Categories: Bibit BenihPertanian

Umur Tanaman Tomat Sampai Panen Hingga Siap Petani Pasarkan

Penyiraman Tanaman Tomat

Setelah tanaman tomat berhasil petani tanam, petani bisa melakukan penyiraman tanaman tomat untuk menstabilkan kelembaban tanah.

Penyiraman tanaman tomat juga bertujuan agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan optimal dan subur serta memiliki vigor yang kokoh.

Petani bisa melakukan penyiraman tanaman tomat saat pagi hari atau sore hari dengan menggunakan sprayer semprot yang halus.

Penyiraman tanaman tomat juga akan sedikit mempengaruhi umur tanaman tomat sampai panen sehingga wajib untuk petani lakukan.

Penyiangan Tanaman Liar

Selain melakukan penyiraman tanaman tomat, petani juga perlu melakukan penyiangan tanaman liar atau gulma yang terdapat di sekitar tanaman tomat.

Gulma atau tanaman liar harus petani bersihkan atau petani basmi karena akan merebut nutrisi dalam tanah dari tanaman tomat muda yang petani tanam.

Dengan nutrisi dalam tanah yang direbut oleh gulma maka tanaman tomat muda akan kekurangan nutrisi dan bisa menyebabkan gagal tumbuh.

Hal itu juga akan mempengaruhi umur tanaman tomat sampai panen dan mengakibatkan lebih lamanya fase pertumbuhan tanaman tomat muda.

Pemupukan Tanaman Tomat

Selanjutnya petani bisa melakukan pemupukan tanaman tomat agar tanaman tomat bisa lebih mendapatkan tambahan nutrisi untuk tumbuh.

Pemupukan tanaman tomat bisa petani lakukan sebanyak dua kali yaitu satu minggu setelah penanaman dan ketika tanaman mulai berbunga.

Untuk melakukan pemupukan tanaman pertama petani bisa menggunakan pupuk KCl 1,5 kg, TSP 3 kg, dan urea 1,5 kg.

Konsentrasi pupuk tersebut bisa petani gunakan untuk 100 m lahan pertanian yang petani gunakan untuk budidaya tomat.

Untuk pemupukan tanaman tomat kedua petani bisa menggunakan campuran antara pupuk urea 1 kg dan KCl 1,5 kg.

Pemupukan bisa petani lakukan dengan melakukan pembuatan lubang pada sekeliling tanaman tomat dengan kedalaman 3 – 5 cm.

Petani bisa memasukkan pupuk ke dalam lubang pupuk dan selanjutnya lubang bisa petani  tutup kembali dengan menggunakan tanah.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat Mutiara Known You Seed Mudah Menguntungkan

Bibit Tomat Unggul Perlu Untuk Petani Pilih Dalam Budidaya

Ketika petani melakukan budidaya tanaman tomat, petani perlu melakukan pemilihan bibit tomat unggul sebelum melakukan cara menanam tomat.

Pemilihan bibit tomat unggul bertujuan untuk mendapatkan tanaman tomat yang sesuai dengan lahan pertanian yang akan petani gunakan.

Hal itulah yang menyebabkan bibit tomat unggul menjadi kunci sukses petani dalam melakukan budidaya tanaman tomat di lahan pertanian.

Petani bisa memilih bibit tomat unggul yang sesuai dengan karakteristik lahan pertanian yang akan petani gunakan untuk budidaya lahan pertanian.

Bibit tomat unggul juga akan mempengaruhi umur tanaman tomat sampai panen dan membantu petani dalam melakukan budidaya tanaman tomat.

Tanaman hasil bibit tomat unggul akan tumbuh dengan subur serta memiliki tingkat produktivitas tinggi sehingga bisa menghasilkan panen maksimal.

Selain itu, bibit tomat unggul juga bisa menghasilkan tanaman tomat yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit.

Dengan begitu petani bisa lebih mudah dalam melakukan perawatan tanaman tomat dan bisa menghemat penggunaan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit.

Hal itulah yang menyebabkan petani bisa menekan pengeluaran sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Tanaman tomat yang produktif dan tahan akan serangan hama dan penyakit akan menghasilkan panen buah tomat yang berkualitas.

Selain itu, dengan menggunakan bibit tomat unggul petani bisa mendapatkan umut tanaman tomat sampai panen yang lebih cepat dari perkiraan.

Meski lebih cepat dari perkiraan, kualitas buah tomat akan tetap unggul dan mudah untuk petani pasarkan untuk domestik maupun mancanegara.

Bibit tomat unggul bisa pelaku usaha pertanian temukan dengan mudah di toko pertanian terdekat atau toko bibit terdekat.

Pelaku usaha pertanian juga bisa mendapatkan bibit tomat unggul secara online dengan mengunjungi website Toko Pertanian Online LMGA AGRO.

Baca Juga : Bibit Tomat Servo Panah Merah Murah Stock Langka Beli Dimana

Page: 1 2 3 4

imgaagro25
Share
Published by
imgaagro25

Recent Posts

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal

Umur Bibit Cabe Siap Tanam Dengan Hasil Panen Yang Maksimal. 082141747141 ( Khusus telepon )… Read More

April 24, 2024

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani

Potensi Hasil Tanam Cabe 1000 Batang Yang Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Toko… Read More

April 22, 2024

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman

Jual Orondis Opti Untuk Cabe Ampuh Basmi Penyakit Tanaman. Toko Lmga Agro Whatsapp/SMS (081-252-221-17) serta… Read More

April 20, 2024

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani

Ketahui Masa Panen Bawang Putih Berkualitas Untungkan Petani. 082141747141 (Telp) 081-252-221-17 (via SMS/WA). Lmga Agro… Read More

April 18, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal

Cara Menanam Cabe Rawit Di Kebun Dengan Hasil Yang Optimal. 082141747141 (untuk Telp) 081-252-221-17 (Untuk… Read More

April 16, 2024

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Tomat Yang Tingkatkan Panen. 082141747141 (Telepon ) 0812-5222-117 ( via SMS… Read More

April 14, 2024