Pertanian

Hortikultura, Jenis Tanaman yang Membuat Petani Untung

Perawatan Tanaman

Langkah selanjutnya dari budidaya tanaman hortikultura adalah proses perawatan tanaman setelah ditanam pada lahan pertanian. Proses perawatan tanaman ini dibedakan menjadi 3 macam perawatan yang harus dicermati oleh petani. Jenis perawatannya dibedakan pada saat belum berbuah, saat berbuah, dan setelah berbuah.

Perawatan sebelum berbuah dilakukan dengan cara membersihkan tanaman pengganggu yang berada di sekitar lahan pertanian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kompetisi antara gulma dan tanaman hortikultura dalam menyerap unsur hara tanah. Pemberian pupuk dan pengairan juga harus dilakukan rutin supaya pertumbuhan tanaman hingga berbuah tetap optimal dan menguntungkan.

Perawatan pada saat berbuah juga tidak berbeda jauh dari perawatan sebelum berbuah, seperti pengendalian gulma dan rumput liar disekitar tanaman. Lalu pemberian pupuk sementara dihentikan terlebih dahulu pada saat berbuah karena dapat mengganggu prosesnya. Jika ingin terhindar dari hama yang membuat kualitas buah turun, maka sebaiknya buah dibungkus menggunakan kresek atau penutup lainnya.

Setelah buah sudah dipanen, perawatan juga harus tetap dilakukan kepada tanaman hortikultura supaya kualitas tumbuhnya tetap optimal. Perawatan yang diakukan oleh petani ketika sudah seelsai berbuah adalah melakukan peremajaan tanaman dengan memangkas tangkai bekas buah dan ranting. Tujuan dari pemangkasan ini adalah supaya bagian yang telah dipotong dapat tumbuh kembali diganti dengan ranting baru yang lebih fresh.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah Bibit Hibrida

Jenis Tanaman Hortikultura

Setelah mengetahui langkah – langkah menanam tanaman hortikultura untuk usaha budidaya, petani harus mengetahui jenis tanaman yang ditanam. Tanaman hortikultura memiliki jenis yang beragam dan bermacam bentuknya. Bila petani telah mengetahui jenis dan cara menanam, maka akan menguntungkan bagi pelaku usaha karena bisa dijual atau dikonsumsi sendiri.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai jenis – jenis tanaman hortikultura yang bisa dijadikan usaha budidaya tanaman oleh petani.

Tanaman Buah

Tanaman buah merupakan jenis tanaman hortikultura yang identik memiliki rasa daging yang manis dan memiliki warna dan bentuk yang beragam. Buah juga merupakan tanaman yang memiliki cakupan pasar yang luas dan menghasilkan untung yang banyak bagi pelaku usaha. Jenis buah sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu buah yang dipanen secara musiman dan buah tahunan yang tak mengenal musim.

Buah musiman merupakan jenis buah yang hanya bisa dipanen pada saat tertentu dan hanya berbuah pada satu waktu saja. Jenis buah ini biasa tersedia pada waktu tertentu seperti pada saat bulan puasa. Contoh dari buah musiman adalah garbis, melon, semangka, duku, durian, dan mangga.

Sedangkan buah tahunan merupakan jenis buah yang bisa dipanen dan dimanfaatkan setelah tanaman menghasilkan buah baru. Tanaman ini menghasilkan buah tanpa mengenal musim dan dapat dimanfaatkan selama bisa berbuah. Contoh dari buah tahunan ini adalah apel, anggur, jambu, rambutan, dan manggis.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih tanaman buah musiman maupun tahunan dengan kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Benih buah yang dijual antara lain pepaya, melon, semangka, garbis, dan labu. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pertanian kualitas unggulan dengan harga terjangkau.

Page: 1 2 3 4 5

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024