Pestisida

Fungisida Sistemik Cegah Penyakit Jamur Merugikan Budidaya Tanaman

Hama Tanaman Ancam Budidaya Tanaman

Budidaya tanaman telah menjadi penghasil bahan pangan nabati kualitas terbaik untuk kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat. Sehingga, salah satu jenis usaha pertanian ini sangat penting untuk petani rawat dan jaga agar selalu menghasilkan panen berkualitas.

Petani sebagai pelaku usaha pertanian harus selalu waspada pada setiap usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Hal ini karena terdapat ancaman yang selalu hadir pada setiap budidaya tanaman jenis apapun yang petani lakukan pada lahan pertanian.

Salah satu jenis ancaman pada budidaya tanaman yang sangat merugikan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian adalah hama tanaman.

Hama tanaman merupakan organisme pengganggu yang menyerang tanaman dengan tujuan untuk menurunkan kualitas pertumbuhan tanaman. Hal ini bisa hama tanaman lakukan dengan cara menginfeksi bagian tanaman atau mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

Hampir semua bagian tanaman bisa hama tanaman serang, mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buah pada tanaman.

Sehingga hama tanaman menjadi ancaman nyata bagi petani dalam setiap usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Selain itu, serangan hama tanaman juga berpotensi untuk membuat tanaman terjangkit penyakit tanaman yang merugikan petani.

Sehingga, petani sebagai pelaku usaha budidaya tanaman harus memikirkan cara yang tepat untuk mencegah dan membasmi hama tanaman ini.

Hingga saat ini petani cenderung menggunakan pestisida sebagai senjata utama untuk membasmi serangan hama tanaman pada usaha budidaya tanaman.

Namun, penggunaan pestisida secara berlebihan juga tidak baik dan berpotensi merusak lingkungan, sehingga langkah pembersihan bisa menjadi opsi terbaik petani.

Pembersihan bisa petani lakukan secara rutin untuk mencabut tanaman liar yang tumbuh dan berpotensi menjadi sarang hama tanaman.

Selain itu, pengecekan pada tanaman juga perlu petani lakukan untuk mengantisipasi hama yang berada pada setiap bagian tanaman. Sehingga, budidaya tanaman milik petani bisa terbebas dari ancaman hama tanaman dan menghasilkan panen berkualitas dan menguntungkan.

Baca Juga : Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

Jenis Hama, Penyakit Hingga OPT Tanaman Merugikan

Organisme penggangu tanaman sangat banyak. Mulai dari jenis hama, penyakit, rumput liar ( gulma ) dan masih banyak lagi. Semua itu harus petani kendalikan agar posisi tidak pada status merugikan.

Hama tanaman menjadi ancaman nyata bagi para pelaku usaha pertanian yang melakukan usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Sehingga petani harus melakukan segala cara untuk mencegah bahkan membasmi hama tanaman yang mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

Beberapa cara bisa petani gunakan untuk mencegah serangan hama tanaman pada usaha budidaya tanaman seperti pembersihan dan pestisida.

Penggunaan pestisida untuk pencegahan dan pembasmian hama tanaman haruslah petani lakukan secara tepat guna dan hati-hati. Hal ini karena pestisida memiliki jenis yang beragam tergantung jenis hama tanaman yang menyerang usaha budidaya tanaman.

Berikut ini beberapa jenis hama tanaman yang sering menyerang tanaman dan merugikan usaha budidaya tanaman.

Serangga

Serangga menjadi jenis hama tanaman yang sering menyerang tanaman milik petani yang berada pada fase pertumbuhan. Jenis hama tanaman ini biasanya memiliki ukuran cukup kecil dan memanfaatkan ekosistem pertanian sebagai sarang yang nyaman untuk berkembang biak.

Hama serangga bahkan sering petani temui pada balik daun tanaman budidaya atau bersarang pada tanah di dekat tanaman budidaya.

Beberapa jenis hama serangga bisa menularkan penyakit pada tanaman budidaya dan mengganggu proses pertumbuhan budidaya tanaman. Bahkan, penyakit yang menginfeksi tanaman budidaya bisa menyebabkan tanaman mengalami kerusakan dan lambat laun menjadi layu dan mati.

Beberapa contoh dari hama serangga yang sangat mengganggu proses pertumbuhan tanaman adalah belalang, kutu daun, lalat buah, dan lain-lain. Sehingga, petani harus selalu rutin untuk mengecek budidaya tanaman agar tanaman terhindar dari serangan hama tanaman.

Cara praktis untuk mencegah serangan hama tanaman serangga bisa menggunakan insektisida sesuai dengan dosis yang tertera.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan insektisida kualitas terbaik untuk kebutuhan mencegah hama serangga pada budidaya tanaman.

Jenis insektisida yang tersedia memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani

Lmga Agro Grosir Toko Pertanian Terdekat Andalan Para Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 12, 2024

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani

Tempat Jual Bibit Buah Terdekat Lmga Agro Hadir Bantu Petani. 082141747141 (Telepon) 0812-5222-117 (SMS/WA). Toko… Read More

April 10, 2024

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan

Jual Bibit Jagung Terdekat Berkualitas Sangat Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Tani Online… Read More

April 8, 2024

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024