Jual

Jual Fungisida Bion M Untuk Cabe Kualitas Terbaik Harga Murah

Contoh Penyakit Tanaman Cabai Yang Mengganggu Perkembangannya

Jual Fungisida Bion M Untuk Cabe Manjur Untuk Menumpas Penyakit | Lmga Agro

Dalam melakukan proses budidaya tanaman cabe pada lahan pertanian, petani perlu mengawasi tumbuhnya jamur, yang bisa mengakibatkan tanaman terinfeksi oleh penyakit.

Serangan penyakit pada tanaman cabai, akan mengakibatkan proses pertumbuhannya terganggu, sehingga dapat merugikan petani pada saat melakukan budidaya tanaman cabe.

Oleh sebab itu, apabila petani mengetahui adanya penyakit berbahaya yang menyerang tanaman cabe, agar kondisi tanaman cabai tetap aman.

Namun, sebelum petani mengatasi serangan penyakit pada tanaman cabe, contoh penyakit tersebut harus petani kenali terlebih dahulu.

Berikut merupakan beraneka contoh penyakit tanaman cabai, yang dapat menyerang saat budidaya serta bisa mengganggu masa pertumbuhannya.

Busuk Daun

Busuk daun adalah salah satu penyakit pada tanaman cabe, yang terjadi akibat patogen bernama Phytophthora capsici.

Patogen Phytophthora capsici merupakan suatu jamur yang dapat hidup pada sekitar tanah serta air.

Spora jamur ini dapat menyebar lewat air irigasi, percikan air hujan, atau alat pertanian yang telah terkontaminasi.

Tanaman yang terkena penyakit busuk daun akan menunjukkan beberapa gejala khas, seperti adanya bercak coklat atau hitam yang berkembang pesat.

Bercak tersebut umumnya bisa berawal dari tepi daun serta mampu untuk menyebar ke seluruh bagian daun.

Bagian pangkal batang tanaman akan menjadi lunak dan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Ini sering menyebabkan tanaman roboh.

Buah cabai yang terinfeksi akan menunjukkan bercak gelap yang meluas, sering kali menyebabkan buah membusuk sebelum matang.

Jamur Phytophthora menyukai kondisi lembab, pengairan berlebihan, drainase buruk, dan curah hujan tinggi akan meningkatkan kelembaban yang mendukung pertumbuhan jamur.

Suhu yang hangat yaitu sekitar 25 – 30°C sangat ideal untuk pertumbuhan jamur ini.

Penanaman tanaman cabai yang terlalu rapat dapat mengurangi sirkulasi udara, sehingga menciptakan lingkungan lembab yang cocok untuk jamur.

Untuk mengendalikan penyakit busuk daun, petani bisa memakai varietas tanaman cabe yang tahan penyakit, mengatur sistem irigasi pada tanaman dengan tepat.

Praktek rotasi tanaman secara rutin, selalu menjaga kebersihan alat pertanian, dan memanfaatkan fungisida dengan dosis yang tepat.

Antraknosa

Antraknosa merupakan suatu penyakit tanaman cabe, akibat infeksi jamur Colletotrichum spp., terutama Colletotrichum gloeosporioides serta Colletotrichum capsici.

Penyakit ini sangat merugikan karena dapat menginfeksi berbagai bagian tanaman, terutama buah, menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan bagi petani.

Colletotrichum spp. dapat bertahan pada bekas tanaman dan tanah, serta menyebar melalui angin, air hujan, serangga, dan alat pertanian yang terkontaminasi.

Gejala penyakit antraknosa pada tanaman cabai, meliputi adanya bercak kecil pada buah yang warnanya coklat sampai hitam, yang akan membesar.

Bercak tersebut mampu berubah menjadi lesi yang lebih besar dan cekung, yang dapat disertai dengan lingkaran konsentris.

Buah yang terinfeksi bisa mengalami pembusukan, terutama jika kondisi lingkungan lembab dan hangat, mempercepat penyebaran infeksi.

Selain pada buah, bercak tersebut juga bisa ada pada bagian daun serta batang, yang akan menyebabkan matinya jaringan pada bagian tersebut.

