untuk didapatkan, serta mudah terurai dengan tanah sehingga kandungan bahan organik dalam tanah menjadi bertambah. Contoh dari mulsa organik yaitu jerami / alang – alang, cacahan batang atau daun dari jenis tanaman rumput – rumputan, dll.

Untuk jenis mulsa non organik, jenis ini terbuat dari bahan – bahan sintetis yang tak mudah untuk terurai. Harga dari mulsa jenis ini tergolong mahal, namun sangat sebanding dengan manfaatnya. Contoh dari mulsa jenis ini adalah mulsa plastik, karung, dan mulsa plastik hitam perak.

Sejarah Penggunaan Mulsa Plastik

Hingga saat ini, penggunaan mulsa sudah menjadi salah satu bagian penting pertanian di seluruh dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Dengan menggunakan sarana pertanian ini, terbukti mampu memberikan dampak signifikan untuk petani.

Mulsa plastik digunakan pertama kali pada tahun 1948 oleh Prof. Emery Myers di Universitas Kentuckey. Persoalan biaya membuat sang professor berusaha mengganti rumah kaca dengan menggunakan mulsa plastik. Karena itulah, Profesor Emery membuat rumah plastik yang mana hingga sekarang menjadi sarana penting dalam bidang pertanian.

Sebenarnya, mulsa berbahan sintetis telah ada dan penggunaannya juga telah ada sejak tahun 1920-an. Namun, penggunaannya baru booming sekitar tahun 1950-an setelah Prof. Emery mulai memperkenalkannya. Dan sejak itulah penggunaan mulsa plastik menyebar ke seluruh dunia dan menjadi metode penting untuk memperbaiki kualitas hasil pertanian.

Salah satu produk mulsa plastik yang bisa jadi pertimbangan adalah mulsa Bell. Apa itu mulsa Bell ?? Apa saja keunggulan dari produk ini ??

Baca Juga : Jual Herbisida Topshot Murah Dari Dow Andalan Petani

Bell Mulsa Unggulan Petani Untuk Budidaya Tanaman

Mulsa Bell adalah produk mulsa unggul berkualitas terbaik produksi dari Tunas AgroTunas Agro sendiri  juga dikenal sebagai produsen berbagai produk pertanian lain, seperti Gro-mate LsAmino AgeWonderfat, dll.

Bell adalah produk dari jenis mulsa plastik hitam perak. Bell cocok diaplikasikan dalam kegiatan bercocok tanam dan memiliki banyak manfaat untuk lahan tanam. Penggunaan Bell bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menekan perkembangan serangan kutu serta serangga.

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Noxone 1 Liter Terjangkau Idola Petani Saat Budidaya

Jual Harga Noxone 1 Liter Terjangkau Idola Petani Saat Budidaya. Toko Pertanian Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

Mei 8, 2024

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif

Tips Cara Memupuk Tanaman Padi Yang Benar Dan Paling Efektif. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA).… Read More

Mei 6, 2024

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024