Pestisida

Fungsi Insektisida Dimetoat Terbaik Untuk Basmi Hama Tanaman

Hama Tanaman Menjadi Penyebab Kerugian Petani

Hama Tanaman Perusak Budidaya

Budidaya tanaman merupakan peluang usaha pertanian yang bisa akan menghasilkan komoditas pangan nabati berkualitas untuk permintaan pasar.

bahan pangan nabati unggul yang bisa budidaya tanaman hasilkan seperti buah-buahan, sayuran, dan bahan pangan pokok.

Namun ketika petani melakukan budidaya tanaman, petani akan menemukan beberapa kendala pertanian yang bisa membuat petani merugi.

Kendala budidaya tanaman yang sering petani temukan di lahan pertanian antara lain yaitu faktor cuaca dan serangan hama tanaman.

hama tanaman terbagi menjadi beberapa jenis dan perlu untuk petani waspadai adalah hama serangga, hama gulma, dan hama mamalia.

Jenis hama tanaman serangga adalah hama yang akan menyerang tanaman yang  sedang petani budidayakan di lahan pertanian.

Hama serangga perlu untuk petani antisipasi dengan baik karena bisa merusak tanaman yang sedang petani budidayakan bahkan mengakibatkan tanaman mati.

Serangga akan menyerang tanaman yang petani budidayakan pada seluruh bagian mulai dari akar tanaman, batang, daun, bahkan hingga bagian buah.

Jenis hama serangga yang bisa merusak tanaman pada bagian daun adalah Jenis hama larva atau hama ulat.

Hama kutu-kutuan merupakan jenis hama serangga yang bisa membuat petani resah karena menjadi awal penularan penyakit tanaman dan merusak bagian tanaman.

Tanaman liar atau gulma yang juga merupakan jenis hama tanaman yang akan menghambat pertumbuhan tanaman yang sedang petani budidayakan.

Hal itu terjadi karena gulma akan merebut nutrisi dalam tanah dari tanaman yang sedang petani budidayakan di lahan pertanian.

Dengan begitu akan membuat pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih lambat, pertumbuhan tanaman tidak seragam, bahkan tanaman gagal tumbuh.

Jenis hama terakhir adalah hama mamalia seperti hama tikus yang menjadi musuh utama petani ketika membudidaya tanaman padi.

Hal itu terjadi karena hama tikus bisa merusak tanaman padi yang petani tanam dan memakan hasil panen yang sedang petani simpan.

Baca Juga : Mengenal Hama Tanaman Melon Dan Obatnya

Kunci Sukses Petani Kendalikan Hama Tanaman

Serangan hama tanaman saat petani melakukan budidaya tanaman merupakan ancaman nyata yang bisa membuat petani merugi.

Karena serangan hama tanaman bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak berkualitas, hasil panen buruk, hingga gagal panen.

Petani harus mencegah serangan hama tanaman sejak awal apabila petani ini mengerti kunci sukses dalam pengendalian hama tanaman.

Kunci sukses untuk pengendalian hama tanaman terbagi menjadi beberapa cara berbeda yang bisa petani aplikasikan saat melakukan budidaya tanaman.

Berikut ini merupakan kunci sukses petani dalam mengendalikan serangan hama tanaman pada usaha budidaya tanaman :

Pemilihan Benih Tanaman Unggul

Benih tanaman adalah salah satu kunci sukses usaha budidaya tanaman yang sedang petani lakukan di lahan pertanian milik petani.

Hal itu membuat petani perlu untuk melakukan pemilihan benih tanaman unggul yang memiliki keunggulan yaitu tahan serangan hama tanaman.

Saat ini, produsen benih tanaman dan pabrik tanaman sedang berlomba-lomba untuk memproduksi benih tanaman yang tahan terhadap serangan hama tanaman.

Produsen benih sepert BISI, Known You Seed, dan East West Seed merupakan beberapa produsen benih yang sudah berhasil dan sukses.

Benih tanaman unggul selain memiliki keunggulan utama yaitu tahan serangan hama, juga memiliki keunggulan lain yaitu bisa menghasilkan tanaman produktif.

Tanaman budidaya yang produktif bisa membuat petani mendapatkan hasil panen bahan pangan nabati yang tinggi dan berkualitas super.

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman

Jual Harga Cabrio 250 EC Murah Ampuh Mengatasi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

Mei 4, 2024

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan

Tips Jadwal Pemupukan Padi Agar Maksimal Menguntungkan. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko Pertanian Lmga… Read More

Mei 2, 2024

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman

Jual Harga Ultradap 1 Kg Terjangkau Dapat Menyuburkan Tanaman. Toko Pertanian Online Lmga Agro Whatsapp/SMS… Read More

April 30, 2024

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya

Waktu Yang Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Tanaman Budidaya. 082141747141 (Telepon) 0812-522-2117 (SMS/WA). Toko Pertanian… Read More

April 28, 2024

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama

Jual Movento Untuk Cabe, Insektisida Yang Ampuh Basmi Hama. Toko Pertanian Lmga Agro telepon (0821-4174-7141)… Read More

April 26, 2024

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024