Bibit Benih

BENIH VINOTY CABE RAWIT PUTIH UNGGUL TAHAN VIRUS

Benih Vinoty Tahan Penyakit Layu

Benih  VINOTY toleran terhadap penyakit layu, begitu penting penyakit ini karena dapat menyebabkan gagalnya panen hingga 80%. Berikut ini akan kami ulas mengenai penyakit layu yang disebabkan oleh cendawan.

Penyakit layu, sesuai namanya menyebabkan kelayuan pada tanaman. Penyebab penyakit layu adalah cendawan patogen yaitu cendawan Fusarium oxysporumJenis cendawan ini sangat kuat terhadap fungisida jenis apapun sehingga penyakit layu ini menjadi sangat ditakuti oleh petani.

Cendawan Fusarium oxysporum berkembang biak melalui sporanya. Spora dari cendawan terbagi menjadi 3 jenis yaitu spora mikrokonidia, spora makrokonidia dan spora klamidospora.

Spora yang mikrokonidia tersebar dalam jaringan tanaman yang sudah terinfeksi, sedangkan spora makrokonidia tersebar pada permukaan tanaman yang mati karena sudah terinfeksi.

Jadi spora klamidospora tersebar dalam tanah sekitar perakaran tanaman, menjadikan jenis spora ini yang paling berbahaya karena sulitnya terjangkau fungisida.

Dari hasil penelitian, spora jenis klamidospora mampu bertahan 30 tahun dalam tanah sampai menemukan tanaman inang.

Baca Juga : Benih Cabe Besar Unggulan Tahan Virus

Cendawan Fusarium oxysporum memiliki banyak tanaman inang, terutama dari keluarga terong-terongan. Penyakit layu juga dapat menyerang tanaman dari keluarga Cucurbitaceae yaitu semangka, melon, pisang, jeruk, kopi, kubis dan timun.

Karena memiliki tanaman inang yang begitu banyak, maka cendawan ini cepat sekali menyebar ke areal budidaya tanaman kita. Hal ini bisa kita cegah sejak awal jika kita menanam benih cabe rawit unggul tahan penyakit terbaik.

Penyakit layu fusarium pada budidaya cabe sering terjadi pada tanaman muda hingga yang sudah dewasa. Gejala yang tampak yaitu tanaman tampak layu saat pagi pukul 10.00 hingga siang hari, sedangkan pagi dan sore hari kembali segar selama proses fotosintesis berkurang.

Gejala ini mirip dengan layu akibat bakteri, namun tanaman langsung mati kering dalam 2 – 3 hari, sedangkan layu fusarium tanaman akan tampak layu, semakin parah dan mati dalam waktu 7 – 10 hari.

Cara Mencegah Penyakit Layu Tanaman Cabe

Penyakit layu memang sulit petani kendalikan dengan berbagai jenis fungisida, namun perkembangbiakan cendawan ini tetap bisa petani kendalikan populasinya. Cara mencegah perkembangan cendawan penyebab penyakit Layu antara lain :

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024