Pupuk

Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Pupuk Buah

Pupuk buah diperlukan agar tanaman buah bisa tumbuh dengan baik dan meningkatkan produktifitas dari buah.

Pupuk untuk buah bisa menggunakan pupuk NPK. Pupuk NPK sangat bagus untuk meningkatkan produktifitas buah tanaman dan memperbesar ukuran buah.

Penggunakan pupuk NPK pada tanaman buah dapat dilakukan dengan cara melarutkan pupuk menggunakan air dan kemudian menyemprotkan atau mengocorkannya ke tanaman buah.

Pupuk Padi

Pupuk padi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari tanaman padi. Pupuk padi berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas dari tanaman padi.

Penggunaan pupuk NPK pada tanaman padi diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman padi.

Pada awal pertumbuhan tanaman padi memerlukan unsur hara P untuk membantu pertumbuhan dan membantu perkembangan akar.

Keseimbangan dan kelancaran air dan proses transportasi gula di dalam sel tanaman sangat penting agar tanaman tidak kering.

Pemberian pupuk diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari tanaman padi dan juga produksi dari tanaman padi.

Pemupukan NPK

Pemupukan NPK dilakukan agar tanaman dapat ternutrisi dan dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Tanaman yang produkif akan menguntungkan petani karena hasil panen dan kualitasnya jadi meningkat.

Pemberian pupuk biasanya terdapat dua fase, yaitu fase pemupukan lanjutan dan pupuk dasar. Pupuk dasar diberikan ketika awal penanaman ketika persiapan lahan.

Pemupukan lanjutan dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh di lahan penanaman dengan rentang waktu tertentu.

Pupuk Lanjutan Vegetatif

Pupuk lanjutan vegetatif adalah pemupukan yang dilakukan ketika fase pertumbuhan. Pupuk lanjutan diberikan untuk membantu menguatkan sistem imun tanaman.

Pupuk yang diberikan harus imbang dan tidak berlebihan. Petani bisa menggunakan pupuk Npk setelah seminggu penanaman.

Pupuk bisa dicampur dengan ZA + SP-36 + KCL dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk NPK sebanyak 300 cc dilarutkan dan dicampur dengan air sebanyak 30 Liter.

Penggunaannya dengan cara mengocorkan pada tanaman. Pemupukan ini dilakukan sampai tanaman memasuki vase berbunga (generatif).

Pupuk Lanjutan Generatif

Pupuk lanjutan generatif diberikan ketika tanaman sudah mulai berbunga. Kebutuhan nutrisi tanaman harus diberikan agar tumbuhan dapat tumbuh optimal.

Pemupukan lanjutan generative bisa menggunakan pupuk NPK yang ditambah SP-36 dengan perbandingan 1 kg Pupuk NPK + 1 kg SP-36.

Untuk pemberiannya dengan cara melarutkan 300 cc pupuk dengan 30 Liter air. Pupuk diberikan dengan cara mengocorkannya atau menyemprotkan.

Pupuk Lanjutan Fase Pengisian Buah

Setelah berbunga dan mengalami proses penyerbukan tanaman akan berbuah. Tanaman yang berbuah memerlukan nutrisi yang baik agar buah dapat berkembang dengan optimal dan produktif.

Pemberian pupuk untuk tanaman sekali berbuah dilakukan dengan cara mencampurkan pupuk NPK dengan KCL perbandingan 1 kg NPK + 2 kg KCL.

Pemberian pupuk untuk tanaman lebih satu kali berbuah dengan menggunakan pupuk NPK dengan SP-36 dan KCL dengan perbandingan 1 kg NPK + 2kg SP-36 + 3 kg KCL.

Pemberian pupuk ke tanaman dilakukan dengan melarutkan 300 cc pupuk dengan 30 L air. Kemudian pupuk diberikan dengan cara penyemprotan atau pengocoran.

Baca Juga : Membuat Pupuk Kompos  Dari Kotoran Sapi Yang Baik Dan Benar

Pupuk Phonska

Pupuk phonska atau disebut juga dengan pupuk majemuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang dijual dengan harga terjangkau karena pupuk phonska merupakan subsidi dari pemerintah.

Pupuk phonska mengandung unsur hara makro nitrogen (N) 15, fosfor (P), kalium(K) dan sulfur (S). Pupuk ini sangat membantu petani untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen tanamannya.

Karakteristik Pupuk Phonska :
– Kandungan unsur hara lengkap
– Mudah larut di air
– Mudah diserap tanaman
– Berbentuk granul
– Berwarna pink / murah muda

Pupuk phonska terbuat dari ammonium, urea, phospat, dolomit, zeolite, kieserite, DAP, ZK, MAP, KCL, TSP, ZA, TE dan zat lainnya.

Pupuk phonska menjadi idola petani karena membantu petani dalam peningkatan hasil panen dan kualitasnya dengan harga yang lumayan murah. Sehingga petani dapat menghemat biaya.

Manfaat Pupuk Phonska

Pupuk memiliki fungsi dan manfaat yang beragam yang dapat membantu menyuburkan tanaman. Pupuk phonska memiliki berbagai manfaat untuk tanaman.

Berikut adalah manfaat pupuk phonska untuk tanaman :

– Menyehatkan tanaman agar lebih hijau
– Meningkatkan daya tahan tanaman
– Membantu pertumbuhan akar
– Melancarkan sistem metabolism
– Menguatkan batang
– Membantu pertumbuhan generatif dan vegetatif
– Melancarkan pembentukan gula dan pati
– Membantu pertumbuhan bunga dan buah
– Memperbesar ukuran umbi dan buah
– Meningkatkan protein tanaman

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi

Jual Bibit Tomat TM Blazer Unggul Potensi Keuntungan Tinggi. 0821-4174-7141 untuk (Telp) 0812-5222-117 untuk (SMS/WhatsApp).… Read More

April 6, 2024

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani

Jual Bibit Cabe Siap Tanam Terdekat Menguntungkan Para Petani. 082141747141 ( Untuk telfon ) 08125222117… Read More

April 4, 2024

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau

Jual Bibit Terong Terdekat Unggul Dengan Harga Terjangkau. 082141747141 untuk (Telepon) 08125222117 untuk (SMS/WhatsApp). Toko… Read More

April 2, 2024

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif

Jual Obat Semprot Untuk Tanaman Timun Yang Paling Efektif. Toko Pertanian Online LMGA AGRO (0821-4174-7141)… Read More

Maret 31, 2024

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen

Pemupukan Bawang Merah Musim Kemarau Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Maret 29, 2024

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas

Takaran Pemupukan Jagung Yang Tepat Tingkatkan Produktivitas. 082-141-747-141 (Telephone) 081-2522-2117 (SMS/WhatsApp). Toko Pertanian Lmga Agro… Read More

Maret 27, 2024