Pertanian

Tanaman Labu Buah Lezat, Bergizi dan Berserat

Pemilihan Benih Labu Kuning

Pemilihan benih labu kuning menjadi hal penting sebelum melakukan budidaya. Hal ini bertujuan agar nantinya tanaman labu dapat tumbuh dengan baik tanpa adanya gangguan dari penyakit yang menyerang.

Benih labu kuning yang terpilih harus tahan terhadap serangan virus maupun bakteri. Toko pertanian bisa menjadi lokasi tepat bagi petani untuk membeli benih labu kuning.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual benih labu berkualitas unggul dengan harga terjangkau. Dengan benih yang unggul maka tanaman labu akan dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Penyemaian Benih Labu Kuning

Petani perlu melakukan penyemaian benih labu kuning sebelum penanaman pada lahan penanaman. Rendam benih labu dengan air hangat kurang lebih selama 45 menit. Lalu masukkan benih dalam kain basah dan diamkan selama sehari sampai berkecambah.

Jika sudah berkecambah, masukkan benih labu kuning ke dalam polybag yang sudah terisi media tanam. Media tanam bisa berupa campuran tanah dengan pupuk kandang. Tunggu hingga benih tumbuh daun beberapa helai.

Pindah Tanam

Petani bisa melakukan proses pindah tanam ketika benih telah berumur 15 hari dalam proses persemaian. Dua minggu sebelum pindah tanam perlu dilakukan pengolahan lahan penanaman.

Pengolahan tanah pada lahan penanaman dilakukan dengan mencangkul atau membajak tanah dan juga mencampurnya dengan kompos.

Kemudian petani membuat bedengan dengan ukuran lebar 1 m, tinggi 30 cm dan panjang menyesuaikan dari lahan yang dimiliki. Untuk jarak antar bedengan dibuat parit dengan jarak 40 cm.

Kemudian tutup bedengan dengan mulsa plastik agar terhindar dari gangguan gulma maupun hama yang menyerang.

Kemudian beri lubang pada mulsa plastik dan beri jarak setiap lubang agar pertumbuhan tanaman labu kuning bisa optimal. Masukkan benih ke dalam lubang tanam pada bedengan. Kemudian tutup kembali lubang menggunakan tanah.

Pemeliharan Tanaman Labu Kuning

Pemeliharaan tanaman labu kuning meliputi penyiraman, pemupukan lanjutan, penyulaman dan pengendalian hama dan penyakit.

Petani bisa melakukan proses penyiraman pada tanaman labu kuning saat fase vegetatif hingga memasuki umur 20 hari setelah tanam.

Petani melakukan proses pemupukan lanjutan pada tanaman labu kuning ketika memasuki fase generative. Fungsi pemupukan lanjutan adalah untuk memenuhi unsur hara tanaman labu kuning agar dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Petani selanjutnya bisa melakukan proses penyulaman untuk menyeleksi tanaman labu kuning yang layu dan mati. Selain tanaman yang layu dan mati, petani juga menyeleksi tanaman yang memiliki pertumbuhan lambat.

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman labu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan terhindar dari kegagalan panen.

Pengendalian gulma memiliki tujuan untuk membersihkan area sekitar lahan penanaman. Hal ini karena tanaman gulma memiliki potensi menyerap unsur hara dalam tanah yang seharusnya untuk kebutuhan tanaman budidaya.

Untuk mengendalikan hama yang menyerang bisa dengan menyemprotkan pestisida. Penyemprotan pestisida harus sesuai dosis dan tidak berlebihan.

Penyemprotan pestisida yang berlebihan akan membuat hama menjadi kebal atau resisten. Beberapa penyakit yang menyerang biasanya disebabkan oleh serangan virus atau bakteri.

Agar tanaman labu tidak terserang virus dan bakteri perlu dilakukan pencegahan ketika di awal penanaman dengan memilih benih labu yang tahan serangan virus dan bakteri.

Pemanenan Tanaman Labu Kuning

Petani melakukan proses pemanenan tanaman labu kuning ketika berumur 95 – 120 hari setelah tanam. Untuk labu dengan umur 75 hari setelah tanam bisa dipanen juga.

Labu dengan umur tua biasa nya bermanfaat untuk pembuatan beberapa olahan makanan seperti kue, keripik, dodol, kolak dll.

Baca Juga : Buah Labu Makanan Berserat Tinggi dan Bernutrisi

Kue Lumpur dari Labu Kuning

Kue lumpur labu kuning merupakan salah satu olahan makanan yang berbahan dasar labu kuning. Jajan lumpur labu kuning dapat menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan. Berikut adalah bahan dan cara membuat pudding labu kuning :

Bahan

– Labu Kuning (500 gr)
– Gula Pasir (200 gr)
– Tepung Terigu (250 gr)
– Margarin (100 gr)
– Santan (600 ml)
– Garam (1/2 sdt)
– Vanili (1 sdt)
– Kuning Telur (3 butir)
– Kismis

Pembuatan Kue Lumpur

– Kupas labu kuning dan kemudian kukus hingga empuk
– Jika sudah labu kuning bisa dihaluskan
– Kemudian campurkan telur dan gula kemudian kocok hingga merata. Tambah garam dan vanili dan lanjutkan hingga merata.
– Tuangkan santan secara bertahap dengan diaduk
– Masukkan juga labu yang dihaluskan beserta tepung terigu sedikit demi sedikit
– Aduk dan ratakan adonan
– Oleskan mentega ke cetakan kue lumpur lalu panaskan
– Tuangkan adonan tadi ke dalamnya hingga merata kemudian tutup
– Buka penutup dan cek apakah sudah setengah matang
– Jika sudah terlihat setengah matang taburi dengan kismis diatasnya dan tutup kembali
– Tunggu hingga matang dengan sempurna kemudian angkat kue lumpur dan taruh di piring
– Kue lumpur labu kuning siap dihidangkan

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tanaman Labu Buah Lezat, Bergizi dan Berserat.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau. 082141747141 untuk (Telepon) 08125222117 untuk (SMS/WhatsApp). Toko… Read More

April 2, 2024

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif. Toko Pertanian Online LMGA AGRO (0821-4174-7141)… Read More

Maret 31, 2024

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Maret 29, 2024

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas. 082-141-747-141 (Telephone) 081-2522-2117 (SMS/WhatsApp). Toko Pertanian Lmga Agro… Read More

Maret 27, 2024

Tips Modal Tanam Cabe 1 Hektar Lahan Yang Untungkan Petani

Tips Modal Tanam Cabe 1 Hektar Lahan Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA).… Read More

Maret 25, 2024