Jamur Colletotrichum sangat menyukai kondisi lembab. Hujan yang sering, sistem irigasi berlebihan, dan kelembaban tinggi akan mempercepat penyebaran penyakit ini.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa, petani perlu mengatur penyiraman yang tepat, memanfaatkan varietas tanaman cabe yang tahan penyakit.

Praktek rotasi tanaman secara rutin, membersihkan bekas tanaman yang terinfeksi, memastikan tanaman cabai mendapat nutrisi yang tercukupi.

Aplikasi fungisida juga bisa petani lakukan, dengan dosis dan cara pemakaiannya harus tepat, supaya kondisi tanaman cabai tetap aman.

Layu Fusarium

Layu Fusarium adalah salah satu jenis penyakit tanaman cabe, yang terjadi akibat jamur Fusarium oxysporum f. sp. capsici.

Penyakit ini dapat menjadi masalah serius dalam budidaya cabe karena menyebabkan tanaman layu dan mati secara cepat, sehingga mengurangi hasil panen.

Fusarium oxysporum mampu bertahan pada tanah dalam jangka waktu yang lama sebagai klamidospora (struktur tahan lama) dan menginfeksi tanaman lewat akar.

Patogen ini menyerang sistem pembuluh tanaman, menghambat aliran air dan nutrisi, yang menyebabkan layu dan kematian tanaman.

Gejala layu fusarium pada tanaman cabe seperti, daun – daun mulai layu, menguning, hingga akhirnya mengering, yang biasanya berawal dari daun tua.

Jika batang tanaman yang terinfeksi terpotong, pembuluhnya akan tampak berubah warna menjadi coklat, menunjukkan adanya infeksi jamur dalam sistem vaskular.

Tanaman cabai yang telah terinfeksi mungkin menunjukkan pertumbuhan yang terhambat serta menjadi kerdil.

Tanah pada lahan pertanian yang terkontaminasi dengan klamidospora Fusarium adalah sumber utama infeksi.

Kondisi tanah yang kurang subur atau memiliki pH tidak seimbang dapat meningkatkan kerentanan tanaman terhadap infeksi.

Untuk mengendalikan penyakit layu fusarium, petani bisa memanfatakan varietas tanaman cabai yang tahan penyakit, merotasi tanaman secara rutin.

Selalu menjaga kebersihan alat pertanian dan lahan tanam, memastikan sistem drainase dapat berjalan dengan baik.

Petani juga dapat memanfaatkan fungisida untuk mengatasi penyakit layu fusarium, dengan dosis dan cara penggunaan yang tepat.

Baca Juga : Tips Mengatasi Layu Cabe Musim Hujan Agar Budidaya Maksimal

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Topshot 250 Ml Murah Ampuh Menumpas Gulma Liar

Jual Harga Topshot 250 Ml Murah Ampuh Menumpas Gulma Liar. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Juni 21, 2024

Jual Harga Gandasil D 500 Gram Terjangkau Dan Berkualitas Unggul

Jual Harga Gandasil D 500 Gram Terjangkau Dan Berkualitas Unggul. Toko Pertanian Online Lmga Agro… Read More

Juni 19, 2024

Keunggulan Insektisida Marshal Paling Ampuh Membasmi Hama

Keunggulan Insektisida Marshal Paling Ampuh Membasmi Hama. 082141747141 (via Telpon) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

Juni 17, 2024

Jual Prevathon Insektisida Bahan Aktif Klorantraniliprol 50 g/l

Jual Prevathon Insektisida Bahan Aktif Klorantraniliprol 50 g/l. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

Juni 15, 2024

Jual Folicur Untuk Padi, Fungisida Yang Efektif Basmi Penyakit

Jual Folicur Untuk Padi, Fungisida Yang Efektif Basmi Penyakit. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Juni 13, 2024

Jual Harga Furadan 1 Kg Murah Dapat Menjaga Tanaman Dari Hama

Jual Harga Furadan 1 Kg Murah Dapat Menjaga Tanaman Dari Hama. Toko Lmga Agro SMS/Whatsapp… Read More

Juni 11, 2024